_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan-2/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=200609"}}_ap_ufee

Berat Badan Lahir Rendah Pada Bayi? Ini Dia Penyebab dan Cara Merawatnya



Berat badan lahir rendah – Seperti yang kita tahu bersama bahwa berat badan lahir ini adalah yang paling sering digunakan sebagai pertanda dari kesehatan si bayi itu sendiri. Yang mana menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa bayi dengan berat badan lahir rendah adalah yang jadi penyebab utama kematian. Akan tetapi meskipun demikian, bunda tak perlu yang terlalu khawatir, sebab masih ada kok cara penanganan yang bisa bantu Anda tingkatkan berat badannya.

Dikatakan kurang atau rendah pada saat bayi Anda memiliki berat kurang dari 2.5 kg. Dan hal yang demikian ini adalah yang paling sering terjadi pada bayi lahir prematur atau pun sebelum memasuki usia kehamilan di 37 minggu. Tanda paling umum bayi dengan berat badan rendah adalah tubuhnya terlihat kurus, mempunyai lemak tubuh yang lebih sedikit, dan ukuran kepala besar serta tak proporsional.

Berat Badan Lahir Rendah Pada Bayi

Penyebab Paling Umum Berat Badan Lahir Rendah Pada Bayi

Penyebab yang paling umum berat badan lahir rendah pada bayi yang lainnya adalah saat Anda mempunyai anak kembar. Biasanya anak kembar ini akan terlahir lebih cepat dari waktu normalnya, dan janin tak akan mempunyai banyak ruang untuk bisa bertumbuh dan berkembang dalam rahim. Selain berat badan yang jadi masalah utama juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada plasenta yang mana hal tersebut diakibatkan oleh preeklamsia atau pun tekanan darah tinggi pada saat mengandung.

Sementara itu, pada bayi dengan berat bada lahir rendah akan tetapi terlahir sesuai waktu normal, ia tidak akan memiliki masalah di kemudian hari. Akan tetapi, bila berat badannya rendah dikarenakan terlahir secara prematur, maka hal ini akan sebabkan komplikasi pada gangguan pernafasan, resiko terkena infeksi, kadar gula darah yang rendah, gangguan makan, dan juga terlalu banyaknya sel darah merah yang bisa jadi penyebab utama darah mengental.

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah ini harus tetap merasa hangat dan juga dijaga agar tetap kering, sama halnya bayi yang lahir dengan berat badan normal. Akan tetapi, hampir semua bayi yang lahir dengan berat badan rendah umumnya harus mendapat perawatan khusus di ruang perawatan intensif NICU. Di ruang ini bayi akan dihangatkan dengan tempat tidur khusus, dan juga akan diberi nutrisi sesuai kebutuhan dan kemampuannya. Perawatan tersebut akan dilakukan sampai berat badannya meningkat dan dinyatakan bisa dirawat di rumah.

Berat Badan Lahir Rendah Pada Bayi

Cara Merawat Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah di Rumah

Berikan susu sesuai jadwal

Susu merupakan nutrisi terbaik bayi selama 6 bulan pertama ia dilahirkan. Tak disarankan tidak memberikan apapun selain ASI (Air Susu Ibu) maupun susu formula pada bayi dibawah usia 6 bulan. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk memberikan susu sesuai jadwal yang telah ditentukan, bukannya mengikuti keinginan bayi Anda.

Memberikan sentuhan kulit antara bunda dan sang bayi

Yang demikian ini nantinya akan sangat membantu tingkatkan berat badan bayi. Selain itu tersebut juga berguna untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat, bantu bayi tidur lebih nyenyak, buat bayi jadi lebih tenang, dan membantu atur denyut jantung serta pernafasan bayi.

Temani bayi saat tidur

Tidur bersama dengan bayi Anda juga bisa memudahkan dalam pemberian ASI saat malam hari, Anda juga akan lebih dekat lagi dengan bayi. Tapi, tidur bersama bayi tak berarti selalu ada di ranjang yang sama ya bunda!

Selain hal tersebut, Anda juga harus selalu memantau pertumbuhan bayi, membantu tumbuh kembang bayi, dan tak segan cari bantuan orang lain yang memang sudah berpengalaman. Demikianlah informasi tentang berat badan lahir rendah pada bayi, penyebab dan cara merawatnya. Semoga informasinya bermanfaat.



Tulis Komentar