_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/16/cara-tepat-atasi-kulit-wajah-rusak-akibat/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/?attachment_id=200721","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=200609"}}_ap_ufee

Bunda, Mari Pahami Proses Penyembuhan dan Pencegahan Eksim pada Bayi



pencegahan eksim pada bayi – Bunda, penting sekali lho untuk mengetahui jenis penyakit eksim. Sebab, eksim adalah salah satu jenis penyakit yang paling umum menyerang bayi, khususnya pada anak dibawah usia 5 tahun. Sebab di usia bayi dan balita, si kecil memang masih cukup rentan sekali terkena berbagai macam penyakit, dan area tubuh bayi yang bisa dibilang paling terpengaruh eksim diantaranya wajah, siku, leher, dan lutut. Akan tetapi, walaupun demikian tak menutup kemungkinan jika eksim akan melakukan penyebaran ke bagian tubuh yang lain, jika tidak mendapat penanganan secepatnya.

Meskipun penyakit eksim yang umum menyerang bayi ini adalah penyakit yang tidak menular, akan tetapi bersifat kambuhan. Biasanya penyakit tersebut akan menimbulkan rasa gatal yang pastinya tak membuat bayi Anda merasa nyaman. Sementara itu, menggaruk dibagian kulit yang terjangkit eksim bisa mendatangkan masalah yang cukup serius.

Hingga kini, penyebab eksim pada bayi ini memang masih belum diketahui secara pasti, akan tetapi ada kecenderungan faktor keturunan. Bayi akan lebih mungkin alami eksim jika orangtuanya atau pun anggota keluarga kandungnya memiliki eksim, asma, atau alergi.

pencegahan eksim pada bayi

Cara Penyembuhan dan Pencegahan Eksim pada Bayi

Menggunakan natrium hipoklorit atau bleach

Berendam di air yang sudah dicampurkan dengan natrium hipoklorit atau bleach kurang lebih selama 5 – 10 menit sebanyak 2 kali dalam 1 minggunya bisa membantu obati eksim 5 kali lebih efektif, jika dibandingkan menggunakan air biasa. Akan tetapi, jika Anda memang ingin memandikan bayi Anda menggunakan campuran ini, maka pastikan air mandi dan juga bahan natrium hipoklorit atau bleach tersebut sudah tercampur secara rata sebelum digunakan untuk memandikan bayi Anda. Selain hal tersebut, pastikan campuran air dan bahan tersebut tak tertelan oleh bayi Anda.

Mencegah garukan

Pakaikan saja kaos kaki dan sarung tangan berbahan katun, serta pastikan kuku – kukunya selalu terpotong pendek. Selain hal tersebut, Anda juga bisa menggunakan seprai yang lembut. Bila bayi Anda memang susah tidur karena gatal di tubuhnya, maka segera konsultasikan pada dokter atau bidan terdekat. Obat – obatan antihustamin umumnya akan diberikan oleh dokter untuk bantu bayi tidur lebih nyenyak saat alami eksim.

Menghindari pemicu eksim

Perlu bunda tahu juga ya, bahwa eksim bukanlah penyakit menular dan bukan juga bentuk reaksi alergi terhadap suatu zat, akan tetapi alergen maupun zat pemicu alergi, seperti asap rokok, tungau, debu, atau pun serbuk sari tumbuhan. Ruam eksim ini juga bisa semakin diperparah lagi oleh suhu panas, gesekan dengan kulit, perubahan suhu, dan juga kondisi kulit yang kering. Bahkan tak hanya itu saja lho bunda, ternyata stress yang dialami bayi Anda juga bisa memicu perkembangan eksim. Oleh sebab itulah, orangtua harus mengidentifikasi dan juga meminimalkan stress yang bisa memicu eksim pada bayinya. bantu si kecil menangani stress, misalnya saja dengan memberi si kecil waktu yang lebih tenang, atau menghiburnya.

pencegahan eksim pada bayi

Suhu yang sejuk

Selama bayi Anda alami eksim, silahkan kompres dengan air dingin pada area kulit yang alami eksim beberapa kali dalam sehari. Seusai mengompres, usapkan pelembab di kulitnya tersebut. Selain hal tersebut, pastikan kamar si kecil bersuhu sejuk untuk cegah berkeringat, sebab keringat bisa semakin memperburuk kondisi eksim yang bayi Anda alami.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang proses penyembuhan dan pencegahan eksim pada bayi. Semoga bisa bermanfaat.



Tulis Komentar