_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Yuk! Lebih Sigap Menangani Infeksi Telinga pada Bayi



Infeksi telinga pada bayi – Begitu umum penyakit satu ini di kalangan bayi sehingga menjadikan kasus infeksi telinga seringkali menimpa 5 dari 6 orang anak yang masih belum berusia 3 tahun. Nah, apabila bayi Anda tampak sering menarik – narik telinganya yang disertai sering menangis dan lebih rewel dari biasanya, maka bisa saja ia sedang terindikasi infeksi telinga satu ini. Perhatikan tanda – tanda umum infeksi telinga pada bayi, seperti keluarnya cairan dari telinga, munculnya demam, sulit tertidur dan nafsu makan yang hilang. Bila memang demikian, ini artinya bayi Anda sedang alami infeksi pada telinganya.

Sebenarnya infeksi telinga atau dalam medisnya disebut dengan otitis media adalah peradangan yang bisa dibilang cukup menyakitkan sekali dan ini terjadi dibagian telinga tengah. Dimana sebagian besar infeksi telinga tersebut terjadi pada saluran yang bernama eustachia, yakni saluran yang hubungkan antara telinga, hidung dan tenggorokan. Khususnya pada bayi, saluran eustachia tersebut berbentuk lebih pendek, kecil dan horizontal bila dibandingkan dengan orang dewasa. Hal yang demikian inilah menjadikan saluran tersebut lebih mudah tersumbat.

Infeksi Telinga pada Bayi

Cara Menangani Infeksi Telinga pada Bayi

Menggunakan minyak zaitun hangat

Apabila memang tak ada cairan yang mengalir dari telinga bayi dan tak ada kebocoran digendang telinganya, maka coba berikan saja tetesan minyak zaitun ke telinga bayi yang alami infeksi. Pastikan minyak zaitun ini tak dalam keadaan yang dingin atau pun panas, tetapi sedikit hangat. Ini dilakukan saat bayi Anda sedang tertidur supaya ia tetap berbaring menyamping dengan telinga tegak lurus ke atas selama beberapa menit, kemudian telentangkan kembali.

Mengompres telinga menggunakan kain hangat

Selain itu, juga ada cara yang paling sederhana dan mudah untuk menangani infeksi telinga pada bayi ini. Yaitu dengan mengompres telinga bayi Anda dengan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat. Kompreslah telinga si kecil selama 10 – 15 menit saja ya bund. Ini nanti akan bantu kurangi rasa sakit pada telinga bayi yang terkena infeksi. Namun perlu diingat, pastikan handuk atau kain sudah diperas sekeras mungkin sebelum diaplikasikan di telinga bayi Anda.

Mencukupi asupan cairan

Cara menangani infeksi telinga pada bayi yang selanjutnya adalah dengan mencukupi asupan cairannya. menelan cairan ini juga bisa membantu membuka saluran yang bernama eustachia sehingga cairan yang telah menumpuk di dalam telinga bisa mengalir.

Hindari memberikan sembarangan obat

Memang sangat disarankan sekali untuk tidak memberikan obat – obatan pada si kecil secara sembarangan, apalagi pada usianya yang masih dibawah 6 – 12 bulan kebawah. Beberapa obat – obatan yang sangat tidak disarankan untuk bunda berikan pada bayi, seperti obat jenis dekongestan, antihistamin atau pun aspirin. Obat – obatan tertentu bukanya menjadikan kondisi si kecil jadi lebih baik, justru bisa memberikan efek samping berbahaya.

Infeksi Telinga pada Bayi

Memanfaatkan gravitasi

Selama beberapa saat, silahkan bunda baringkan bayi Anda dengan posisi menyamping untuk dapat memposisikan telinga yang sakit menghadap ke atas. Posisi yang seperti ini nantinya akan bisa mengurangi tekanan dengan cara mendorong cairan untuk keluar dari gendang telingan bayi.

Menggoyangkan telingan bayi

Cara yang terakhir adalah menggoyangkan telinga bayi. Anda bisa melakukan cubitan lembut pada telinga bayi menggunakan jempol dan telunjuk, lalu kemudian menariknya ke arah luar bawah beberapa kali. Dengan cara ini memungkinkan saluran eustachia akan terbuka dan akhirnya mengeluarkan cairan. Selain itu, cara ini juga cukupp ampuh menghilangkan rasa sakit pada telinga bayi yang terkena infeksi.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara sigap menangani infeksi telinga pada bayi. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply