Resep Langsing dan Manfaat Kayu Manis Untuk Diet Yang Dapat Meluruhkan Lemak di Tubuh Anda!

Mungkin Anda sering mendengar desas-desus bahwa salah satu manfaat kayu manis untuk diet itu mengada-ada. Bagaimana bisa, rempah yang selama ini dikenal sebagai penyedap makanan atau minuman ternyata juga memiliki manfaat menurunkan berat badan?



kayu manis untuk kecantikan

Namun ternyata ini bukan mitos lho. Manfaat kayu manis untuk diet dapat membantumu mendapatkan berat badan ideal karena dapat menahan rasa lapar. Tapi jika kamu ingin hasilnya maksimal, jangan lupa dibarengi dengan pola makan yang baik dan olahraga teratur juga, ya!

Mengonsumsi rempah beraroma khas ini memang seringkali dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan cara yang mudah dan enak. Namun, bagaimana sih caranya mendapatkan manfaat kayu manis untuk diet ini?




Sebelum kita membahas mengenai resep kayu manis untuk menurunkan berat badan, perlu diketahui bahwa ada 3 jenis kayu manis di dunia, yaitu cassia, ceylon dan juga saigon. Namun di sini, kita akan membahas perbedaan antara kayu manis cassia dan ceylon.

Kayu manis yang selama ini kita kenal dan pergunakan untuk membuat berbagai jenis masakan atau minuman adalah kayu manis jenis cassia yang banyak tumbuh dan diproduksi di Cina, Indonesia, dan juga Vietnam. Kayu manis cassia memiliki ciri yaitu batangnya berwarna coklat tua atau cenderung gelap, bertekstur keras dan sulit dipatahkan, serta bentuknya tebal dan aromanya tercium samar. Kayu manis ini bukanlah berasal dari pohon kayu manis, namun tiruannya yang terbuat dari kulit kayu pohon cassia.

Jika dibandingkan dengan kayu manis ceylon atau Cinnamomum verum (atau dikenal pula dengan Cinnamomum zeylanicum), yang merupakan tanaman asli dari Sri Lanka, ia memiliki rasa yang lebih manis dan aroma yang lebih harum daripada kayu manis cassia. Selain itu, ciri lainnya adalah memiliki warna coklat muda, bentuknya tipis dan mudah hancur.

Tak hanya ciri fisik serta aromanya, kandungan coumarin di dalam kayu manis ceylon cenderung lebih rendah daripada yang ada di dalam kayu manis cassia, yaitu 0,004% pada kayu manis ceylon dan 5% pada kayu manis cassia. Apa sih yang dimaksud dengan zat coumarin ini?

Zat coumarin merupakan zat kimia yang lazim ditemukan pada tanaman, salah satunya terdapat pada kayu manis. Setelah dilakukan penelitian terhadap tikus, ternyata zat coumarin tergolong beracun karena bisa menimbulkan kerusakan pada liver bila dikonsumsi dalam jumlah cukup besar (lebih dari 2 gram/hari) dan dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengonsumsi dan merasakan manfaat kayu manis untuk diet sebaiknya gunakan kayu manis ceylon yang memiliki tingkat coumarin rendah dan memiliki khasiat pengobatan.

Jual Kayu Manis Ceylon

Resep agar langsing dengan manfaat kayu manis untuk diet

  1. Minuman kayu manis

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari air rebusan kayu manis ceylon, cara membuatnya sangat mudah, yaitu:

  • Siapkan 2 batang kayu manis yang dihaluskan,
  • Segelas air (200 ml), dan
  • 2 SDM madu (optional)

Cara membuatnya:

Rebus air hinga mendidih dan masukkan kayu manis ke dalamnya. Aduk hingga air surut sampai sekitar setengah gelas dan tuang ke dalam gelas. Bila Anda ingin rasanya manis, Anda bisa tambahkan 2 sendok makan madu ke dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat air rebusan kayu manis ini, Anda harus rutin meminumnya setiap pagi ya!

  1. Teh kayu manis dan madu

Campuran antara kayu manis dan madu dipercaya dapat menurunkan berat badan, sebab keduanya dapat mengaktifkan hormon yang dapat membuat Anda merasa tidak lapar. Selain itu, teh beraroma rempah dan rasa manis dari kayu manis dapat menggantikan teh manis yang biasa Anda konsumsi sehari-harinya.

 

Berikut ini cara membuatnya:

  • Siapkan satu batang kayu manis atau bubuk kayu manis ceylon,
  • 1 buah teh celup, dan
  • 2 sendok makan madu

Langkah membuatnya:

Tuang air panas ke dalam gelas, celupkan teh dan masukkan bubuk kayu manis ceylon. Diamkan beberapa saat hingga teh memerah, kemudian masukkan madu sebanyak 2 sendok makan atau sesuai selera.

Jika Anda ingin mengambil manfaat kayu manis untuk diet, penggunaannya tak hanya terbatas pada dua resep di atas saja, namun bisa dikreasikan dengan mencampurkan kayu manis bubuk, jahe, madu, dan ada pula yang menambahkan lemon agar rasanya lebih segar.

Tak hanya pada minuman, kayu manis bubuk jenis ceylon ini juga dapat digunakan sebagai penambah aroma dan rasa pada roti maupun sereal oatmeal.



Leave a Reply