_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan-2/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=200609"}}_ap_ufee

Bunda, Ini Lho Bahaya Jika Bayi Diberikan Air Putih



Bahaya jika bayi diberikan air putih – Sebenarnya bayi yang masih diberikan ASI (Air Susu Ibu) secara eksklusif ini tak memerlukan air putih ya bund, apalagi jika usianya masih dibawah 6 bulan. Tahu nggak sih bund, bahwa jika bayi diberikan air putih justru bisa mengundang bahaya bagi kesehatan si kecil lho!

Ya, benar sekali, pemberian air putih pada bayi yang masih berusia 6 bulan kebawah ini justru bisa memicu resiko gizi buruk dan juga diare. Jadi, bunda dilarang keras ya mulai sekarang memberikan air putih pada buah hati tercinta. Sebagaimana yang telah direkomendasikan dalam WHO, bahwa bayi butuh asupan ASI eksklusif minimal 6 bulan pertama setelah dilahirkan. ASI eksklusif berarti bayi hanya konsumsi ASI saja. Tak konsumsi makanan atau pun minuman tambahan yang lainnya. Akan tetapi, apabila kondisi bunda atau bayi tak memungkinkan untuk diberikan ASI eksklusif, maka bunda bisa memberikan susu formula, bukannya air putih ya bunda.

Bahaya Jika Bayi Diberikan Air Putih

Ini Lho Bahaya Jika Bayi Diberikan Air Putih

Gizi buruk

Apabila bayi Anda sudah biasa diberi ASI eksklusif dan meminum air putih, maka bayi Anda bisa berhenti menyusu sebelum waktunya dan yang demikian ini bisa sebabkan kekurangan gizi pada bayi Anda. Bahkan bunda pun juga akan merasakan imbasnya, yakni jumlah ASI akan berkurang. Jika berbicara mengenai kandungan yang ada di dalam ASI sendiri, khususnya tetesan – tetesan yang keluar pertama pada tiap bayi menyusu ini mengandung setidaknya 80%. Oleh sebab itulah, ASI saja sudah dirasa cukup ya bunda untuk menghidrasi bayi Anda. Bahkan lebih dari itu, ASI yang diberikan pada bayi ini juga bisa jadi pelindung terbaik bagi bayi dari infeksi dan bantu si kecil tumbuh serta berkembang secara normal.

Selain hal tersebut, baik itu pada bayi dibawah usia 6 bulan yang konsumsi ASI maupun susu formula, pemberian air putih ini bisa sangat mengganggu kemampuan tubuh si kecil untuk bisa menyerap nutrisi dari susu dengan baik. Air putih bahkan bisa jadi penyebab utama perut bayi terasa penuh, sehingga keinginan makannya bisa berkurang.

Resiko diare

Mengkonsumsi air putih pada bayi juga bisa jadi penyebab utama bayi Anda terkena infeksi sebab air mungkin saja tidak steril, sehingga si kecil bisa alami diare. Untuk bayi yang konsumsi susu formula, Anda lebih dianjurkan menggunakan air yang sudah direbus sampai benar – benar matang sempurna dengan suhu minimal 70 derajat celcius, kemudian didinginkan sebelum diberikan pada bayi Anda. Bunda sangat tidak disarankan untuk menggunakan air dalam kemasan secara langsung, melainkan harus tetap dimasak terlebih dulu.

Bahaya Jika Bayi Diberikan Air Putih

Resiko keracunan air

Selain hal tersebut, salah satu bahaya yang bisa saja terjadi pada bayi Anda jika diberikan air putih adalah resiko keracunan air. Mengencerkan susu formula bisa mengundang resiko keracunan air pada bayi. Dimana pada kasus yang sangat jarang terjadi, meminum yang terlalu banyak air putih bisa sebabkan bayi Anda keracunan air atau yang dinamakan dengan intoksifikasi air. Ini adalah kondisi pada saat kadar garam di dalam darah menurun secara drastis pada tingkatan yang lebih rendah, sehingga sangat mengganggu keseimbangan elektrolit. Gejala keracunan air putih bisa berupa pembengkakan tubuh, mual, pusing, muntah, dan diare.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang bahaya jika bayi diberikan air putih. Semoga bisa bermanfaat.



Tulis Komentar