_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan-2/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=200609"}}_ap_ufee

Ini Dia Spot Wisata Kotagede Jogja yang Paling Menarik



Spot wisata Kotagede Jogja – Jogja adalah salah satu daerah yang bisa dibilang kaya akan objek wisata terindah dan terpopuler di Indonesia, bahkan juga jadi salah satu destinasi wisata terfavorit yang masuk dalam daftar perjalanan wisatawan mancanegara diberbagai belahan dunia.

Kotagede Jogja bisa dibilang sebagai sebuah tujuan wisata budaya yang cukup kental sekali akan unsur – unsur sejarahnya. Bila Anda suka atau ingin tahu banyak hal mengenai kesejarahan, maka tempat wisata di Kotagede Jogja inilah yang jadi pilihan paling tepat untuk liburan Anda nanti.

Kotagede Jogja atau yang juga disebut sebagai Kota Tua ini memang memiliki banyak sekali bangunan tua yang hingga kini masih berdiri kokoh dan inilah saksi bisu sejarah kota Jogja. Jadi jangan heran bila Kotagede Jogja memiliki sejumlah spot wisata yang menarik. Mau tahu spot wisata Kotagede Jogja yang paling menarik tersebut? Mari simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Spot Wisata Kotagede Jogja

Ini Dia Spot Wisata Kotagede Jogja yang Paling Menarik

Pasar tradisional Kotagede ini adalah salah satu spot wista menarik yang bisa ditemukan di Jogja. Pasar tersebut sudah ada sejak jaman kerajaan dan masih tetap aktif hingga saat ini. Di setiap hari legi (Penanggalan jawa), aktifitas jual beli di tempat ini begitu marak. Para penjual dan juga pembeli serta berbagai barang dagangan selalu penuhi pasar Kotagede. Bangunan pasar tersebut memang sudah alami beberapa kali renovasi, akan tetapi gaya arsitektural dan juga posisinya tak berubah sama sekali.

Hanya berjarak sekitar 100 meter dari selatan pasar tradisional Kotagede Jogja Anda akan temukan spot menarik lainnya yakni kompleks makam raja – raja Mataram. Di sini Anda bisa lihat tembok kokoh yang menjulang tinggi dan menaungi makam raja – raja pendiri kerajaan Mataram di masa lampau. Ketika memasuki kompleks tersebut tampak gapura dengan karakteristik arsitektur Hindu yang cukup khas. Dimana masing – masing dari gapura tersebut ada sebuah pintu kokoh dan juga tebal yang dibuat dari bahan kayu dan berhiaskan ukiran – ukiran indah serta cantik.

Spot menarik yang bisa ditemukan di Kotagede Jogja selanjutnya adalah masjid Agung. Ini adalah salah satu masjid tertua yang ada di Jogja. Letak masjid Agung tersebut masih ada di area yang sama dengan makam pendiri kerajaan Mataram. Bahkan tidak jauh dari kompleks makam pendiri kerajaan Mataram atau di seberang jalan depan kompleks makam tersebut Anda bisa temukan spot menarik lainnya yakni rumah tradisional asli Jawa. Dan apabila Anda berjalan sekitar 50 meter ke arah selatan, maka Anda akan temukan tembok gapura rendah dan berongga lengkap dengan plakat yang bertulis cagar budaya.

Spot Wisata Kotagede Jogja

Ketika Anda melewati gapura tembok tersebut, maka Anda akan dibuat takjub oleh bangunan rumah – rumah tradisional Kotagede Jogja yang hingga saat ini masih terawat dengan sangat baik. Menariknya lagi, rumah – rumah ini masih tetap berfungsi sebagaimana rumah tinggal pada umumnya.

Dan spot yang terakhir adalah reruntuhan benteng. Ini adalah spot yang wajib Anda kunjungi saat berwisata ke Kotagede Jogja. Reruntuhan tersebut mempunyai ukuran seluias 400 x 400 meter, lengkap dengan parit yang digunakan pada saat jaman kerajaan dulu sebagai benteng pertahanan keraton. Tembok benteng tersebut mempunyai ketebalan 4 kaki yang dibuat dari bongkahan batu besar.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang spot wisata Kotagede Jogja yang paling menarik. Semoga bisa bermanfaat.



Tulis Komentar