_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Bunda, Begini Lho Cara Menangani Diare pada Bayi yang Benar



Cara menangani diare pada bayi – Bunda harus tahu ya, bahwa sistem daya tahan tubuh bayi usia dibawah 6 bulan ini memang masih belum sempurna, jadi sangat wajar sekali jika bayi Anda lebih rentan alami berbagai macam penyakit, salah satunya yang paling umum adalah diare ini. Setidaknya ada banyak jenis virus yang jadi penyebab utama diare pada bayi.

Tapi, perlu Anta tahu juga bahwa diare yang menyerang bayi ini adalah salah satu jenis penyakit yang bisa dibilang cukup berbahaya, sebab diare jadi salah satu penyebab kematian bayi yang paling umum dan jadi yang tertinggi di Indonesia. Untuk itu, pada saat bayi Anda alami diare, maka anda tak boleh menganggap remeh penyakit yang satu ini. Segera cari cara menangani diare pada bayi yang benar, untuk meminimalisir terjadinya hal – hal yang tak diinginkan tersebut.

Cara menangani diare pada bayi

Cara Menangani Diare pada Bayi yang Benar

Penyebab Utama Diare pada Bayi

  • Penyebab utama diare pada bayi adalah infeksi bakteri, virus, atau parasit. Bayi yang banyak tersentuh atau menyentuh benda – benda yang belum terjamin kebersihannya akan lebih rentan terinfeksi, sebab kebiasaan bayi yang sering memasukkan tangannya ke dalam mulutnya. Dan seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwasanya sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh si bayi yang masih berusia 6 bulan kebawah ini masih belum sempurna, jadi membuatnya lebih rentan terkena berbagai penyakit atau pun tertular penyakit.
  • Banyak konsumsi jus buah. Meskipun pada dasarnya buah – buahan memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, namun balik lagi pada sistem kekebalan tubuh si bayi yang masih belum benar – benar sempurna, sehingga untuk mengkonsumsi jus buah pun sangat tidak disarankan.
  • Alergi terhadap jenis obat – obatan tertentu. Pada dasarnya bunda memang tak disarankan untuk memberikan obat dengan sembarangan sebelum dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter atau bidan kepercayaan Anda. Sebab, ada beberapa jenis obat – obatan tertentu yang juga jadi penyebab bayi Anda terkena diare, karena alergi.
  • Bayi yang masih berusia 6 bulan kebawah memang sangat disarankan untuk diberikan ASI (Air Susu Ibu) secara eksklusif, sebab di usianya tersebut bayi lebih rentan terkena alergi terhadap makanan tertentu. Dan pemberian ASI eksklusif ini bisa menghalau terjadinya diare pada bayi Anda.

Perawatan di Rumah Sakit

Jika bayi Anda terkena diare, memang penting sekali untuk mencari cara menangani diare pada bayi yang benar, dan salah satu cara yang paling benar bisa Anda lakukan adalah dengan membawanya ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan secara tepat dan cepat.

Dokter kemungkinan akan memberi antibiotik atau pun obat anti parasit untuk menangani infeksi bakteri, virus, atau parasit yang jadi penyebab utama diare pada bayi Anda. Oralit mungkin saja juga akan diberikan. Oralit ini merupakan carian yang di dalamnya mengandung elektrolit – elektrolit untuk cegah terjadinya dehidrasi, agar diare yang diderita bayi Anda tidak semakin parah.

Cara menangani diare pada bayi

Cara Mencegah Diare pada Bayi

  • Cuci tangan bayi secara rutin setelah bermain.
  • Bunda juga harus menjaga kebersihan agar tak menularkan mikroorganisme yang bisa sebabkan infeksi pada bayi Anda.
  • Jaga lantai dan benda – benda yang dipegang bayi Anda selalu bersih.
  • Bila bayi Anda konsumsi ASI perah atau pun susu formula, pastikan kebersihan dan kesterilan botol yang digunakan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara menangani diare pada bayi yang benar. Semoga bisa bermanfaat.



Leave a Reply