_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Hati – Hati, Bintik Merah di Kulit Bayi Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius



Bintik merah di kulit bayi – Bintik merah atau ruam yang umumnya terjadi kulit bayi Anda, ini artinya kulit sensitif pada bayi sedang beradaptasi dengan lingkungan barunya. Kebanyakan bintik merah tersebut tak berbahaya kok bund dan bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, ada kalanya bintik merah tersebut muncul sebagai pertanda bahwa ada penyakit serius yang sedang dialami oleh bayi Anda.

Jadi bunda, apabila Anda mendapati adanya bintik merah atau ruam pada si kecil sangat disarankan sekali agar Anda tidak mendiagnosis sendiri bintik merah yang ada pada kulit bayi Anda tersebut. Selalu konsultasikan pada dokter atau bidan kepercayaan Anda untuk mendapat diagnosis secara tepat. Nah, berikut ini akan kami informasikan kepada Anda mengenai bintik merah di kulit bayi yang bisa jadi pertanda adanya penyakit serius yang perlu Anda waspadai.

Bintik Merah di Kulit Bayi

Bintik Merah di Kulit Bayi Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Eksim

Salah satu tipe eksim yang bisa dibilang paling sering terjadi pada bayi dan balita adalah eksim atopik. Eksim tersebut bisa sebabkan kulit bayi jadi gatal, merah, kering, dan pecah – pecah. Eksim ini umumnya disebahkan oleh alergi atau kulit sensitif. Biasanya eksim akan muncul pada lipatan kulit, seperti lipatan siku, lutut, leher, dan daerah sekitar mata serta telinga. Untuk mengatasi eksim pada bayi, silahkan Anda menghindarkan bayi dari suhu ekstrim dan segala sesuatunya yang bisa mengganggu kondisi kulit. Jangan lupa juga untuk mengoleskan salep atau pun krim yang dianjurkan oleh dokter maupun bidan Anda.

Impetigo

Ini adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Impetigo tersebut dimulai dari munculnya bintik merah atau ruam dan lepuh yang telah pecah, tinggalkan kerak tebal warna kuning agak kecoklatan dan ciptakan luka maupun lecet warna merah. Impetigo lebih cenderung muncul di sekitar hidung dan juga mulut yang disertai dengan rasa gatal. Penyakit tersebut bisa menular lewat kontak langsung. Impetigo bisa diatasi dengan salep, krim, maupun pil antibiotik.

Milia

Ada banyak sekali bayi yang lahir dengan kondisi milia, yakni bintik putih yang muncul di dagu, hidung, pipi, atau kelopak mata. Milia disebabkan oleh pori – pori yang telah tersumbat oleh keratin, yakni protein yang telah diproduksi kulit. Untuk mengatasi milia tersebut Anda bisa membasuh wajah bayi sehari sekali menggunakan air dan sabun secara lembut.

Bintik Merah di Kulit Bayi

Slapped cheek syndrome

Ini merupakan infeksi virus yang sebabkan demam dan ruam merah atau bintik merah pada kedua pipi, menyerupai bekas seakan – akan ditampar. Bintik merah tersebut bisa terasa gatal dan juga beresiko menyebar ke anggota tubuh lain. Slapped cheek syndrome tak butuh diobati sebab akan sembuh dengan sendirinya di beberapa hari.

Meningitis

Ruam dan bintik merah dikulit bayi biasanya tak berbahaya. Akan tetapi ada satu bintik merah di kulit bayi yang wajib diwaspadai, yakni meningitis. Ini adalah infeksi di lapisan syaraf tulang belakang yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Tanda awal dari meningitis tersebut diantaranya reaksi bayi yang tak responsif atau kaku, rewel, tak ingin digendong, muntah – muntah, kulit pucat, tak mau makan, demam, dan pembengkakan di ubun – ubun. Segera periksakan bayi Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat, sebab kondisi tersebut tergolong serius.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang bintik merah di kulit bayi bisa jadi tanda penyakit serius. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply