_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201113"}}_ap_ufee

Kapan Bayi Bisa Mengkonsumsi Makanan Padat?



Makanan padat – Bunda, kapan sih si kecil bisa dikenalkan dengan makanan padat untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang bayi Anda? Umumnya bayi yang sudah berusia 6 bulan ini adalah waktu yang paling tepat untuk memperkenalkannya pada makanan padat. Di usia tersebut, sistem pencernaan bayi sudah siap dalam mengelolah makanan padat dan resiko alergi serta infeksi pun sudah mulai menurun. Jadi, tak ada masalah bagi bunda untuk memberikan makanan padat pada si kecil.

Atau yang lebih tepatnya adalah pada usia 6 bulan ini bayi dengan jenis kelamin laki – laki yang biasanya memiliki berat badan sekitar 6.4 – 9.7 kg dengan panjang 63.6 – 71.6 cm, sementara itu bayi perempuan memiliki berat badan sekitar 5.8 – 9.2 kg, dan panjang 61.5 – 70 cm.

Makanan Padat

Ketahui Kemampuan Motorik pada Bayi Usia 6 Bulan

  • Bayi di usia 6 bulan ini biasanya sudah gemar menjatuhkan benda apapun ke lantai untuk memperlihatkan bunyi yang dihasilkan.
  • Otot lengan serta lehernya sudah cukup kuat sehingga bayi di usia 6 bulan ini sudah mulai bisa merangkak.
  • Selain itu, ia bisa dengan mudahnya mengangkat benda dengan satu tangan lalu memindahkan ke tangan lainnya.
  • Bayi di usia 6 bulan ini juga sudah mulai tertarik pada detail maupun benda – benda kecil.
  • Serta juga sudah bisa menggulingkan tubuhnya ke depan dan belakang.

Ketahui Kemampuan Berbicara Bayi Usia 6 Bulan

Biasanya ia bisa berceloteh dengan gabungkan konsonan dan vokal, seperti BA, AH, atau MA. Akan tetapi tak perlu yang terlalu khawatir ya bund, jika di usia 6 ini bayi Anda masih belum gemar berceloteh. Sebab kemampuan motorik dan juga pemahaman bayi terhadap bahasa memang lebih cepat berkembang jika dibandingkan dengan kemampuan berbicaranya. Namun meskipun demikian, ia sudah bisa gunakan bahasa tubuhnya untuk berkomunikasi. Bahkan ia juga bisa menunjukkan sesuatu yang diinginkan.

Di sini bunda bisa membacakan dongeng dan membiarkan bayi Anda memperhatikan gambar – gambar yang menarik di dalam buku, ini tentu akan membantu jadikan kemampuan bahasa bayi Anda lebih berkembang dengan baik. Bahkan dengan begitu ia juga akan tumbuh jadi anak yang cinta dengan buku. Selain hal tersebut, menyanyi juga bisa jadi sarana terbaik untuk tingkatkan kemampuan berbahasa dan merasa bayi Anda.

Makanan Padat

Ketahui Kemampuan Sosial pada Bayi Usia 6 Bulan

  • Apabila sebelumnya si kecil masih enggan merespon atau pun takut pada kehadiran wajah – wajah baru, di usia ini bisa saja ia akan jadi lebih terbuka dan merespon senyuman maupun ajakan orang lain untuk bercanda. Ia bisa seketika akrab dengan orang yang menurut si kecil menarik.
  • Si kecil akan berusaha menarik perhatikan Anda, baik itu dengan tindakan yang menyenangkan maupun tidak.
  • Di usia 6 bulan ini Anda sudah bisa mulai ajarkan si kecil mana tindakan yang baik dan buruk.
  • Senang bermain dengan orangtua dan kerabat dekat.
  • Senang lihat refleksi dirinya sendiri di cermin.
  • Bisa kenali wajah orangtuanya juga kerabat dekat yang sering ia temui. Begitu pula bisa mengenali wajah orang asing.
  • Bisa memberikan respon ekspresi yang diperlihatkan oleh orang lain.
  • Merespon saat namanya disebut.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan mengenai waktu yang tepat memberikan makanan padat pada bayi dan perkembangan kemampuan bayi di usia 6 bulan. Semoga bisa bermanfaat.



Leave a Reply