_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Pilihan Makanan Sehat untuk Bayi Usia 9 Bulan



Makanan sehat untuk bayi – Pada saat memasuki usia 9 bulan, umumnya bayi sudah mulai tertarik untuk makan dengan tangannya sendiri, mulai dari meraup atau mengambil makanan dengan tangannya, hingga pada akhirnya bayi bisa memegang makanan dengan jarinya. Nah, pada saat seperti inilah bayi akan memberikan tanda bahwasannya ia sudah siap konsumsi berbagai jenis makanan. Akan tetapi, bunda juga tetap harus tahu apa saja makanan sehat untuk bayi yang aman ketika memasuki usia 9 bulan tersebut. Ini dikarenakan tak semua jenis makanan boleh dikonsumsi oleh bayi dengan alasan kesehatan.

Makanan Sehat untuk Bayi

Pilihan Makanan Sehat untuk Bayi Usia 9 Bulan

Bunda, ketika si kecil sudah berusia 9 bulan, makanan halus bisa diberikan pada bayi Anda, seperti bubur atau jenis makanan lainnya. Di usia 9 bulan ini bayi Anda juga sudah mulai belajar kenali aroma, warna, juga tekstur makanan yang Anda berikan. Makanan yang bisa Anda berikan ini pastinya dengan porsi yang cukup. Anda juga bisa memberikan si kecil sayuran yang sudah direbus terlebih dulu sampai benar – benar lunak dan kemudian dipotong kecil – kecil. Beberapa jenis sayu tersebut, seperti kacang polong, ubi, kentang atau pun wortel. Sayuran tersebut nantinya tak hanya bisa Anda jadikan sebagai menu makanan utama, akan tetapi juga bisa jadi camilan sehat bagi bayi Anda.

Tak hanya menyehatkan, ternyata memberikan sayuran ini juga bisa membantu latih motorik si kecil dengan sangat baik. Selain sayuran, Anda juga bisa memberikan makanan lain pada si kecil, seperti buah pisang, melon, pir, apel dan semangka. Pastikan buah – buahan tersebut tak terlalu keras, sedikit Anda haluskan agar lebih mudah dikonsumsi bayi atau bisa juga dengan cara dipotong kecil – kecil.

Tak hanya itu saja, juga ada jenis makanan lainnya yang tak kalah sehat untuk berikan pada bayi yaitu kuning telur yang sudah direbus sampai benar – benar matang. Namun perlu diingat, Anda sangat tidak disarankan memberikan bayi dengan telur yang dimasak setengah matang. Ini dikarenakan takut ada bakteri yang masih terkandung di dalam telur tersebut dan tertelan oleh bayi Anda sehingga menimbulkan berbagai masalah pada kesehatannya.

Daging sapi dan daging ayam cincang juga termasuk makanan sehat yang bisa diberikan pada bayi usia 9 bulan. Tetapi, Anda juga harus memastikan bahwa daging tersebut sudah dimasak sampai matang dan lunak. Keju yang dipotong kecil – kecil, tahu dan kembang kol serta brokoli yang direbus sampai lunak dan dipotong kecil juga bisa diberikan pada bayi usia 9 bulan.

Makanan Sehat untuk Bayi

Walaupun jenis makanan yang dikonsumsi si kecil ini sudah mulai bervariasi, ternyata ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk tidak dikonsumsi bayi usia 9 bulan, misalnya saja kacang utuh dan beberapa jenis makanan dengan kandungan serat yang tinggi, rendah lemak dan juga rendah kalori.

Selain hal tersebut, Anda juga sangat disarankan untuk tak memberikan ikan yang di dalamnya mengandung merkuri tinggi, seperti ikan todak, ikan marlin, ikan hiu atau ikan pedang. Sebab ikan dengan kandungan merkuri tinggi bisa sangat mengganggu perkembangan sistem saraf bayi Anda. Bunda juga harus menghindari memberikan bayi madu. Walaupun pada dasarnya madu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, akan tetapi ternyata di dalam madu ada bakteri yang bisa merusak usus bayi. Makanan lainnya yang juga harus dihindari oleh bayi Anda adalah kerang mentah.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pilihan makanan sehat untuk bayi usia 9 bulan. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply