_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan-2/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=200609"}}_ap_ufee

Begini Urutan Kenalkan Makanan Sehat Pendamping ASI untuk Bayi



Makanan sehat pendamping ASI – Umumnya bayi sudah bisa diberikan makanan sehat pendamping ASI (Air Susu Ibu) ini pada usia 6 bulan keatas. Sebab, di usia inilah kemampuan koordinasi dalam memindahkan makanan dari bagian depan mulut ke belakang untuk ditelan telah berkembang dengan baik. Akan tetapi juga harus diingat ya bunda, bahwa makanan tersebut sifatnya sebagai pendamping. Jadi bukanlah sebagai makanan utama untuk si kecil. ASI tetaplah jadi salah satu sumber nutrisi utama yang wajib diberikan pada bayi Anda sehari – hari.

Selain hal tersebut juga penting sekali untuk Anda perhatikan kapan si kecil memang sudah benar – benar siap untuk mulai mengkonsumsi makanan sehat pendamping ASI tersebut. Dan kesiapan si kecil bisa dilihat dari usia dan beberapa tanda – tanda di bawah ini.

Makanan Sehat Pendamping ASI

Tanda Bayi Siap Diberikan Makanan Sehat Pendamping ASI

  • Bayi Anda suka memasukkan tangan atau mainan ke dalam mulut.
  • Bayi sudah bisa duduk dan menahan kepalanya dengan baik dalam posisi tegak, meskipun masih butuh sandaran untuk tubuhnya.
  • Ia tertarik dengan apa yang bunda makan, misalnya saja dengan bersuara “aah” saat lihat orang dewasa makan atau ia coba mengambil garpu maupun roti.
  • Ia bisa menarik bibir bawahnya untuk ambil makanan dari sendok.

Begini Urutan Kenalkan Makanan Sehat Pendamping ASI untuk Bayi

Makanan pertama bayi

Silahkan mulai dengan memberi makanan yang lembut atau sudah dihaluskan terlebih dulu sebagai awalan untuk si kecil. Sesekali Anda juga bisa memberikan sayuran maupun buah – buahan yang direbus, seperti wortel, kentang, ubi, pir, maupun apel.

Sebagai langkah awal untuk kenalkan makanan sehat pada si kecil, Anda bisa menawarkan makanan yang tak mengandung gula atau pun garm secara satu per satu jenis. Berikan saja pada rentan waktu 3 – 5 hari untuk kenalkan tiap jenis makanan baru. Dengan begitu, Anda bisa tahu reaksi bayi terhadap makanan yang Anda berikan, apa makanan tersebut sebabkan diare, ruam, maupun muntah atau tidak.

Finger food

Jika bayi Anda sudah mulai terbiasa dengan makanan lembut, Anda bisa memberikannya finger food. Ini adalah makanan yang sudah dipotong – potong seukuran jari, sehingga lebih mudah digenggam dan dimakan si kecil. Awalnya, bayi Anda mungkin akan belajar memegang makanan dengan tangannya sendiri dan juga belajar memasukkannya ke mulut. Tapi di usia 8 – 10 bulan biasanya ia sudah bisa konsumsi finger food dalam porsi sedikit lebih besar.

Makanan Sehat Pendamping ASI

Makanan lanjutan

Pada tahapan satu ini, artinya bayi Anda sudah bisa konsumsi makanan yang lebih kompleks, seperti daging, ayam, mie, roti, nasi, dan juga telur rebus, yang terpenting aman diberikan padanya. Bunda juga bisa memberinya makanan yang diolah dengan campuran susu sapi.

Minum dari cangkir

Silahkan beri bayi Anda pengalaman minum langsung dari cangkir atau pun gelas terbuka seusai dia berusia 6 bulan. Dengan demikian akan bantu kemampuan minum dan ini sangat bagus sekali untuk perkembangan giginya.

Makan 3 kali sehari

Di usia 12 bulan, si kecil sudah terbiasa makan 3 kali sehari ditambah dengan hidangan ringan. Selain hal tersebut di usia ini bayi sudah terbiasa minum susu sapi. Pilihkan produk susu yang penuh lemak sebab anak – anak di usia ini sedang butuh lemak ekstra dan vitamin untuk perkembangan fisiknya.

Demikian informasi tentang urutan kenalkan makanan sehat pendamping ASI untuk bayi. Semoga bisa bermanfaat.



Tulis Komentar