_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan-2/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=200609"}}_ap_ufee

Jangan Panik! Ini Cara Menghadapi Demam Pada Bayi yang Tepat



Cara menghadapi demam pada bayi – Demam adalah salah satu jenis penyakit yang paling umum dialami pada semua bayi. Dalam ilmu medis, bayi dikatakan demam bila suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius atau lebih dari itu. Sebagai orangtua, bunda tentu khawatir dan langsung panik saat mendapati bayi Anda terasa panas.

Bunda tak perlu tergesa – gesa membawanya ke dokter atau bidan kepercayaan saat menghadapi situasi yang seperti ini. Sebab, ada kalanya demam pada bayi merupakan suatu kondisi normal terjadi dan dapat ditangani sendiri di rumah.

Cara Menghadapi Demam Pada Bayi

Demam sendiri sebetulnya bukanlah suatu penyakit yang cukup berbahaya, yang mana kondisi tersebut umumnya jadi tanda bahwa tubuh si bayi sedang berjuang dalam melawan penyakit. Misalnya saja demam yang dikarenakan efek dari imunisasi, bahkan demam juga bisa dianggap sebagai bukti sistem kekebalan tubuhnya bekerja dengan sangat baik.

Selain hal itu, demam juga bisa menyerang si bayi bila ia terlalu lama berada di luar ruangan ketika cuaca lagi terik, atau bisa pula terjadi saat bayi Anda mengenakan pakaian yang terlalu lama. Jadi diharap bunda tak usah terlalu khawatir ya jika tubuh bayi Anda terasa panas, tetapi ia masih tetap aktif dan mau minum ASI (Air Susu Ibu).

Walaupun demikian, juga ada kondisi tertentu yang butuh perhatikan lebih. Anda harus lebih waspada lagi saat bayi alami demam yang juga disertai dengan tanda – tanda sebagai berikut :

  • Nafsu makan berkurang
  • Tampak lesu dan tak bersemangat
  • Terdapat ruam
  • Pernafasan terganggu
  • Tidak responsif
  • Alami dehidrasi
  • Kejang – kejang

Cara Mengetahui Bayi Alami Demam atau Tidak

Untuk bisa mengetahui bayi Anda alami demam atau pun tidak, silahkan Anda ukur suhu tubuhnya dengan menggunakan thermometer. Sangat disarankan sekali untuk ukur suhu tubuhnya lewat anus, sebab pada bagian inilah yang dinilai lebih akurat jika dibandingkan lewat ketiak, mulut, maupun telinga. Apalagi thermometer anus ini jauh lebih mudah diaplikasikan pada si bayi.

Akan tetapi sebelum akhirnya mengukur suhu tubuh si bayi, ada baiknya Anda harus terlebih dulu memasikan thermometer dalam keadaan higienis. Sebelum digunakan lebih baik dicuci hingga bersih menggunakan sabun. Silahkan Anda posisikan si bayi tengkurap dalam dekapan Anda, lalu masukkan thermometer ke anus bayi dengan kedalaman sekitar 2.5 cm. Namun terlebih dulu thermometernya diolesi dengan petroleum jelly. Sebagai informasi, suhu tubuh si bayi normal ada pada kisaran 36 – 37 derajat celcius.

Cara Menghadapi Demam Pada Bayi

Cara Menghadapi Demam Pada Bayi yang Tepat

  • Memandikan bayi menggunakan air hangat ternyata jadi salah satu cara paling tepat untuk menghadapi dan mengatasi si bayi saat alami demam. Sebab, mandi dengan air hangat ini memungkinkan si bayi bisa menghirup udara hangat, sehingga yang demikian bisa lancarkan pernafasannya dan tubuhnya pun juga akan terasa lebih rileks.
  • Kenakan pakaian yang nyaman untuk menghadapi bayi saat alami demam, seperti pakaian dengan bahan yang tipis. Hindarilah menggunakan pakaian yang tebal atau bertumpuk.
  • Berikan asupan ASI yang cukup, ini bertujuan agar menghindari bayi Anda dari dehidrasi.
  • Jika Anda memang ingin memberikan obat – obatan untuk sembuhkan demam pada si bayi, ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dulu dengan dokter atau bidan. Apabila demam menyerang bayi yang berusia 3 bulan ke bawah, lebih baik langsung bawa si bayi ke rumah sakit terdekat.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara menghadapi demam pada bayi yang tepat. Semoga bermanfaat.



Tulis Komentar