_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Penyebab dan Cara Mengatasi Susah BAB pada Bayi, Bunda Wajib Tahu Ini!



Penyebab dan cara mengatasi susah BAB pada bayi – Bunda harus tahu ya bahwa selama masa pertumbuhannya, sangat wajar sekali jika bayi alami yang namanya susah makan atau malah makan tiada henti. Namun walaupun demikian, pastikan selalu sistem pencernaan si bayi Anda tidak terganggu, kondisi bayi yang susah BAB (buang air besar) ini merupakan salah satu yang wajib diwaspadai.

Bunda pastinya tak boleh anggap remeh masalah susah BAB pada bayi, sebab yang demikian tersebut bisa saja mengakibatkan hal buruk bagi perkembangan si bayi secara keseluruhan. Bagi para orangtua, sudah semestinya harus tahu apa penyebab dan cara mengatasi susah BAB pada bayi ini.

Cara Mengatasi Susah BAB pada Bayi

Penyebab Umum Bayi Alami Susah BAB

Pemberian susu formula

Jika bayi Anda sudah terbiasa diberikan ASI (Air Susu Ibu) kemudian dialihkan menjadi susu formula, umumnya bayi akan lebih rentan dengan kondisi susah BAB atau yang juga disebut dengan konstipasi ini. Hal tersebut sangat wajar sekali terjadi, mengingat kandungan gizinya yang berbeda. Oleh sebab itulah, bunda sebagai orangtua diharap agar bisa lebih bijak lagi dalam memilih susu formula untuk si bayi.

Pemberian makanan padat

Beralih memberikan makanan padat juga sering menjadikan pencernaan si bayi kaget, sehingga yang demikian ini sebabkan bayi susah BAB. Hal tersebut memang tak mengherankan, apalagi bila si bayi terbiasa diberikan makanan cair seperti susu. Namun, untuk meminimalisir resiko tersebut, silahkan beri makanan kaya serat pada bayi Anda ya bunda.

Alami dehidrasi

Umumnya bayi akan alami dehidrasi ini lewat makanan atau minuman yang dikonsumsi, termasuk ASI. Jika ia tak cukup mendapat asupan cairan, maka hal tersebut bisa berakibat pada feses yang keras hingga sulit untuk BAB.

Cara Mengatasi Susah BAB pada Bayi

Cara Mengatasi Susah BAB pada Bayi

Buat si bayi tetap aktif

Ini bertujuan agar feses bisa terdorong oleh usus. Apabila bayi Anda sudah bisa merangkak, maka Anda bisa membuatnya merangkak yang lebih sering dalam rangka mendorong feses supaya lebih mudah keluar. Tetapi bila masih belum bisa, maka Anda bisa menggerakkan kaki bayi layaknya mengayuh sepeda.

Memberikan pijatan yang lembut di perut bayi

Anda juga bisa mengatasi masalah susah BAB pada bayi Anda dengan cara memberikan pijatan pada bagian bawah pusar bayi Anda, yakni di sekitar 3 jari dari pusar secara lembut dan perlahan. Pastikan si bayi rileks dan tak kesakitan pada saat Anda melakukannya.

Ganti susu formula yang dikonsumsi bayi Anda

Apabila bayi Anda alami susah BAB sejak ia konsumsi susu formula, ini artinya Anda harus mengganti dengan merek yang berbeda. Ada baiknya terlebih dulu Anda konsultasikan dengan dokter anak atau bidan untuk mendapatkan susu formula yang sesuai dengan kebutuhan si bayi.

Kombinasikan makanann yang dikonsumsi

Pada saat sh bayi sudah waktunya mendapatkan makanan padat, usahakan jangan langsung memberi makanan yang berat – berat, seperti nasi. Tetapi berikan ia makanan yang kaya serat dan berikan porsi yang sedikit. Untuk hasil yang optimal, berikan pijatan lembut pada perut bayi Anda sebelum diberikan makanan padat tersebut.

Mencukupi kebutuhan air bayi Anda

Supaya proses pencernaan berjalan dengan lancar, maka Anda harus memastikan bahwa kebutuhan air si bayi tercukupi. Berikan saja sebotol air untuk membantu kinerja sistem pencernaannya.

Demikianlah tadi informasi yang bisa kami bagikan tentang penyebab dan cara mengatasi susah BAB pada bayi. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply