_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Cara Mengatasi Mata Bayi Memerah dan Penyebabnya



Cara mengatasi mata bayi memerah – Bunda, kira – kira apa sih yang jadi penyebab utama mata bayi memerah? Memang tak semua mata bayi jadi memerah ini jadi pertanda adanya hal serius yang terjadi pada diri si bayi, sebab bisa saja mata bayi memerah tersebut karena kondisi mengantuk atau flu biasa. Akan tetapi, meskipun demikian ada kalanya mata merah pada bayi ini tak bisa dianggap remeh. Kondisi tersebut bisa saja jadi gejala adanya penyakit tertentu yang diderita oleh bayi. Namun, Anda juga tak perlu panik yang berlebihan ya bunda, sebab ada kok cara mengatasi mata bayi memerah tersebut.

Mengatasi mata merah pada bayi ini harus dicermati berdasar penyebabnya terlebih dulu. Sebagian penyebab tak berbahaya, akan tetapi sebagian lagi ternyata bersifat menular dan harus segera diperiksakan ke dokter. Jadi, sangat penting sekali bagi bunda untuk tahu penyebab dan cara mengatasi mata merah pada bayi tercinta Anda ya!

Cara Mengatasi Mata Bayi Memerah

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Bayi Memerah

Iritasi

Ini penyebab utama dan paling sering dialami oleh hampir banyak bayi. Mata merah pada bayi disebabkan oleh banyak faktor, seperti kemasukkan shampoo, asap rokok, dan klorin dari kolam renang. Segera periksa kemasan produk mengenai penanganan bila ada bahan asing yang masuk ke mata bayi Anda. Bila perlu segera bawa bayi ke UGD jika memang terdapat bahan kimia berbahaya seperti pembersih yang masuk ke dalam matanya.

Flu

Penyebab lain mata merah pada bayi adalah flu akibat infeksi virus, khususnya bila Anda atau ada anggota keluarga serumah yang sedang alami kondisi serupa. Silahkan bawa si kecil ke dokter atau bidan kepercayaan Anda bila ia alami mata memerah yang juga disertai dengan gejala lain, seperti demam, tidak buang air kecil sesering dari biasanya, susah bernafas, batuk yang tak kunjung sembuh, dan juga tangisan yang tak biasa.

Pembuluh darah yang pecah

Mata merah pada bayi juga bisa disebabka oleh subconjunctival hemorrhages. Ini adalah pecahnya pembuluh darah dibagian bawah konjungtiva dimata bayi. darah yang keluar tak bisa diserap sepenuhnya oleh konjungtiva, sehingga mata bayi Anda jadi memerah. Bila ini terjadi pada bayi baru lahir, biasanya ini disebakan oleh adanya penekanan pada proses persalinan. Tapi, kondisi tersebut sebetulnya bukan situasi yang berbahaya, sebab akan reda dengan sendirinya dalam 1 – 2 pekan.

Walaupun biasanya tak berbahaya, akan tetapi konjungtivitis pada bayi bisa saja jadi gejala infeksi yang lebih serius, seperti halnya iritasi, klamidia atau anterior uveitis, glaucoma akut, maupun bisul pada kornea. Bayi juga akan lebih beresiko alami konjungtivitis apabila lebih dulu mengidap alergi lain, seperti asma.

Cara Mengatasi Mata Bayi Memerah

Sementara untuk bisa mendapat diagnosis penyebab utama dari mata merah pada bayi, Anda bisa membawa si kecil ke dokter atau bidan untuk mendapat penanganan secara tepat. Cuci saja secara teratur dan pisahkan pakaian, seprei, handuk, selimut, dan juga perlengkapan bayi lainnya dari anggota keluarga lain yang tinggal satu rumah. Selain hal tersebut, Anda juga sangat tidak disarankan menggunakan handuk mandi bayi berbagi dengan anggota keluarga yang lain. Seusai digunakan, cuci handuk Anda dengan air panas untuk hindari terjadinya infeksi yang menyebar.

Nah, itulah tadi yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang penyebab dan cara mengatasi mata bayi memerah. Semoga bisa bermanfaat.



Leave a Reply