_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Pentingnya Tes Apgar Score untuk Ketahui Kondisi Bayi Baru Lahir



Tes Apgar Score – Bunda tahu gak sih apa itu tes Apgar Score? Lalu, apa manfaatnya dilakukan tes Apgar Score pada bayi yang baru lahir? Mungkin saja banyak diantara bunda – bunda semuanya yang masih belum tahu mengenai tes Apgar Score tersebut. Akan tetapi Anda juga tak perlu khawatir, sebab pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara detail tentang tes Apgar Score beserta manfaatnya untuk bayi anda.

Apgar Score atau yang juga disebut dengan skor apgar ini merupakan sebuah tes yang dilakukan para dokter atau bidan untuk dapat memastikan kondisi kesiapan bayi dalam memulai kehidupan di luar rahim bunda. Apgar Score juga akan memberi informasi mengenai perlu atau tidaknya bantuan medis untuk si bayi. Tes tersebut dilakukan secara cepat, yakni di satu atau pun lima menit setelah bayi dilahirkan.

Tes Apgar Score ini dilakukan dengan cara memperhatikan ciri fisik si bayi. Setidaknya selama 6 jam pertama seusai dilahirkan, bayi akan diawasi secara instensif khususnya suhu tubuh bayi dan juga tanda – tanda bila ada kelainan pada bagian fisiknya.

Tes Apgar Score

Lantas, seperti Apa Nilai Tes Apgar Score pada Bayi Baru Lahir?

Bunda juga harus tahu, bahwa tes Apgar Score ini mempunyai nilai tertentu untuk bisa menunjukkan kondisi si bayi itu sendiri. Dimana nilai – nilai yang muncul nanti akan berbeda – beda dan yang demikain ini disesuaikan dengan aspek masing – masing bayi. Berikut adalah skor dari masing – masing penilaian yang harus bunda tahu :

Activity : aktifitas otot

  • Skor 2 artinya ada gerakan yang aktif
  • Skor 1 artinya ada beberapa gerakan lengan dan juga kaki
  • Skor 0 artinya tak ada gerakan sama sekali

Pulse : denyut jantung

  • Skor 2 artinya ada 100 denyut per menit
  • Skor 1 artinya kurang dari 100 denyut per menit
  • Skor 0 artinya tak ada detak jantung sama sekali

Grimace : respos refleks

  • Skor 2 artinya bayi meringis dan juga menarik diri, batuk, maupun menangis saat diberi rangsangan, seperti cubitan yang ringan atau pun rangsangan disaluran nafasnya
  • Skor 1 artinya bayi hanya meringis ketika diberikan rangsangan
  • Skor 0 artinya tak ada respon terhadap rangsangan yang diberikan

Appearance : warna tubuh

  • Skor 2 artinya warna tubuh bayi semuanya normal
  • Skor 1 artinya warna tubuh bayi normal, tapi tangan dan kakinya membiru
  • Skor 0 artinya semua tubuh bayi abu – abu kebiruan atau pucat

Respiration : pernafasan

  • Skor 2 artinya bayi menangis dengan sangat kuat, bernafas normal
  • Skor 1 artinya bayi menangis lemah, terkadang juga terdengar seperti merintih juga disertai pernafasan yang tak teratur
  • Skor 0 artinya bayi tak bernafas

Tes Apgar Score

Pada saat masing – masih aspek dinilai, maka masing – masing skor yang ada selanjutnya akan dijumlahkan dan didapatkan nilai total. Sepuluh adalah nilai paling sempurna yang artinya bayi Anda ada dalam kondisi yang baik atau sempurna. Sementara itu jika, didapatkan skor 0 – 3 ini artinya keadaan gawat pada bayi Anda yang mengindikasikan ia butuh resusitasi sesegera mungkin. Jadi, sangat penting sekali untuk lebih waspada saat nilai tes Apgar Score pada bayi Anda rendah. Rendahnya nilai tersebut juga ada kaitannya dengan tingginya resiko kematian pada bayi, khususnya di 20 menit pertama sejak bayi dilahirkan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pentingnya tes Apgar Score untuk ketahui kondisi bayi baru lahir. Semoga bisa bermanfaat.



Leave a Reply