_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Inilah Jenis Makanan yang Tak Baik Diberikan pada Bayi Usia 1 Tahun Kebawah



Jenis makanan yang tak baik diberikan pada bayi usia 1 tahun kebawah – Ingat ya bunda, bahwa bayi yang masih berusia 1 tahun kebawah masih belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna, untuk itu sangat disarankan sekali agar tidak sembarangan memberikan asupan pada bayi Anda. reaksi alergi, rentan alami keracunan, atau pun beberapa hal buruk lainnya mungkin saja bisa menimpa si kecil.

Bunda, mungkin saja mengira aman memberikan bayinya dengan beberapa jenis makanan tertentu, sebab dianggap bahwa makanan tersebut memang sangat baik bagi kesehatan dan alasannya karena kandungan yang dibawanya. Tapi, mulai saat ini Anda harus lebih berhati – hati lagi, sebab bisa jadi makanan yang Anda berikan tersebut belum bisa diterima dengan baik oleh bayi Anda yang masih berusia dibawah 1 tahun.

Jenis Makanan yang Tak Baik Diberikan pada Bayi Usia 1 Tahun Kebawah

Inilah Jenis Makanan yang Tak Baik Diberikan pada Bayi Usia 1 Tahun Kebawah

Susu sapi, kambing dan kedelai utuh

Ketiga jenis susu tersebut memang sangat bergizi dan kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Akan tetapi, dikarenakan si kecil masih cukup dini dan sistem pencernaannya juga masih belum cukup baik untuk mengkonsumsi beberapa makanan tertentu sehingga kadang kalanya makanan yang dianggap baik bagi kesehatan belum tentu baik bagi bayi yang masih berusia 1 tahun kebawah.

Perlu bunda tahu bahwa bayi yang masih berusia 1 tahun kebawah ini masih belum bisa mencerna protein yang ada pada ketiga susu tersebut, tak semudah saat tubuhnya mencerna ASI (Air Susu Ibu) maupun susu formula.

Makanan dengan kandungan garam

Ini nih salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan para bunda sekalian, yakni memberikan garam pada makanan bayi demi menambah selera makannya. Tetapi, bayi yang masih berusia 1 tahun kebawah belum terlalu membutuhkannya. Lagi pula garam memang tak baik bagi kesehatan ginjal bayi.

Memberikan madu

Kadang kalanya madu mengandung bakteri yang bernama clostridium botulinum. Bakteri tersebut bisa memicu botulisme pada bayi. Ini adalah penyakit yang bisa dibilang sangat serius dan berbahaya. Tanda – tanda bayi alami botulisme adalah kehilangan selera makan, lesu, dan konstipasi. Tanda tersebut akan terlihat sekitar 8 – 36 jam setelah mengkonsumsi madu.

Makanan dengan kandungan gula

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula ini ternyata bisa merusak gigi bayi Anda. Lagi pula bayi masih belum butuh tambahan gula pada makanannya. Bila Anda memang ingin menambakan rasa manis pada makanan yang dikonsumsi bayi Anda, maka Anda bisa menambahkan ASI, susu formula, atau pun buah – buahan segar.

Jenis Makanan yang Tak Baik Diberikan pada Bayi Usia 1 Tahun Kebawah

Makanan dengan kandungan lemak jenuh

Bunda sangat disarankan sekali untuk tidak memberikan bayinya makanan yang mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi, seperti keripik kentang, biskuit, atau kue.

Memberikan telur setengah matang

Mungkin saja yang demikian ini juga sering sekali Anda lakukan. Walaupun pada dasarnya telur bisa diberikan pada bayi yang berusia 6 bulan keatas, akan tetapi tetap pastikan Anda sudah memasaknya dengan matang secara menyeluruh. Sebab telur yang masih belum matang sempurna, mungkin saja mengandung bakteri yang bernama salmonella, ini bisa membuat si kecil keracunan ya bund.

Beberapa jenis ikan

Perlu Anda tahu juga bahwa ada beberapa jenis ikan yang di dalamnya mengandung kadar merkuri tinggi. Zat tersebut bisa sangat mempengaruhi sistem pencernaannya. Selain itu, hidangan laut juga harus dijauhi bayi Anda seperti ikan makarel, ikan marlin, hiu, dan ikan todak.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang jenis makanan yang tak baik diberikan pada bayi usia 1 tahun kebawah. Semoga bisa bermanfaat.



Leave a Reply