_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Kenali Penyebab dan Resiko Berbahaya Bayi Mencret



Penyebab dan resiko berbahaya bayi mencret – Ingat ya bunda, Anda tak boleh anggap enteng masalah bayi mencret yang satu ini. Mengapa demikian? Sebab bayi mencret cenderung ada dalam situasi yang beresiko alami komplikasi jika dibandingkan orang dewasa yang alami diare. Bayi mencret bisa saja alami dehidrasi secara cepat lho bund, bahkan hanya dalam waktu 2 jam saja setelah diare bermula. Kondisi tersebut tentu saja sangat membahayakan, khususnya pada bayi yang baru lahir. Jadi, penting banget bagi bunda untuk tahu penyebab dan resiko berbahaya bayi mencret ini.

Kadang kalanya sulit sekali bedakan apakah bayi alami diare atau hanya BAB yang lebih lunak dari biasanya. Bunda bisa mencurigai bayi alami diare jika terjadi perubahan frekuensi BAB secara tiba – tiba jadi jauh lebih sering dengan jumlah banyak dan tinja yang berubah jauh lebih lunak atau cair dari biasanya.

Penyebab dan Resiko Berbahaya Bayi Mencret

Ini Dia Penyebab dan Resiko Berbahaya Bayi Mencret

Diare memang jadi penyebab utama malagizi yang diderita oleh bayi, khususnya di beberapa negara berkembang akibat dari polusi air serta pencemaran makanan. Rotavirus sebagai salah satu penyebab utama penyakit gastroenteritis. Ini adalah salah satu alasan kenapa bayi alami mencret ya bund. Infeksi tersebut bisa sebabkan gangguan dibagian usus bayi, sehingga menjadikan nutrisi pada makanan tak dapat diserap dengan baik sebagaimana mestinya dan keluarnya cairan secara berlebih.

Tak hanya itu saja, bayi juga bisa terjangkit oleh parasit, bakteri, atau virus dari beberapa benda kotor yang ada di sekitarnya maupun dari lantai ketika bayi memasukkan tangannya yang kotor ke dalam mulut. Bahkan bayi mencret juga bisa disebabkan oleh alergi, susu formula yang tak dikelolah secara tepat, keracunan makanan, flu, mengkonsumsi antibiotik, dan kekurangan enzim.

Buruknya lagi, bayi mencret ini juga bisa kehilangan banyak cairan dan elektrolit dari dalam tubuhnya. Hal yang demikian ini bisa menggiring pada situasi dehidrasi. Tanda – tanda bayi Anda alami dehidrasi adalah matanya cekung, terlihat lemah, terlihat haus dan minum dengan lahap, serta bayi jadi rewel atau gelisah.

Khususnya pada situasi bayi alami dehirasi yang berat, bayi bisa saja tampak mengantuk sebab kesadaran yang telah menurun, tangan maupun kakinya jadi dingin, serta nafas jadi cepat. Jika yang demikian ini tidak segera mendapat penanganan secara cepat dan tepat, maka dehidrasi yang dialami bayi Anda bisa berujung pada kerusakan otak, bahkan kematian.

Penyebab dan Resiko Berbahaya Bayi Mencret

Cara Mencegah Dehidrasi pada Bayi Mencret

  • Pastikan bayi konsumsi cukup cairan
  • Hindari memberikan air gula, jus buah, dan minuman yang bersoda
  • Hindari memberikan obat anti diare
  • Lebih baik tempatkan bayi Anda untuk beristirahat di tempat terpisah dengan teman – temannya
  • Tetap berikan makanan pendamping ASI bila bayi Anda sudah berusia 4 – 6 bulan ke atas

Selain hal tersebut, kebersihan merupakan salah satu kunci untuk cegah bayi mencret. Selalu cuci tangan sebelum bunda menyiapkan makanan dan sebelum berinterksi dengan si kecil, khususnya setelah Anda selesai buang air. Oleh sebab itulah, cuci tangan Anda sendiri setiap kali selesai menggantikan popok bayi, ini berguna untuk menghindarkan terjadinya penyebaran bakteri ke anggota keluarga yang lain, khusunya pada bayi Anda. Pastikan juga si kecil sudah divaksinasi untuk cegah infeksi rotavirus yang jadi penyebab utama diare.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang penyebab dan resiko berbahaya bayi mencret. Semoga bisa bermanfaat.



Leave a Reply