_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Langkah Mudah Merawat Kesehatan Bayi Prematur, Bunda Wajib Baca Ini!



Merawat kesehatan bayi prematur – Bunda, Anda harus tahu ya bahwa bayi yang lahir secara prematur dengan bayi lahir normal tentu akan berbeda dalam hal perawatannya. Mengapa demikian? Bayi prematur ini adalah bayi yang dilahirkan sebelum usia kandungannya genap mencapai 9 bulan dan umumnya berat badannya kurang dari 1.4 kg, sehingga penting sekali perawatan yang khusus kurang lebih selama 2 tahun pertama kehidupan bayi untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Dalam merawat bayi yang lahir secara prematur ini mungkin saja perlu usaha yang lebih, jika dibandingkan bayi yang lahir normal dengan berat badan yang normal juga. Bahkan kebutuhan nutrisi bayi prematur juga perlu diperhatikan. Bayi prematur ini umumnya butuh lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan bayi lahir normal, ini tujuannya adalah agar bisa tumbuh sehat seperti bayi – bayi lainnya.

Nah, agar Anda tak salah dalam memberi perawatan pada bayi tercinta Anda yang lahir secara prematur tersebut, berikut ini akan kami bagikan beberapa langkah mudah merawat kesehatan bayi prematur. Silakan di simak ya!

Merawat Kesehatan Bayi Prematur

Langkah Mudah Merawat Kesehatan Bayi Prematur

Jadi bunda kangguru

Perawatan kangguru ini berarti Anda harus menggendong bayi dengan cara memasukkan bayi dalam pakaian Anda atau dengan menggunakan kain gendongan khusus supaya kulit Anda tak bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari perawatan kangguru ini, seperti menjaga kehangatan tubuh si bayi, bantu atur detak jantung dan pernafasan bayi, bantu menenangkan bayi, ciptakan kesempatan bayi untuk tidur lebih nyenyak, dan memiliki kesempatan lebih baik untuk bisa menyusui bayi.

Memperhatikan posisi tidur bayi

Dalam hal ini Anda wajib memastikan bayi tidur telentang, tidak tengkurap atau pun miring. Tujuannya adalah untuk mengurangi resiko sindrom kematian bayi mendadak yang biasanya terjadi pada bayi lahir prematur. Mungkin saja bunda akan lebih sering terjaga saat malam hari sampai usia bayi Anda mencapai 6 bulan setelah dilahirkan. Ini karena bayi prematur umumnya lebih sering tidur jika dibandingkan bayi lainnya, tapi dengan durasi yang lebih singkat.

Menjauhkan bayi dari orang – orang yang sedang sakit

Penting sekali bagi Anda untuk melindungi bayi dari berbagai resiko tertular virus orang – orang yang ada di sekitarnya, baik dari keluarga, teman, maupun kerabat yang menjenguk. Tak hanya itu saja, Anda juga wajib menjauhkan bayi Anda dari tempat umum yang tertutup selama 2 tahun pertama. Asap kendaran bermotor, asap rokok, atau asap pembakaran sampah juga wajib dihindari sebab paru – paru bayi prematur ini masih belum sempurna.

Merawat Kesehatan Bayi Prematur

Memberikan imunisasi dan vaksin

Ini adalah langkah paling penting untuk dilakukan, agar bayi tercinta terlindungi dari berbgai serangan penyakit. Pada dasarnya, jadwal imunisasi bayi prematur ini sama dengan bayi lain yang lahir normal. Tetapi yang membedakannya hanya pada vaksin hepatitis B.

Memperhatikan dengan baik jadwal makan bayi

Kebanyakan bayi lahir prematur ini harus disusui sebanyak 8 – 10 kali dalam sehari. Hindarilah pemberian jeda dari waktu menyusui ke waktu menyusui yang selanjutnya lebih dari 4 jam. Hal tersebut agar bayi tak sampai kekurangan cairan atau dehidrasi. Jika bayi prematur menyusu dengan intensitas cukup, salah satu tanda yang bisa terlihat dari bayi adalah ia kencing sebanyak 6 – 8 kali sehari.

Nah, itulah tadi yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang langkah mudah merawat kesehatan bayi prematur. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.



Leave a Reply