_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Kepala Bayi Peyang? Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya



Kepala bayi peyang – Buat bunda yang masih pertama punya bayi nih, pastinya akan langsung khawatir jika mendapati kepala bayinya peyang seperti ini pada saat dilahirkan. Hal tersebut memang sangat wajar sekali ya bunda, sebab bagaimana pun juga ini adalah pengalaman pertama Anda melahirkan seorang anak.

Bunda, normalnya kepala bayi ini memiliki bentuk yang bulat. Dan sebagian bayi sering lahir dengan memiliki bentuk kepala yang berbeda jika dibandingkan dengan bayi yang lain. Nah, jika kondisi kepala bayi Anda peyang atau tidak rata saat dilahirkan, kendati tidak mempengaruhi perkembangan otak si bayi, kepala bayi yang seperti ini ternyata bisa sebabkan bentuk wajah dan kepalanya jadi tak simetris.

Pada dasarnya, tulang tengkorak bayi baru lahir ini masih sangat tipis dan fleksibel, sehingga bisa berubah bentuk bila terkena tekanan dibagian tersebut dalam waktu lama. Dan bagian belakang kepala adalah salah satu sisi kepala bayi yang memang sudah semestinya bulat tetapi jadi rata, sebab terlalu sering berbaring terlentang.

Kepala Bayi Peyang

Penyebab Paling Umum Kepala Bayi Peyang

Posisi tidur bayi

Memang benar sekali bahwa posisi tidur telentang ini adalah yang paling nyaman dan aman bagi bayi, akan tetapi tahukah Anda bahwa tidur telentang tersebut dalam waktu yang cukup lama bisa sebabkan kepala bayi peyang atau datar di satu tempat. Bayi yang lahir secara prematur ini biasanya akan lebih mudah memiliki kepala peyang, sebab tulang tengkoraknya lebih lunak dibandingakn bayi yang lahir normal.

Masalah di dalam rahim

Penyebab lain kepala bayi peyang adalah adanya masalah di dalam rahim. Tekanan bisa saja terjadi di kepala bayi sebelum ia dilahirkan, yang disebabkan oleh penekanan dalam rahim atau karena kekurangan cairan ketuban yang berguna untuk melindungi bayi.

Alami ketegangan otot leher

Kepala bayi peyang juga disebabkan oleh ketegangan otot leher. Kondisi yang seperti ini nantinya akan membatasi gerakan otot leher untuk memutar kepala, yang artinya salah satu sisi kepala bayi akan lebih sering alami penekanan disaat berbaring.

Penyatuan lempeng tulang tengkorak terlalu dini

Selain hal tersebut, penyebab kepala bayi peyang juga disebabkan oleh penyatuan lempeng tulang tengkorak yang terlalu dini, ini biasanya disebut dengan craniosynostosis.

Kepala Bayi Peyang

Cara Mengatasi Kepala Bayi Peyang

  • Untuk mengatasi kepala bayi peyang ini sebenarnya sangat mudah sekali, Anda bisa mengubah posisi tidurnya. Usahakan supaya bayi tidur telentang dengan posisi kepala miring ke sisi kanan atau kiri secara bergantian.
  • Selain itu, Anda juga bisa mengubah posisi tempat tidur si bayi. Bayi umumnya lebih tertarik melihat benda – benda yang bercahaya terang atau pun ke arah jendela. Mengubah posisi tidurnya atau pun meletakkan tempat tidurnya akan mendorong bayi untuk menengokkan kepalanya ke arah yang berbeda, sehingga yang demikian ini tak akan terjadi penekanan secara terus menerus di salah satu sisi kepala bayi Anda.
  • Cara lainnya adalah dengan memvariasikan cara menggendong bayi dengan posisi tegak, baik didekap atau pun dengan posisi miring.
  • Dan yang terakhir adalah dengan menggunakan helm dan ikat kepala khusus. Apabila perubahan posisi tidur dan juga cara lainnya tak membuahkan hasil, maka Anda bisa menggunakan helm khusus untuk kembalikan bentuk kepala bayi Anda.

Walaupun tak membahayakan kesehatan, tetapi kepala bayi peyang jangan diabaikan ya bunda. Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang penyebab dan cara mengatasi kepala bayi peyang. Semoga bisa bermanfaat.



Leave a Reply