_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Kulit Bayi Mengelupas? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya yang Tepat



Kulit bayi mengelupas – Meskipun yang demikian ini umumnya terjadi pada bayi yang baru dilahirkan, akan tetapi masih ada saja bunda yang cukup khawatir dan langsung panik pada saat mendapati kulit bayinya mengelupas. Bunda harus tenang ya, sebab kondisi yang seperti ini tak berbahaya kok bund. Kulit bayi baru lahir memang belum sehalus ketika ia sudah berusia beberapa hari atau pun beberapa minggu. Ini adalah kondisi normal dan tak perlu dikhawatirkan.

Pada saat dilahirkan, lapisan kulit terluar bayi memang masih sangat tipis dan yang demikian ini juga mudah sekali rusak. Kondisi kulit bayi yang baru dilahirkan akan sangat bergantung pada usianya saat dilahirkan. Bayi dengan lahir prematur biasanya akan memiliki kulit yang sangat halus, sementara itu bayi dengan lahir normal akan mempunyai kulit yang cenderung kering. Lantas, bagaimana cara mengatasi kulit bayi mengelupas ini? Simak beberapa ulasannya dibawah ini.

Kulit Bayi Mengelupas

Cara Mengatasi Kulit Bayi Mengelupas

Meskipun yang demikian ini adalah hal yang normal atau wajar pada setiap bayi yang baru dilahirkan, perasaan khawatir terhadap kondisi kulit bayi mengeluas, terlalu kering dan pecah – pecah tetap saja muncul. Nah, agar Anda tak terlalu khawatir yang berlebihan, berikut ini kami bagikan cara mengatasi kulit bayi mengelupas yang bisa Anda terapkan.

Jangan memandikan yang terlalu lama

Pada saat Anda memandikan bayi, sangat disarankan agar tidak memandikannya yang terlalu lama. Hindari juga penggunaan sabun, sebab umumnya kandungan yang dibawanya masih terlalu keras untuk kulit bayi yang baru dilahirkan. Dianjurkan sekali memandikan bayi Anda 5 – 10 menit saja.

Mengoleskan pelembab khusus untuk bayi

Cara merawat dan mengatasi kulit bayi mengelupas yang juga bisa Anda terapkan adalah dengan mengoleskan pelembab hipoalergenik di kulit bayi Anda setelah dimandikan, atau setidaknya 2 kali sehari supaya kelembaban kulitnya tetap terjaga dengan baik. Juga sertakan pijatan yang lembut ketika mengoleskan pelembab. Ini sangat berguna sekali untuk memudahkan proses pengelupasan pada kulit bayi.

Menghindari penggunaan produk yang berbahan kimia

Pastikan selalu bahwa produk yang digunakan untuk bayi Anda terbebas dari bahan – bahan kimia untuk menghindarinya dari iritasi. Hindari juga penggunaan parfum maupun bahan yang mengandung pewangi pada kulit bayi.

Kulit Bayi Mengelupas

Hindari terkena paparan udara dingin

Udara yang dingin ini juga tak cukup baik untuk kulit bayi. Oleh sebab itu, bila bayi ada di luar rumah atau pun sebelum bepergian, sangat dianjurkan untuk menggunakan kaos kaki dan sarung tangan bayi saat cuaca sedang dingin dan berangin.

Memastikan bayi tetap terhidrasi dengan baik

Cara yang terakhir adalah dengan memastikan bayi agar tetap terhidrasi dengan baik untuk mengurangi masalah kulit mengelupas pada bayi Anda. Walaupun demikian, jangan memberikan air putih pada bayi yang belum berusia 6 bulan, kecuali bila hal tersebut adalah saran dari dokter atau bidan kepercayaan Anda.

Penting untuk bunda tahu, bahwa lamanya waktu kulit bayi mengelupas antara 1 bayi dengan bayi yang lain pastinya akan berbeda, hal ini tergantung dari kondisi tiap bayi itu sendiri. Akan tetapi, pengelupasan kulit bayi dengan lahir prematur juga akan butuh waktu lebih lama jika dibandingkan bayi lahir normal. Periksakan kondisi bayi pada dokter atau bidan untuk mengantisipiasi terjadinya gangguan pada kulit bayi.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi kulit bayi mengelupas. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.



Leave a Reply