_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Resep MP-ASI Puree Wortel Untuk Bayi Usia 6 Bulan Keatas



Resep MP-ASI Puree Wortel – Mengenalkan makanan pendamping ASI pada si buah hati memang harus dilakukan sejak dini dan tidak boleh sampai terlambat agar pertumbuhan dan perkembangan bayi tidak terhambat. Ada baiknya ibu sudah mengenalkan makanan pendamping ASI ketika si bayi berusia 6 bulan keatas. Salah satu makanan pendamping ASI yang dapat bunda olah dan bunda kenalkan ketika usia bayi menginjak 6 bulan keatas adalah wortel.

Wortel memang sayur yang sangat baik. Seratnya sangat halus sehingga cocok untuk bayi berusia 6 bulan keatas. Rasanya manis dan lezat serta didalamnya mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting bagi tumbuh kembang si buah hati. The American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa wortel adalah sayur yang sangat aman bagi bayi diatas 3 bulan. Akan tetapi lebih baik jika Anda konsultasikan dulu dengan dokter anak terkait pemberian sayur ini untuk si buah hati Anda sebagai MP-ASI pertamanya. Jika memang boleh, Anda bisa kreasikan wortel menjadi puree lembut yang disukai bayi. Berikut resep MP-ASI puree wortel untuk bayi usia 6 bulan keatas yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Resep MP-ASI Puree Wortel

Resep MP-ASI Puree Wortel Kreasi Baru

Resep MP-ASI wortel murni

Bahan yang perlu Anda siapkan hanya sayur wortel saja sebanyak 350 gram. Anda kupas dan potong – potong. Cara membuatnya yaitu dengan cara Anda kukus wortel diatas air mendidih selama 15 sampai dengan 20 menit. Upayakan Anda kukus sampai teksturnya lembut. Anda juga bisa masak dengan teknik merebus. Rebus wortel ke dalam panci yang berisi air mendidih, kemudian tutup panci dan biarkan kurang lebih selama 20 menit sampai lembut. Selanjutnya Anda angkat dan tiriskan wortel, masukkan ke dalam blender. Tambahkan sedikit air sisa rebusan kemudian blender sampai teksturnya halus.

Resep MP-ASI wortel, kentang dan jagung manis

Resep MP-ASI yang dibuat dari perpaduan antara kentang, wortel dan jagung manis ini dapat diberikan untuk bayi usia 6 bulan sampai dengan 12 bulan. Bahan – bahan yang Anda perlu siapkan yaitu :

  • 175 gram wortel, kupas dan potong.
  • Kentang 200 gram, kupas dan potong.
  • Jagung papilan 50 gram
  • Air 250 ml
  • Bawang bombay 50 gram, kupas dan potong
  • Unsalted butter 250 gram

Setelah semua bahan diatas Anda siapkan, selanjutnya terapkan langkah – langkah membuat puree wortel, kentang dan jagung manis berikut ini :

  • Pertama – tama panaskan panci kemudian masukkan butter sampai meleleh. Selanjutnya tumis bawang selama satu menit dan masukkan wortel, tumis selama 5 menit.
  • Masukkan kentang ke dalam panci, kemudian tuangkan air dan masak diatas api sedang kurang lebih 15 menit. Tambahkan jagung ke dalam panci dan biarkan selama 5 menit.
  • Setelah itu Anda angkat dan tiriskan wortel, kentang dan jagung. Masukkan ke dalam grinder atau penggiling, tambahkan ASI, grinder sampai halus.

Resep MP-ASI Puree Wortel

Resep MP-ASI wortel, brokoli dan keju

Wortel dan brokoli kaya kandungan beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata bayi Anda. Bahan – bahan yang perlu Anda siapkan diantaranya :

  • Wortel 125 gram, kupas dan iris – iris.
  • Bunga brokoli 75 gram
  • Keju cheddar parut 40 gram
  • Kentang 300 gram Anda kupas dan potong – potong
  • ASI 4 sdm
  • Unsalted butter 15 gram

Cara membuat resep MP-ASI puree wortel dengan bahan diatas sebagai berikut :

  • Pertama Anda rebus wortel dan kentang selama 20 menit sampai teksturnya lembut.
  • Selagi merebus wortel dan kentang, kukus brokoli selama 7 menit sampai lembut. Atau Anda juga bisa masukkan brokoli ke dalam panci yang isinya wortel dan kentang setelah direbus selama 12 menit.
  • Kemudian Anda tiriskan wortel, kentang dan brokoli. Selanjutnya haluskan secara bersamaan dengan ASI, butter dan juga kejunya.

Itulah resep MP-ASI kreasi puree wortel untuk bayi usia 6 bulan keatas yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Selamat berkreasi untuk sajikan makanan sehat untuk buah hati Anda.



Leave a Reply