_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan-2/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=200609"}}_ap_ufee

Tahapan Pemberian MP-ASI Bayi Usia 6-7 Bulan



MP-ASI bayi usia 6-7 bulan – Dalam mengenalkan dan memberikan MP-ASI pada bayi, bunda tentu harus tahu mengenai urut – urutan dan tahapan dalam pemberiannya. Jangan sampai bunda asal memberikan karena tentu kurang sesuai dengan kondisi perut bayi Anda yang masih dalam tahap penyesuaian dengan makanan – makanan selain ASI.

Dengan memberikan sesuai tahapan usia bayi, bunda bisa memberikan makanan terbaik untuk bayi yang cocok dikonsumsi sehari – hari. Memang pada hakikatnya memberikan MP-ASI bayi usia 6-7 bulan itu tidak sama dengan MP-ASI bayi yang usianya 7-8 bulan atau 9-12 bulan mengingat kondisi sistem cerna mereka juga berbeda. Berikut bagaimana tahapan pemberian MP-ASI bayi usia 6-7 bulan yang sangat direkomendasikan untuk Anda berikan kepada bayi. Cek informasinya di bawah ini!

MP-ASI Bayi Usia 6-7 Bulan

Tahapan Pemberian MP-ASI Pada Bayi Usia 6 – 7 Bulan

Memberikan MPASI pada bayi berguna agar dapat merangsang tumbuhnya gigi, melatih kemampuan motorik yaitu ketika ia ingin memegang makanan sendiri. Pada tahap awal ketika pemberian MP-ASI, baiknya Anda kenalkan sejak usia bayi sudah mencapai 6 bulan. Pada tahap awal ini bayi diberikan makanan lunak dan cair seperti bubur susu dan biskuit. Bubur susu dapat dibuat dari tepung beras yang kemudian dicampur dengan ASI. Selingi juga dengan tepung beras merah, kacang hijau atau labu kuning.

Berikan dalam jumlah sedikit kemudian secara bertahap kentalkan dan tambah jumlahnya. Kenalkan makanan satu demi satu pada bayi dan hindari Anda mencampur semuanya. Ini juga bisa menjadi cara terbaik ketika Anda memberikan pengetahuan baru untuk si kecil. Tunggu beberapa hari untuk kemudian Anda kenalkan dengan makanan baru yang lain.

Bayi juga dapat diberikan buah – buahan seperti pisang raja, pisang ambon, jeruk, labu dan buah pepaya. Pilih saja buah yang baik dan tidak bergetah untuk menghindari diare. Buat jus dengan campuran susu atau buah dengan Anda konsumsi sebanyak dua sendok makan sekali makan dan dua kali sehari. Pada setiap jenis buah diberikan 2 sampai dengan 3 hari berturut – turut agar si kecil mengenal rasanya. Kemudian kenalkan dengan buah lain.

MP-ASI Bayi Usia 6-7 Bulan

Setelah ia mengenal rasa buah, kemudian bisa Anda tambahkan dengan bubur susu. Beri ia satu kali buah lumat dan satu kali bubur susu. Gunakan sendok kecil untuk menyuapkan bubur. Jika si kecil ternyata enggan untuk makan, hindari memaksanya. Akan tetapi coba Anda bujuk agar ia kembali mau makan. Atau Anda bisa tunda beberapa jam sampai ia merasa lapar dan berikan kembali.

Ketika si kecil sudah berusia 7 bulan, Anda bisa berikan bubur saring. Pilih bahan makanan sumber karbohidrat seperti beras, kentang, kacang hijau, makaroni atau roti. Lengkapi dengan protein hewani atau protein nabati dan sayuran. Nantinya protein hewani ini bisa Anda dapatkan dari kuning telur sementara protein nabati dari kacang dan sayur mayur yang lainnya.

Berikut ini contoh jadwal tahapan pemberian MP-ASI bayi usia 6-7 bulan yang dapat Anda berikan kepada si kecil :

  • Berikan ASI di pukul 06.00 – 07.00.
  • Berikan bubur susu pukul 09.00
  • Berikan buah pukul 11.00 – 12.00
  • Berikan bubur susu pukul 14.00
  • Berikan buah atau biskuit yang dicampur dengan susu pukul 17.00
  • Berikan ASI lagi pukul 18.00 dan sebelum tidur.

Anda yang memiliki bayi berusia 6-7 bulan, itulah tahapan pemberian MP-ASI bayi usia 6–7 bulan yang dapat Anda terapkan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.



Tulis Komentar