_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Tips Merawat Kesehatan Area Organ Intim Bayi, Bunda Harus Baca Ini!



Tips merawat kesehatan area organ intim bayi – Bunda, penting sekali ya merawat kesehatan tubuh bayi Anda, tak terkecuali pada area organ intim bayi. Alasannya adalah karena area organ intim bayi, terutama untuk bayi yang baru dilahirkan ini pastinya akan sangat halus, sensitif dan rentan sekali alami iritasi. Sehingga yang demikian ini dibutuhkan perawatan yang khusus dan ketelatenan bagi bunda untuk mencegah terjadinya iritasi sekaligus menjaganya agar tetap bersih dan sehat.

Secara umum, merawat kesehatan dan kebersihan area organ intim bayi ini adalah dengan sering – sering membasuh dengan air dan juga sabun khusus untuk bayi. Namun, jangan juga melakukan hal ini terlalu sering karena dapat mengiritasi area organ intim bayi Anda. Sebaiknya Anda bersihkan area organ intim si kecil hanya seusai ia buang air besar saja. Gunakan air biasa atau air yang dicampurkan dengan sabun bebas pewangi dan alkohol, jangan lupa juga keringkan area tersebut menggunakan handuk lembut. Akan tetapi, ada beberapa hal yang tak sama antara merawat kesehatan organ intim bayi laki – laki dan perempuan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Tips Merawat Kesehatan Area Organ Intim Bayi

Tips Merawat Kesehatan Area Organ Intim Bayi

Merawat kesehatan organ area organ intim bayi laki – laki

Untuk tips merawat kesehatan area organ intim bayi laki – laki sekaligus kebersihannya, bunda bisa membersihkan bagian penis bayi yang bisa dilakukan dengan cara menyekanya menggunakan bagian popok yang masih bersih. Bila sudah, Anda bisa mengelapnya menggunakan kain bersih yang terlebih dulu dibasahi dengan air atau mungkin juga bisa ditambahkan dengan sabun khusus untuk bayi. Usapkan saja kain tersebut disemua area organ intim bayi Anda.

Apabila bayi Anda masih belum disunat, biasanya kepala penis masih tertutup oleh kulup. Disini Anda tak diperbolehkan berusaha menarik kulupnya tersebut secara paksa hanya untuk membersihkan area kepala penis bayi. Sebab yang demikian ini bisa membuat kulup penis robet, bayi juga merasa sakit dan pastinya meninggalkan luka pada penis bayi. Anda juga tak perlu terlalu khawatir dengan kebersihan kepala penisnya, sebab area tersebut bisa membersihkan dirinya sendiri sampai batas tertentu.

Namun, bila bayi Anda sudah disunat sejak dilahirkan, beberapa hari setelah prosesi tersebut penisnya mungkin saja akan tampak terlihat agak memerah dan membengkan, bahkan mengeluarkan lendir yang berwarna kekuningan. Kondisi yang seperti ini sebenarnya normal saja dan yang demikian tersebut adalah tanda dari proses pemulihan. Luka sunat mungkin saja akan sembuh sampai 10 hari. Merawat organ intim bayi yang sudah disunat hanya diperbolehkan menggunakan air saja di beberapa hari pertama seusai ia disunat.

Tips Merawat Kesehatan Area Organ Intim Bayi

Merawat kesehatan organ intim bayi perempuan

Pada saat Anda hendak membersihkan atau merawat kesehatan organ intim bayi perempuan memang sangat berbeda ketika Anda merawat dan membersihkan organ intim bayi laki – laki. Untuk bayi perempuan usahakan selalu mengusap area organ intimnya dari depan ke belakang. Hal ini dapat mencegah bakteri atau pun kotoran dari anus yang berpindah ke vaginanya. Apabila popoknya cukup kotor, sehingga tinja sudah masuk ke bibir vagina bayi Anda, maka Anda bisa membuka bibir vagina secara perlahan dengan jari yang sudah dibersihkan terlebih dulu. Tak perlu mengorek kotorannya yang terlalu dalam, sebab ini bisa membersihkan dirinya sendiri secara alami. Lap saja bagian tersebut menggunakan kain bersih yang sudah dibasahi air hangat. Hindari membersihkannya dengan sabun.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips merawat kesehatan area organ intim bayi. Semoga bisa bermanfaat.



Leave a Reply