_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Bunda Wajib Tahu! Ini Akibat Jika Memberi Madu pada Bayi Usia Dibawah 1 Tahun



Akibat jika memberi madu pada bayi usia dibawah 1 tahun – Siapa yang tak kenal dengan madu? Bisa dipastikan jika semua orang mengenalinya. Madu tak hanya dikenal dengan rasanya yang sangat manis dan lezat, tetapi juga memiliki banyak sekali manfaat. Jadi, tak heran jika ada banyak orangtua yang memberikannya untuk memanjakan lidah si kecil. Akan tetapi, meskipun demikian tahukah Anda bahwa madu ternyata tak baik lho dikonsumsi oleh bayi, khususnya bagi bayi yang masih berusia dibawah 1 tahun.

Lantas, apa sih yang jadi penyebab madu tak baik untuk bayi usia dibawah 1 tahun tersebut? Perlu bunda tahu bahwa di dalam madu ini terdapat kandungan bakteri yang bernama clostridium botulinum yang bisa berdampak cukup buruk bagi kesehatan bayi. Walaupun demikian, bakteri tersebut aman kok jika dikonsumsi oleh anak balita yang berusia 1 tahun keatas bunda. Namun, untuk mengetahui penjelasan selengkapnya mengenai akibat jika memberikan madu pada bayi usia dibawah 1 tahun, silahkan bunda simak beberapa ulasan berikut ini.

Akibat Jika Memberi Madu pada Bayi Usia Dibawah 1 Tahun

Ini Akibat Jika Memberi Madu pada Bayi Usia Dibawah 1 Tahun

Bayi yang masih berusia dibawah 1 tahun ini memang tak baik jika diberikan madu, alasannya adalah karena bayi belum memiliki usus yang cukup kuat untuk melawan bakteri yang terkandung di dalam madu itu sendiri, sehingga bakteri bisa berkembang dan memproduksi racun. Dan yang demikian ini tentu bisa memicu keracunan makanan atau secara medis disebut dengan botulisme.

Botulisme ini sendiri adalah jenis penyakit yang sangat jarang sekali terjadi, akan tetapi bisa berpotensi jadi penyakit yang cukup fatal, bahkan bisa mengancam jiwa. Bakteri clostridium botulimum bisa menyerang sistem syaraf si bayi, membuat otot – ototnya jadi melemah bahkan lumpuh, serta gangguan sistem pernafasannya tak membaik.

Tanda awal bayi alami botulisme tersebut adalah bayi Anda akan jadi sulit untuk buang air besar alias konstipasi. Mungkin juga tangisannya tak lagi sekencang biasanya, ia juga jadi kehilangan nafsu makan dan tubuhnya pun tampak lemas. Apabila terdapat tanda – tanda tersebut, maka bayi Anda harus segera mendapat penanganan khusus untuk menghindari terjadinya komplikasi yang bisa mengancam jiwanya.

Akibat Jika Memberi Madu pada Bayi Usia Dibawah 1 Tahun

Alasan lainnya kenapa bunda tak boleh memberikan bayi Anda madu, baik itu dicampurkan dengan makanan atau minuman bayi adalah karena yang demikian ini juga bisa merusak giginya yang akan tumbuh nanti. Bahkan tak hanya itu saja, bayi Anda mungkin saja juga akan jadi terbiasa dengan rasa manis dan membuatnya terus – menerus ingin konsumsi makanan atau minuman manis.

Jika memang bayi Anda sudah terbiasa dengan berbagai makanan atau minuman yang manis – manis, di masa yang akan datang, resiko bayi menderita kelebihan berat badan atau yang disebut dengan obesitas pun jadi lebih tinggi. Hal yang demikian tersebut juga bisa memicu bayi terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan juga beberapa jenis kanker.

Anda mungkin saja sudah pernah lihat ada beberapa jenis produk makanan atau minuman bayi yang ditambahkan madu, seperti sereal. Madu yang ada pada produk tersebut aman kok bunda untuk dikonsumsi atau diberikan pada bayi Anda. Sebab, bakteri yang ada di dalam madu sudah mati akibat dari proses pemanasan. Tetapi, bila Anda khawatir dengan keamanannya, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau bidan terlebih dulu.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang akibat jika memberi madu pada bayi usia dibawah 1 tahun. Semoga bisa bermanfaat.



Leave a Reply