_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Mengetahui Pentingnya Vitamin K untuk Bayi Baru Lahir



Vitamin K untuk bayi baru lahir – Bunda harus tahu ya bahwa vitamin K ini memiliki peranan yang cukup penting sekali guna membantu proses pembekuan darah dan cegah terjadinya perdarahan yang berlebih. Akan tetapi sangat disayangkan sekali, jika manfaat dari vitamin K tersebut tak bisa dirasakan sepenuhnya oleh bayi baru lahir.

Bunda bisa mendapatkan vitamin K ini dari bakteri di dalam susu dan juga makanan sehat yang bunda konsumsi, seperti daging, telur, stroberi, kacang – kacangan, brokoli, kedelai, asparagus, bayam, sereal, produk olahan susu, hati, minyak sayur, kembang kol, ikan, kubis, selada, wortel, kacang edamame, delima, labu, blueberry, anggur, dan lain – lain.

Kurangnya asupan vitamin K di dalam tubuh ini bisa buat munculnya memar yang semakin besar hanya dikarenkan cidera kecil. Selain hal tersebut, luka kecil sekalipun tak akan bisa menghentikan darahnya yang terus menerus keluar untuk waktu yang lama. Nah, untuk mencegah kondisi tersebut, Anda butuh asupan vitamin K untuk bayi baru lahir yang cukup.

Vitamin K untuk Bayi Baru Lahir

Mengetahui Pentingnya Vitamin K untuk Bayi Baru Lahir

Perlu Anda tahu terlebih dulu, bayi yang memiliki jumlah vitamin K cukup sedikit ini umumnya disebabkan oleh beberapa hal, seperti ketika bayi masih ada dalam kandungan jumlah vitamin K yang diserap lewat plasenta cukup sedikit, bakteri baik yang hasilkan vitamin K masih belum ada di dalam usus bayi baru lahir dan jumlah vitamin K di dalam ASI (Air Susu Ibu) juga sedikit sehingga bayi dengan ASI eksklusif tak mendapat cukup asupan vitamin tersebut. Akan tetapi, yang demikian ini jangan dijadikan sebagai alasan Anda tak memberikan ASI pada si kecil ya bund.

Juga perlu untuk diketahui bahwa rendahnya jumlah vitamin K untuk bayi baru lahir ini bisa menjadikan ia alami perdarahan yang parah, misalnya saja memar di kulit, perdarahan seusai di sunat, dan perdarahan di umbilikus, usus dan otak. Perdarahan di otak bisa saja mengakibatkan kerusakan pada otak yang cukup signifikan dan sering sekali disebut sebagai penyakit hemoragik pada bayi yang baru dilahirkan.

Resiko terjadinya perdarahan yang cukup serius akibat rendahnya vitamin K untuk bayi baru lahir ini akan semakin meningkat apabila bayi lahir secara prematur, sakit parah, ada masalah di organ hatinya, ventouse, lahir dengan forceps, memiliki luka memar saat dilahirkan, sulitnya bernafas saat dilahirkan, atau juga bunda konsumsi obat – obata selama kehamilan.

Penting untuk bunda tahu, bahwa bila semua bayi tanpa memandang jenis kelamin, ras, maupun latar belakang etnisnya, beresiko tinggi alami perdarhan sebab rendahnya vitamin K dalam tubuhnya. Perdarahan tersebut bisa saja terjadi setidaknya sampai ia mulai bisa konsumsi makanan sehat pendamping susu yang biasanya bisa diberikan saat bayi berusia 6 bulan dan hingga bakteri di ususnya mulai buat vitamin K sendiri.

Untungnya, terjadinya perdarahan dikarenakan kekurangan vitamin K ini masih bisa dicegah dengan baik. Caranya adalah dengan memberi suntikan vitamin K pada otot bagian paha bayi Anda seusai dilahirkan. Suntikan vitamin K tersebut nanti juga bisa ditunda hingga 6 jam seusai bayi dilahirkan supaya bayi dan juga bunda bisa membentuk ikatan terlebih dulu. Ada baiknya bunda menanyakan terlebih dulu pada dokter atau bidan yang membantu proses persalinan apa suntikan vitamin K dibutuhkan bayi Anda atau tidak.

Demikian informasi tentang mengetaui pentingnya vitamin K untuk bayi baru lahir yang bisa kami bagikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.



Leave a Reply