_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Mengetahui Manfaat Pemberian Vaksin HIB pada Bayi



Pemberian vaksin HIB pada bayi – Bund, sebenarnya apa sih tujuan pemberian vaksin HIB pada bayi? Bagi bunda semuanya tentu menginginkan agar kelak bayinya bisa tumbuh sehat hingga usia dewasa, jadi sangat penting sekali menjaga kesehatannya dengan memberikan segalanya yang terbaik untuk si buah hati tercinta. Nah, vaksin HIB ini bertujuan untuk menghindarkan bayi Anda dari terkenanya infeksi, dimana infeksi tersebut asalnya dari bakteri yang bernama Haemophilus influenza tipe B.

Bakteri jenis ini umumnya akan menyerang saluran pernafasan bagian atas pada bayi Anda. HIB tergolong sebagai infeksi yang paling berbahaya, bahkan bisa sebabkan radang otak atau meningitis dan radang paru atau pneumonia. Jadi, penting sekali pemberian vaksin HIB pada bayi Anda, khususnya yang masih berusia dibawah 6 bulan.

Juga perlu untuk Anda tahu nih bund, bahwa vaksin HIB ini biasanya akan disatukan dengan jenis lainnya atau yang biasanya dikenal sebagai vaksin DPT HB HIB yang tujuannya mencegah resiko penyakit pertusis, difteri, tetanus, hepatitis B, meningitis, dan peneumonia.

Pemberian Vaksin HIB pada Bayi

Mengetahui Manfaat Pemberian Vaksin HIB pada Bayi

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri HIB ini memang sering sekali menyerang bayi yang masih berusia dibawah 6 bulan, sebab memag sistem kekebalan tubuhnya masih belum berkembang dengan sempurna dan belum cukup kuat untuk menghalau berbagai macam bakteri atau virus yang menyerang tubuhnya.

Manfaat dari pemberian vaksin HIB ini adalah berguna sekali untuk menekan angka penderita dari berbagai penyakit yang berbahaya, yang disebabkan oleh bakteri HIB itu sendiri, seperti meningitis yakni peradangan yang terjadi di selaput otak, ini bisa sebabkan kerusakan otak dan tuli. Vaksin HIB juga bisa cegah resiko pneumonia atau yang juga disebut dengan radang paru yang seringkali disebut sebagai paru – paru basah, juga terjadinya pembengkakan pada tenggorokan yang bisa sumbat jalannya nafas, infeksi darah, tulang, jantung, dan sendi.

Jika bayi Anda terkena infeksi bakteri HIB tersebut dan terlambat untuk diberikan penanganan khusus, maka bisa beresiko pada kematian. Bunda wajib tahu tahapan pemberian vaksin HIB tersebut, keterlambatan waktu pemberian vaksin HIB ini bisa segera dilakukan pada pertemuan berikutnya oleh dokter atau bidan.

Pemberian Vaksin HIB pada Bayi

Efek Samping Pemberian Vaksin HIB pada Bayi

  • Kulit yang diberi suntikan HIB ini akan jadi sakit dan bengkak.
  • Area tubuh yang terkena suntikan akan memerah dan menghangat.
  • Reaksi alergi meskipun kondisi satu ini jarang sekali terjadi.

Efek samping dari pemberian vaksin HIB tersebut umumnya akan berkurang dalam 2 – 3 hari setelah pemberian vaksin HIB. Akan tetapi, bila efek sampingnya tak kunjung hilang, maka Anda wajib mengkonsultasikan pada dokter atau bidan.

Penundaan pemberian vaksin HIB ini tak bisa dilakukan jika kondisi si bayi hanya alami penyakit ringan, seperti pilek atau demam. Akan tetapi jika si bayi terkena jenis penyakit yang lebih berat, maka kemungkinan pemberian vaksin HIB ini ditunda sampai sakit bayi Anda sembut total. Selain hal tersebut, apabila sebelumnya bayi Anda juga alami alergi parah atau pun anafilaksis setelah diberikan vaksin HIB, bisa jadi vaksin HIB ini tak akan diberikan lagi. Dikarenakan penting sekali pemberian vaksin HIB pada bayi Anda, jadi menunda pemberian vaksin HIB tersebut ada baiknya dilakukan setelah dilakukannya pemberiksaan dari dokter atau bidan secara langsung.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang mengetahui manfaat pemberian vaksin HIB pada bayi. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply