Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign Letter

Contoh Surat Pengunduran Diri – Pada saat ini berstatus sebagai karyawan di sebuah pekerjaan pada perusahaan tertentu, disini biasanya ada saja hambatan yang kerapkali dialami dalam dunia kerja sehingga menyebabkan kita memutuskan untuk mengakhiri hubungan kerja dengan perusahaan tertentu walaupun ada beberapa poin positif yang dirasa pas untuk terus bekerja pada posisi tersebut.




Pada saat kita ingin mengundurkan diri dari sebuah posisi pekerjaan di institusi tertentu, kita biasanya membutuhkan aplikasi surat pengunduran diri atau yang biasa juga disebut surat resign dimana hal tersebut sudah lazim menjadi syarat sebagai perilaku yang baik dan benar untuk menjaga reputasi kita dalam dunia kerja dan menjaga hubungan dengan perusahaan lama.

Penulisan surat pengunduran diri ini cukup sederhana dan mudah, dengan disampaikan secara sopan dalam bahasa indonesia resmi. Jika perlu tuliskan juga kesan-kesan dan harapan kepada perusahaan tempat anda melakukan resign tersebut. Ingat untuk tidak mengungkit masalah internal kerja dalam surat yang dapat menimbulkan kesalahpahaman dan ketersinggungan agar anda bisa selalu menjaga hubungan baik dengan perusahaan lama anda.

Berikut ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri yang dituliskan secara singkat, padat dan jelas yang bisa langsung anda aplikasikan dan disesuaikan dengan kondisi serta tempat anda bekerja saat ini. Tentunya contoh surat pengunduran diri berikut ini sedikit banyak bisa membantu dan menjadi referensi pembaca untuk memahami metode pembuatan surat pengunduran diri yang baik dan benar.




Contoh Surat Pengunduran Diri Versi 1

Jakarta, 01 Maret 2015

Kepada Yth,
Kepala Personalia PT. Diandra Suka Perkasa
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Diandra Suka Perkasa berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Sari Irawan
Departemen: Penjualan PT. Diandra Suka Perkasa
Jabatan: Accounting
No. Karyawan: 098 124 D660

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Diandra Suka Perkasa dengan alasan kondisi kesahatan yang mulai menurun. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan. Atas bantuan dan dukungan perusahaan terhadap saya selam ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Sari Irawan

Contoh Surat Pengunduran Diri Versi 2

Surabaya, 05 Maret 2015

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Indo Perisai Makmur
Jl. Ahmad Yani Kav. 22
Surabaya

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Ahmad Wiryawan bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Indo Perisai Makmur sebagai Accounting, terhitung sejak tanggal 05 Maret 2015. Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Indo Perisai Makmur. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman di perusahaan lain.

Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Indo Perisai Makmur apabila selama bekerja mempunyai kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak.

Saya berharap selalu PT. Indo Perisai Makmur semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawannya. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ahmad Wiryawan

Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Jakarta, (date)

Mr. ……
(company name)
(complete address)

Dear Sir…..,

I regret to inform you that I would like to discontinue my service at (your title), due to personal reasons.

I would like to thank you for all your guidance and support extended to me during my service with PT. …

Sincerely,

(your name)

Demikianlah beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa dibagikan kali ini. Harapan kami agar melalui contoh ini bisa membantu pembaca dalam membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar.

One Response

  1. Lahiya

Tulis Komentar