_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Kesalahan Saat Menyiapkan Susu Bubuk Formula untuk Bayi Wajib Bunda Tahu



Susu bubuk formula untuk bayi – ASI (Air Susu Ibu) memang sangat penting untuk diberikan pada bayi sejak dilahirkan ke dunia. Sebab ASI ini adalah satu – satunya makanan dan juga minuman yang penting untuk tumbuh kembang si bayi. Akan tetapi, dengan kondisi tertentu sebagian dari bunda mungkin saja ada yang tak bisa memberikan ASI untuk sang bayi tercinta, sehingga bayi harus diberikan susu formula. Yang demikian ini memang sangat diperbolehkan, dengan catatan bahwa Anda sudah memberikan susu formula yang benar dan susu yang Anda pilihkan tersebut memang tidak membuat si bayi alergi. Sangat disarankan sekali, jika Anda mengkonsultasikan terlebih dulu pada dokter atau bidan mengenai susu formula apa yang sebaiknya dikonsumsi bayi Anda.

Susu Bubuk Formula untuk Bayi

Susu formula ini sebetulnya ada 2 macam, yakni susu bubuk formula dan susu cair yang siap saji. Akan tetapi sebagian besar orangtua lebih memilih susu bubuk formula sebab harganya yang lebih murah atau terjangkau.
Nah, jika Anda memang lebih memilih untuk memberikan susu bubuk formula, maka Anda harus tahu bagaimana cara menyiapkan susu bubuk formula tersebut dengan benar, sebab tak dipungkiri lagi jika ada banyak orangtua yang memberikan susu bubuk formula dengan cara yang tidak benar. Apalagi jika dilihat dari segi persiapannya, susu bubuk formula ini memang butuh yang lebih banyak perhatian dibandingakan dengan jenis lain.

Untuk itulah, agar manfaat dari susu bubuk formula tetap optimal, maka Anda wajib tahu beberapa kesalahan saat menyiapkan susu bubuk formula untuk bayi yang paling sering dilakukan para orangtua. Selengkapnya silakan simak ulasannya di bawah ini.

Ini Dia Kesalahan Saat Menyiapkan Susu Bubuk Formula untuk Bayi

Penggunaan air yang terlalu panas

Hemmm… mungkin saja ini yang sering Anda lakukan ya bunda? Pada saat menyiapkan susu bubuk formula untuk bayi, para ibu biasanya lebih suka menggunakan air yang baru mendidih atau air yang terlalu panas. Alasannya sih berbeda – beda, ada yang menggangap jika air mendidih tersebut bisa membuat si bayi saat meminum susu perutnya tidak kembung meskipun pada akhirnya susunya harus terlebih dulu didinginkan, atau ini jadi solusi terbaik agar susu cepat larut dan jadi cara untuk membunuh bakteri yang mungkin ada pada susu bubuk formula. Padahal yang demikian ini tidaklah benar, lebih baik suhu air untuk menyiapkan susu bubuk formula adalah dengan temperature sekitar 70 derajat celcius, atau Anda bisa mendiamkan air sekitar 30 menit seusai mendidih.

Meletakkan susu bubuk formula sebelum air

Kesalahan yang juga paling sering dilakukan para orangtua pada saat menyiapkan susu bubuk formula selanjutnya adalah meletakkan susu sebelum air. Sebaiknya Anda memasukkan air terlebih dulu dalam botol, lalu gunakan sendok takar untuk memasukkan susu bubuk formulanya sebagai cara yang benar untuk Anda lakukan.

Susu Bubuk Formula untuk Bayi

Memasukkan susu lebih atau kurang dari takaran

Penting sekali untuk mengetahui takaran pemberian susu bubuk formula pada bayi Anda. Sebaiknya Anda tidak memberikannya yang terlalu sedikit atau sebaliknya. Jika Anda menambahkan susu bubuk formula yang terlalu banyak, maka ini bisa membuat bayi alami dehidrasi dan susah BAB (buang air besar). Lalu jika terlalu sedikit, maka akan membuatnya kekurangan nutrisi. Selain itu, penting sekali bagi Anda untuk menghindari menambahkan gula atau pun sereal dalam susu bubuk formula.

Sebenarnya masih ada banyak lagi kesalahan saat menyiapkan susu bubuk formula untuk bayi yang wajib bunda tahu, seperti menyentuh ujung dot ketika menyiapkan susu, memberikan susu dengan suhu terlalu panas, memberikan sisa susu formula, dan menghangatkan susu ke dalam microwave. Untuk itu, hindari kesemua kesalahan tersebut mulai dari sekarang. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.



Leave a Reply