_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Daftar Obat Batuk yang Paling Aman Dikonsumsi Bayi



Obat batuk yang paling aman dikonsumsi bayi – Memang benar sekali ya bund, pemberian obat – obatan, khususnya untuk jenis obat batuk ini tak boleh dilakukan dengan sembarangan, apalagi pada bayi yang masih berusia 1 tahun kebawah. Ini artinya memberikan obat batuk yang dijual bebas di toko – toko atau warung – warung di sekitar rumah tinggal Anda, jelas sangat dilarang untuk diberikan pada bayi Anda. Untuk itu, sangat penting sekali mengetahui beberapa jenis obat batuk yang aman diberikan untuk si kecil.

Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwa batuk sebenarnya terbagi jadi dua jenis, yakni batuk kering dan batuk basah. Batuk pada bayi biasanya juga disertai dengan gejala – gejala lainnya, seperti mata memerah, demam, radang tenggorokan, hidung tersumbat, nafsu makan hilang, dan rewel pastinya. Bahkan tak hanya itu saja, juga bisa memunculkan bengkak dikelenjar getah bening yang ada dibagian bawah lengan, leher, maupun dibelakang kepala. Bayi yang masih berusia cukup dini ini umumnya hanya akan alami batuk ringan, akan tetapi bila batuknya terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama dan sering, maka ini bisa jadi pertanda serius.

Obat batuk yang paling aman dikonsumsi bayi

Ini Daftar Obat Batuk yang Paling Aman Dikonsumsi Bayi

Sebenarnya ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan bunda untuk mengatasi batuk pada bayi, salah satunya adalah dengan memberikan asupan ASI (Air Susu Ibu) yang lebih banyak. Ini nantinya akan membantu tubuh si bayi melawan infeksi. Pemberian obat batuk untuk bayi juga bisa membantu atasi batuknya. Adapun obat batuk yang bisa Anda berikan pada si kecil diantaranya :

Paracetamol anak

Paracetamol anak ini bisa Anda berikan jika bayi sudah berusia 2 bulan atau ia dilahirkan setelah usia kehamilan 37 minggu, dengan berat lebih dari 4 kg. Paracetamol tersebut nanti akan meredakan demam serta nyeri, akan tetapi tak meringankan pembengkakan dan radang. Obat batuk anak ini cenderung lebih aman bagi perut bayi dibandingkan Anda memberikan ibuprofen.

Takaran pemberian paracetamol pada bayi yang paling tepat adalah diberikan setiap 4 jam – 6 jam sekali, serta tak lebih dari 4 kali dalam jangka waktu 24 jam. Apabila bayi Anda juga minum obat lain, maka pastikan tak mengandung parcetamol juga.

Ibuprofen anak

Ibuprofen khusus untuk anak ini juga aman kok untuk diberikan pada bayi Anda bund. Bunda bisa memberikannya jika si kecil sudah berusia 3 bulan atau memiliki berat badan setidaknya 5 kg. ibuprofen ini bisa mengurangi demam, rasa sakit, nyeri tubuh, dan peradangan. Selain hal tersebut, ibuprofen juga bisa jadi obat yang sedikit lebih kuat dibandingkan paracetamol. Anda bisa memberikan obat batuk pada bayi ini tidak lebih dari 3 dosis dalam jangka waktu 24 jam, dan jarak waktunya tak kurang dari 6 jam.

Obat batuk yang paling aman dikonsumsi bayi

Saline drop

Selanjutnya gunakan saja tetes saline untuk mengobati batuk yang diderita bayi Anda. Ini sangat berguna sekali untuk membantu mengencerkan lendir yang kental, sehingga lebih mudah dikeluarkan dan melegakan pernafasan bayi Anda. Teteskan larutan saline ini pada lubang hidung bayi Anda, kemudian hisap lendirnya dengan alat hisap lendir khusus untuk bayi, yang akan membuang lendir lebih banyak.

Selain memberikan obat batuk untuk bayi di atas, batuk juga bisa diatasi dengan melakukan langkah – langkah sederhana seperti memberikan madu (pastikan bayi Anda sudah berusia 1 tahun keatas), memastikan bayi istirahat yang cukup, memperbanyak asupan cairan, memanfaatkan uap panas di ruangan untuk melegakan saluran parnafasan bayi, dan mengangkat kepala bayi untuk bantu memudahkan bernafas saat alami batuk dan pilek.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang daftar obat batuk yang paling aman dikonsumsi bayi. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply