_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Bunda, Begini Lho Cara Merawat Kesehatan Kulit Bayi Baru Lahir!



Cara merawat kesehatan kulit bayi baru lahir – Bunda harus tahu ya bahwa kulit bayi baru lahir ini dibilang masih sangat sensitif dan rentan sekali terkena iritasi. Oleh sebab itu, bunda sebagai orangtua yang baik bagi bayi Anda harus melakukan sejumlah perawatan khusus untuk kesehatan kulit bayi Anda yang baik dan benar.

Kondisi kulit bayi baru lahir yang masih halus dan lembut, begitu pula dengan sistem kekebalannya yang masih sangat lemah. Hal tersebut menjadikannya tak bisa sembarangan bersentuhan dengan berbagai produk yang terkontaminasi dengan bahan – bahan kimia seperti, produk perawatan kulit bayi, deterjen, wewangian, pewarna pakaian, dan lain – lain. Kulit bayi baru lahir yang kering, lecet, muncul ruam, atau pun iritasi sepertinya sangat bisa terjadi bila Anda tak berhati – hari pada saat mengaplikasikan senyawa kimia tersebut ke kulitnya.

Untuk menjaga kulit bayi yang baru lahir agar senantiasa sehat, berikut ini ada beberapa cara mudahnya yang bisa Anda coba. Mau tahu seperti apa caranya? Simak baik – baik yuk bunda, cara merawat kesehatan kulit bayi baru lahir di bawah ini.

Cara Merawat Kesehatan Kulit Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Kesehatan Kulit Bayi Baru Lahir

Jangan sering memandikan bayi

Bunda, tubuh bayi baru lahir ini tak terlalu kotor kok, sehingga tak perlu terlalu sering memandikannya. Jika Anda sering memandikannya, itu artinya kulit bayi akan lebih sering bersentuhan dengan air, jadi jika lebih dari 3 kali dalam 1 minggu, maka yang demikian ini nanti bisa mengikis kadar minyak alami di tubuhnya. Padahal minyak alami ini sangat penting sekali lho bund untuk menjaga kesehatan kulit bayi dari kekeringan. Selama bayi Anda berusia 1 bulan atau lebih, Anda sebetulnya bisa membersihkan atau memandikannya dengan hanya mengelap dengan handuk basah sebanyak 2 – 3 kali dalam 1 minggu.

Melindungi kulit bayi dari paparan matahari langsung

Bayi baru lahir yang masih dibawah usia 6 bulan ini lebih disarankan untuk tak terpapar sinar matahari secara langsung, terutama saat pukul 10 pagi hingga 4 sore. Akan tetapi, bila Anda memang terpaksa harus membawanya terpapar sinar matahari langsung, penting sekali untuk mengoleskan tabir surya. Tapi yang perlu diingat pilihlah yang memang direkomendasikan untuk kulit bayi ya bund. Anda bisa memilih tabir surya dengan SPF 15 yang di dalamnya mengandung zinc oxide adan titanium dioxide.

Cara Merawat Kesehatan Kulit Bayi Baru Lahir

Merawat kulit kepala secara tepat

Perlu Anda tahu bahwa kulit bayi yang baru lahir ini umumnya tampak kering atau pun mengelupas, seperti ketombe. Bahkan yang lebih parahnya lagi, kulit kepala dipenuhi dengan bercak – bercak pengerasan kulit, sehingga tampak seperti sisik yang berwarna kuning, tebal, juga disertai minyak. Kondisi yang seperti ini sebetulnya tak terlalu berbahaya kok bund, dan umumnya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan. Tetapi, Anda bisa kok mengikis kondisi ini dari kepalanya dengan cara mencuci rambut si bayi tiap hari menggunakan shampoo khusus bayi. Berikan pijatan yang lembut di kepalanya agar sisik tersebut sedikit demi sedikit rontok.

Penting sekali melembabkan kulit bayi

Sangat disarankan sekali agar Anda mengoleskan pelembab bebas wewangian seusai bayi Anda dimandikan, hal yang demikian ini berguna sekali untuk menghindari kulit bayi jadi kering. Produk pelembab jenis krim jauh lebih disarankan daripada lotion. karena pelembab dengan jenis lotion lebih memungkinkan bisa mengiritasi kulit si bayi.

Nah, itulah tadi beberapa cara merawat kesehatan kulit bayi baru lahir yang bisa Anda terapkan di rumah ya bund. Semoga informasinya bisa bermanfaat dan menginspirasi.



Leave a Reply