_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Cari Tahu Yuk Penyebab Umum BAB Bayi Berwarna Hijau



BAB bayi berwarna hijau – Tahukah Anda bahwa warna BAB bayi jadi pertanda baik atau tidaknya kesehatan pencernaan bayi Anda lho bund! Maka dari itulah penting sekali untuk mencari tahu penyebab umum BAB bayi berwarna hijau.

BAB Bayi Berwarna Hijau

Kami tahu betul kok, sebagai orangtua Anda pastinya akan sangat memperhatikan dengan detail kesehatan bayi sejak pertama kalinya ia dilahirkan. Namun, tak kalah penting juga untuk memperhatikan adanya perubahan tekstur, jumlah, serta warna BAB pada bayi Anda. Sebab, dengan memperhatikan pencernaannya dengan baik, maka Anda bisa memantau kesehatan serta gizi yang didapatkan bayi Anda setiap harinya, apakah sudah cukup atau malah kurang mendapatkan asupan gizi sebagaimana mestinya.

Perlu Bunda tahu, bahwa BAB pada bayi yang baru dilahirkan ini memang biasanya berwarna hijau gelap, atau yang juga disebut dengan meconium. Sementara itu, pada bayi yang sudah mendapatkan ASI (Air Susu Ibu) akan mengeluarkan BAB yang berwarna kuning atau hijau. Wajar sekali jika Anda akan merasa sangat khawatir dan panik banget pada saat menemukan tinja berwarna hijau pada saat menggantikan popok bayi Anda. Umumnya, BAB bayi berwarna hijau ini diartikan sebagai tanda bahwasannya ia tak mencerna makanan dengan baik.

Penyebab Umum BAB Bayi Berwarna Hijau

Makanan dan obat – obatan yang dikonsumsi bunda

Bagi bunda yang dalam masa menyusui, jika mengkonsumsi banyak sayur hijau atau pun jenis makanan dan minuman yang mana di dalamnya mengandung pewarna makanan yang berwarna hijau, maka kondisi yang seperti ini nanti juga bisa ubah warna ASI serta kotoran atau tinja si bayi jadi berwarna hijau pula. Selain hal tersebut, beberapa jenis obat – obatan yang dikonsumsi ibu menyusui seperti suplemen zinc dan antibiotik juga bisa sebabkan hal yang sama.

Bayi yang lagi sakit

Harus Anda tahu juga ya bund, bahwa perut bayi yang sedang terserang virus nantinya juga akan berdampak pada warna tinja yang dikeluarkan, serta konsistensi dalam BAB, khususnya ketika ia terserang sakit diare. BAB bayi berwarna hijau juga bisa saja terjadi pada bayi yang konsumsi susu formula, baik itu susu bubuk atau susu cair.

BAB Bayi Berwarna Hijau

Adanya faktor foremilk atau hindmilk

Penting sekali memastikan keseimbangan pasokan foremilk dan juga hindmilk bagi bayi. Foremilk ini sendiri adalah ASI encer yang keluar pertama saat ibu menyusui, sementara itu hindmilk merupakan ASI kental dan muncul ketika akhir proses ibu menyusui. Biasanya foremilk tersebut mempunyai kandungan kalori yang cukup rentan dan laktosa yang tinggi, lalu untuk hindmilk ini sendiri mempunyai kandungan lemak yang cukup tinggi.

Nah, jika bayi Anda konsumsi yang cukup banyak foremilk, maka BAB yang dikeluarkan akan berwarna hijau. Umumnya ini disebabkan oleh proses menyusui pada masing – masing payudara kurang lama. Untuk bisa atasi hal tersebut, silahkan Anda biarkan saja bayi menyusu disatu sisi payudara yang lebih lama untuk mendapat lemak susu yang lebih tinggi, atau Anda juga bisa memulai proses menyusui dengan sisi payudara yang terakhir diisap oleh si bayi.

Makanan yang dikonsumsi bayi

Ketika bayi mulai dikenalkan makanan padat, maka ini pastinya akan sangat berpengaruh pada warna tinjanya. Warna hijau pada BAB bayi biasanya berasal dari makanan seperti bayam, bubur kacang, dan kacang polong.

Selain hal tersebut, penyebab BAB bayi berwarna hijau yang lainnya adalah bayi yang sensitif dan alergi terhadap makanan atau minuman serta obat – obatan yang dikonsumsi. Serta adanya lendir yang berwarna hijau pada tinja bayi akibat produksi air liur yang berlebih.



Leave a Reply