_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Warna Urine Bayi Penting Gak Sih untuk Diperhatikan?



Warna urine bayi – Mungkin saja pertanyaan yang satu ini juga jadi pertanyaan yang sudah lama ada dalam benak para orang tua, kira – kira penting tidak sih memperhatikan warna urine bayi kita bunda? Pastinya Anda semuanya tak ingin kan sampai terjadi hal – hal yang membahayakan kesehatan dan nyawa bayi tercinta Anda/ Untuk itu, sangat penting sekali mengetahui atau memperhatikan warna urine bayi dan ketahui juga kondisi yang tak normal.

Walaupun yang demikian ini jarang sekali terjadi, akan tetapi munculnya bercak yang berwarna merah, pink atau merah muda, dan oranye pada urine bayi patut untuk diwaspadai. Secara umum munculnya bercak tersebut bisa jadi pertanda bahwa bayi Anda alami dehidrasi. Selain itu, juga ada kemungkinan adanya infeksi atau masalah serius lainnya pada saluran kemih sang bayi.

Warna urine bayi

Pada beberapa kasus, adanya bercak kristal yang berwarna oranye atau pun merah muda pada urine bayi ini memang tak berbahaya, dan memang cenderung muncul dibeberapa hari seusai bayi dilahirkan. Kristal ini adalah garam yang terkandung dalam urine. Akan tetapi, meskipun demikian penting sekali bagi Anda untuk tahu lebih lanjut mana kondisi urine pada bayi yang normal dan berbahaya, serta butuh penanganan medis yang lebih intensif lagi.

Warna Urine Bayi yang Masih Dianggap Normal

Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa urine dengan warna oranye atau merah muda ini biasanya akan terjadi dibeberapa minggu pertama setelah dilahirkan, khususnya jika si bayi konsumsi ASI (Air Susu Ibu) dan juga suplai ASI yang masih belum memadai.

Selama tidak ada tanda – tanda bayi Anda alami dehidrasi atau frekuensi buang air kecil yang masih 4 kali sehari, Anda tak perlu khawatir. Sebab ini adalah kondisi yang normal dialami oleh semua bayi yang baru lahir. Akan tetapi kondisi yang seperti ini bisa jadi pertanda bahwsannya Anda harus bantu si bayi untuk menyusu yang lebih sering. Misalnya saja membangunkan bayi Anda ketika tidur untuk menyusu atau Anda juga perlu memperbaiki teknik menyusu supaya lebih efektif.

Warna urine bayi

Warna Urine pada Bayi yang Butuh Perhatian Khusus

Lain ceritanya jika warna urine bayi Anda tidak normal yang biasanya disertai dengan beberapa tanda – tanda dehidrasi, diantaranya :

  • Air liur yang keluar lebih sedikit
  • Tidak buang air kecil dalam waktu lama, yakni 6 jam
  • Bibir kering
  • Bayi terlihat lesu
  • Ubun – ubun terlihat cekung

Ingat ya bund, bahwa semakin gelap warna urine bayi Anda yang keluar dan semakin kental bercak kristalnya itu berarti semakin berat juga kekurangan cairan yang sedang dialami bayi Anda. Jika kondisi ini dialami bayi Anda, maka segera periksakan ke dokter atau bidan terdekat. Umumnya dokter atau bidan akan menanyakan bagaimana asupan si bayi, berat badan, dan suplai ASI Anda.

Disamping itu, buang air kecil semestinya memang tidak menyakitkan, jadi segera periksakan bayi Anda jika nampak kesakitan atau pun menangis pada saat kencing. Sebab, hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa ada infeksi atau masalah lain pada saluran kemih. Laporan medis mengatakan bahwa, warna oranye pada urine bayi bisa disebabkan oleh infeksi pada saluran kemih. Kondisi yang paling berbahaya dan perlu perhatian lebih adalah pada saat ada darah pada urine bayi Anda. Penyebabnya adalah luka akibat ruam popok.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang warna urine bayimu penting gak sih untuk diperhatikan. Semoga bisa bermanfaat.



Leave a Reply