_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201113"}}_ap_ufee

Mengetahui Manfaat dan Resiko Sunat Pada Bayi Laki – laki



manfaat dan resiko sunat pada bayi laki – laki – Seperti yang kita tahu bersama, bahwa sunat pada bayi laki – laki baru lahir memang sering dilakukan, walaupun yang demikian ini juga butuh prosedur yang lebih kompleks. Mari disimak baik – baik beberapa penjelasan berikut ini sebelum Anda ambil keputusan untuk menyunat bayi Anda setelah ia dilahirkan.

Pada dasarnya sunat berarti operasi pembangan kulup atau kulit yang menutupi bagian ujung penis. Sunat adalah praktik yang paling umum dilakukan oleh masyarakat yang beragama Islam sebab faktor agama atau tradisi. Sementara itu jika dilihat dari segi medisnya, sunat tersebut dianggap mempunyai manfaat, juga mempunyai resiko, khususnya bila yang demikian ini dilakukan pada bayi.

Sunat pada Bayi Laki - Laki

Manfaat Sunat pada Bai Laki – Laki yang Baru Lahir

Cegah masalah pada penis

Kadang kalanya kulup pada penis yang tak disunat ini bisa jadi sulit atau pun tidak memungkinkan untuk ditarik ke atas, ini biasanya disebut dengan phimosis. Kondisi tersebut nanti bisa memicu terjadinya peradangan di kulup.

Mudah untuk dibersihkan

sunat akan membuat penis jadi lebih mudah dibersihkan. Walaupun penis yang tak disunat pun sebetulnya tak sulit untuk dibersihkan.

Mampu turunkan resiko penyakit

Manfaat lainnya dari sunat ini adalah mampu menurunkan resiko penyakit, termasuk halnya resiko terkena infeksi pada saluran kemih, infeksi menular seksual, dan juga kanker penis.

Resiko Sunat pada Bayi Laki – Laki yang Baru Lahir

Resiko sunat pada bayi laki – laki yang baru lahir ini memang tergolong rendah, tingkat terjadinya komplikasi sunat sekitar 0.1 – 35 %, dengan sebagian beasr komplikasi melibatkan perdarahan, infeksi, dan juga gagalnya membuang kulit kulup yang cukup. Perdarahan dan juga infeksi ini bisa saja muncul dari iritasi akibat gesekan popok atau ammonia dalam urin. Lalu terjadinya komplikasi yang lebih serius dari dilakukannya sunat pada bayi laki – laki baru lahir diantaranya :

  • Cidera pada penis, misalnya saja nekrosis penis, fistula uretral, dan amputasi sebagian.
  • Rasa nyeri pada saat ereksi saat sudah dewasa kelak. Hal tersebut disebabkan terlalu banyaknya kulit yang dipotong, tapi yang demikian ini jarang sekali terjadi.
  • Kemungkinan resiko yang ada kaitannya dengan masalah kulup, misalnya saja kulup gagal sembuh dengan baik, dipotong yang terlalu pendek, atau pun terlalu panjang, dan kulup masih menempel dibagian ujung penis sampai butuh bedah perbaikan.

Sunat pada Bayi Laki - Laki

Perhatikan Hal ini Sebelum Bayi Laki – Laki Baru Lahir Disunat

Pastikan sunat dilakukan seorang profesional dan sudah berpengalaman. Sunat pada bayi dianjurkan dilakukan di minggu – minggu pertama setelah dilahirkan, umumnya antara hari pertama hingga ke-10. Bayi akan ditidurkan telentang dengan tangan dan juga kakinya ditahan supaya tak bergerak. Setelah darah penis dan juga sekitarnya dibersihkan, maka anastesi lokal akan diberikan pada area tersebut.

Lalu sebuah klem atau pun cincin khusus akan dipasangkann pada ujung penis dan kulup dipotong daerah yang dipotong ini nantinya akan ditutup dengan salep dan diberi balutan secara longgar dengan menggunakan perban. Umumnya prosedur tersebut akan memakan waktu kurang lebih selama 10 menit. Dan untuk mengurangi rasa nyeri seusai disunat, umumnya akan diberikan paracetamol untuk 24 jam setelah prosedur sunat. Umumnya dibutuhkan 10 hari sampai luka sunat sembuh.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang manfaat dan resiko sunat pada bayi laki – laki. Semoga bisa bermanfaat.



Leave a Reply