_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan-2/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=200609"}}_ap_ufee

Cara Membedakan Muntah yang Normal dan Abnormal pada Bayi



Muntah yang normal dan abnormal pada bayi – Bayi Anda sering alami muntah – muntah nggak bunda? Lantas, Anda khawatir dengan kondisi yang seperti ini? Pada dasarnya wajar jika bayi pernah alami muntah, ada yang alaminya sesekali, juga ada pula yang muntah tiap kali konsumsi apapun. Bunda harus tahu ya, bahwa muntah pada bayi ini bukanlah sesuatu yang harus dicemaskan secara berlebihan. Akan tetapi, meskipun demikian tentu tak ada salahnya untuk mewaspadai kondisi tersebut.

Walaupun muntah pada bayi ini bisa termasuk sebagai reaksi normal, tetapi hal tersebut ternyata bisa juga jadi tanda bahwa bayi Anda sedang alami kondisi yang cukup serius. Jadi, sangat penting sekali bagi bunda semuanya untuk tahu cara membedakan muntah yang normal dan abnormal pada bayi.

Muntah yang Normal dan Abnormal pada Bayi

Muntah yang Normal pada Bayi

Muntah yang normal ini pastinya jadi hal lumrah terjadi pada bayi, khususnya ketika usianya masih beberapa minggu. Sebab di usia tersebut bayi sedang berusaha menyesuaikan diri dengan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Muntah normal ini biasanya dikenal dengan sebutan gumoh.

Umumnya si bayi akan gumoh seusai minum susu. Proses minum susu ini adalah setelah si bayi menelan susu, lalu susu akan lewati bagian belakang mulut, kemudian turun hingga ke kerongkongan, dan akan diteruskan ke lambung. Nah, diantara kerongkongan dan juga lambung inilah ada yang namanya cincin otot. Cincin otot tersebut akan jadi pintu utama susu ke lambung. Setelah susu masuk ke lambung cincin otot akan segera menutup.

Akan tetapi bila cincin otot ini tidak menutup dengan baik sebagaimana mestinya, maka susu bisa saja kembali lagi ke kerongkongan, kemudian terjadilah gumoh tersebut. Ini biasanya disebut sebagai refluks dalam ilmu medisnya.

Muntah yang Normal dan Abnormal pada Bayi

Muntah yang Abnormal pada Bayi

Umumnya muntah yang abnormal ini ada kaitannya dengan kondisi kesehatan si bayi itu sendiri, dan berikut ini adalah beberapa penyebabnya yang perlu bunda tahu :

  • Pneumonia
  • Infeksi pada telinga
  • Infeksi pada saluran pernafasan
  • Infeksi virus atau bakteri
  • Keracunan makanan
  • Radang usus buntu
  • Meningitis
  • Stenosis pylorus

Dan berikut ini adalah beberapa tanda – tanda bahwa bayi Anda sedang alami muntah yang tidak normal atau abnormal, diantaranya :

  • Muntahan berwarna hijau
  • Terlihat sangat kesakitan
  • Muntah yang juga diiringi dengan terjadinya pembengkakan di perut
  • Muntah yang lebih dari sekali seusai alami cidera
  • Terdapat darah pada muntahannya
  • Muntah secara hebat dan terus – menerus
  • Muntah yang juga diiringi dengan menguningnya kulit serta mata bayi

Muntah yang Normal dan Abnormal pada Bayi

Cara Atasi Muntah pada Bayi yang Tepat

Untuk atas muntah yang normal pada bayi, Anda tak perlu membawanya ke dokter atau hingga memberikan obat – obatan. Cukup dengan melakukan dua tips ini dijamin muntah pada bayi Anda akan cepat teratasi.

  • Setelah selesai minum susu, jangan langsung membaringkan bayi Anda. Sebaiknya bayi digendong dengan posisi tubuhnya agak tegak. Silahkan gendong bayi Anda sekitar 30 menit setelah menyusu agar ia tidak gumoh.
  • Setiap selesai minum susu, biasakan untuk menyendawakan bayi Anda.

Sedangkan untuk atasi muntah yang abnormal pada bayi Anda, silahkan membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut secara tepat. Tapi, sebagai langkah awalnya, Anda bisa memberikan cukup cairan, namun yang harus diingat hindarilah memberikan jus buah.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara membedakan muntah yang normal dan abnormal pada bayi. Semoga informasinya bermanfaat.



Tulis Komentar