_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201113"}}_ap_ufee

Resep MP-ASI Nasi Tim Dengan Berbagai Varian Rasa



Resep MP-ASI nasi tim – Semakin lama kebutuhan nutrisi tubuh semakin besar. Hal inilah yang juga menjadi konsep kebutuhan nutrisi seorang bayi. Di usia 0 – 4 bulan mungkin bayi masih bisa bertahan dengan mengonsumsi ASI eksklusif saja. Akan tetapi di usia 6 bulan keatas tentu saja kebutuhan nutrisinya semakin kompleks seiring dengan semakin pesatnya tumbuh kembang si dia. Karena itu memberikan makanan pendamping ASI yang tepat harus dilakukan.

Salah satu makanan pendamping ASI yang bunda bisa berikan untuk si kecil adalah resep MP-ASI nasi tim. Anda bisa kreasikan nasi tim dengan berbagai varian rasa untuk dapat memberikan nutrisi yang tepat bagi si buah hati. Berikut resep MP-ASI nasi tim dengan berbagai varian rasa yang bunda bisa berikan untuk buah hati Anda.

Resep MP-ASI Nasi Tim

Resep MP-ASI Nasi Tim Aneka Rasa

Resep MP-ASI nasi tim ayam kuning

Bahan – bahan yang Anda butuhkan untuk membuat kreasi resep MP-ASI nasi tim ayam kuning diantaranya :

  • ¼ ekor ayam yang Anda pisahkan daging dari tulangnya
  • Beras 250 gram, Anda cuci bersih
  • Air 1 ½ liter
  • Minyak goreng 3 sdm untuk tumisan

Siapkan juga bahan – bahan bumbu halus yang dibutuhkan, diantaranya :

  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • 1 sdt garam
  • 1 cm kunyit

Siapkan juga bahan pelengkap berupa 1 tangkai daun bawang yang Anda iris halus.

Setelah semua bahan diatas Anda siapkan kemudian lakukan step by step berikut ini, diantaranya :

  1. Rebus bagian tulang ayam bersama dengan air sampai menjadi kaldu sebanyak 1250 ml setelah itu Anda sisihkan.
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai aromanya harum. Kemudian masukkan beberapa potongan daging ayam dan beras yang telah Anda cuci. Aduk sampai merata. Masukkan sebanyak 500 ml kaldu ayam dan masak sampai beras menjadi aron lalu angkat.
  3. Selanjutnya siapkan mangkuk aluminium. Oleskan bagian dalamnya dengan menggunakan minyak goreng.
  4. Masukkan aronan ke dalam sampai ½ bagian mangkuk dan berikan kaldu sampai 2/3 tinggi mangkuk. Kukus selama 1 jam atau sampai matang dan angkat.
  5. Terakhir panaskan sisa kaldu, berikan irisan daun bawang dan angkat. Sajikan nasi tim ayam kuning bersama kaldu panas.

Resep MP-ASI Nasi Tim

Resep MP-ASI nasi tim kacang hijau

Untuk membuat resep MP-ASI nasi tim kacang hijau sebenarnya sangat simple. Bahan – bahan yang Anda perlu siapkan diantaranya :

  • 4 sdm beras Anda cuci bersih
  • 1 sdm kacang hijau Anda cuci bersih
  • 450 ml air atau kaldu daging
  • 1 buah tomat, buang bijinya dan potong dadu kecil
  • 1 sdm bawang bombay yang Anda cincang

Setelah semua bahan diatas Anda siapkan, terapkan langkah – langkah dalam pembuatan berikut ini diantaranya :

  1. Langkah pertama Anda masak kaldu daging, beras, kacang hijau dan juga bawang bombay. Masak saja sampai tekstur dari beras dan kacang hijau melunak. Tambahkan potongan tomat, masak sebentar lalu angkat.
  2. Tuangkan selanjutnya nasi ke dalam panci tim. Masak kurang lebih selama 30 menit atau sampai tekstur nasi benar – benar lunak.
  3. Terakhir Anda masukkan ke dalam tempat saji dan hidangkan untuk buah hati Anda.

Coba saja di rumah kreasi resep MP-ASI nasi tim diatas. Varian rasa yang istimewa tentu akan membuat buah hati Anda sangat suka dengan resep makanan pendamping ASI diatas. Selamat mencoba bunda.



Leave a Reply