_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Amankah Penggunaan Empeng pada Bayi?



Penggunaan empeng pada bayi – Empeng umumnya dijadikan sebagai pertolongan pertama pada saat bayi Anda rewel. Dan sebagian besar para bunda pasti akan menggunakan empeng ini untuk menenangkan bayi ketika ia lagi rewel – rewelnya. Akan tetapi sudahkah Anda tahu keamanan penggunaan empeng tersebut apa benar – benar terjamin? Kami sarankan agar bunda segera menghentikan kebiasaan ini dan perhatikan dulu resiko yang mengintai bayi Anda jika menggunakan empeng tersebut.

Memang sih, mengisap sudah jadi naluri bayi, termasuk halnya mengisap jempol atau pun jari bahkan empeng. Jika dilihat dari sisi positifnya, empeng ini sangat membantu membuat bayi Anda lebih tenang selama prosedur medis umum, contohnya saja ketika suntik vaksinasi atau tes darah. Lalu untuk bayi dengan usia yang lebih besar lagi, penggunaan empeng ini bisa jadi mainan untuk membuatnya merasa lebih nyaman.

Penggunaan empeng pada saat ia tidur diklaim bisa menurunkan resiko sindrom kematian secara mendadak pada bayi. Akan tetapi, jika memang Anda ingin memberika empeng pada bayi, maka Anda wajib mempertimbangan resiko yang bisa terjadi, walaupun jauh lebih sedikit jika dibandingkan manfaatnya.

Penggunaan Empeng pada Bayi

Efek Negatif Penggunaan Empeng pada Bayi

Menghambat proses menyusui

Alasannya karena mengisap puting payudara dengan mengisap empeng sangatlah berbeda. Sebagian bayi, perbedaan yang seperti ini bisa membuatnya bingung. Selain hal itu, memberikan empeng yang terlalu dini juga bisa menjadikan bayi Anda kesulitan untuk belajar menyusu langsung ke puting susu Anda. Jadi, agar bayi Anda tak bingung dan lebih memilih empeng sebab Anda terlalu sering memberikan empeng, maka hindarilah memberikannya empeng ini di minggu – minggu setelah dilahirkan.

Rentan terkena infeksi telinga

Bayi yang sering menggunakan empeng jadi lebih mungkin alami infeksi telinga, jika dibandingkan pada bayi yang sama sekali tak pernah menggunakan empeng. Dengan membatasi atau tidak memberikan empeng pada bayi Anda hingga ia tertidur, diketahui bisa mengurangi resiko terkena infeksi telinga. Walaupun yang demikian ini masih belum ditemukan secara jelas kaitannya. Tetapi diperkirakan karena orangtua lebih cenderung menggunakan empeng untuk membuat bayinya lebih tenang, maka terkadang jadi lalai untuk cari tahu apa yang jadi penyebab bayinya rewel.

Ketergantungan pada empeng

Apabila bayi Anda sudah terbiasa menggunakan empeng ketika tidur, maka ia akan menangis saat empengnya dilepaskan, dan hanya akan bisa tenang jika sudah mendapatka empengnya. Hal yang demikian ini pasti akan sangat menyulitkan dan tak baik bagi tumbuh kembang bayi Anda.

Penggunaan Empeng pada Bayi

Menimbulkan masalah pada gigi

Jika Anda selalu memberikan empeng dan bayi Anda mulai terbiasa dengan menggunakan empeng setiap harinya, maka yang demikian ini akan menimbulkan masalah pada gigi. Misalnya saja gigi yang tak sejajar, atau tak tumbuh dengan normal. Mungkin saja gigi bagian depannya akan tumbuh secar miring atau lebih cenderung maju ke depan, masalah tersebut bisa semakin memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Sebetulnya masalah yang seperti ini masih bisa membaik dengan sendirinya setelah bayi Anda berhenti menggunakan empeng. Tetapi jika penggunaannya berlanjut sampai usia balita, maka masalah gigi ini bisa memiliki efek jangka panjang.

Beresiko mengandung kuman

Tak hanya beresiko buat masalah pada giginya, penggunaan empeng pada bayi ini juga beresiko terpapar kuman, sehingga bisa meningkatkan resiko infeksi di rongga mulut, termasuk gigi.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang aman atau tidaknya penggunaan empeng pada bayi. Semoga bisa bermanfaat.



Leave a Reply