_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Jadwal Resep MP-ASI Untuk Bayi Usia 8 – 9 Bulan Dan 10 – 12 Bulan



Resep MP-ASI – Mengenalkan bayi dengan makanan pendamping ASI tentu tidak boleh serta merta dan semena – mena karena di usianya yang baru mengenal makanan lain selain ASI, bayi tentu memiliki kemampuan pengenalan yang berbeda – beda pada masing – masing rentang usia. Bayi usia 8 – 9 bulan tentu memiliki cara pengenalan terhadap makanan yang berbeda dengan bayi usia 10 – 12 bulan.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana menjadwalkan resep MP-ASI untuk bayi usia 8 – 9 bulan dan usia 10 – 12 bulan mengingat pada usia tersebut kemampuan mencerna dan kemampuan mengenal makanan berbeda – beda. Tentu bayi usia 8 – 9 bulan tidak boleh dikenalkan dengan makanan seperti pada bayi yang usianya sudah mencapai 10 – 12 bulan, jika memang anda tidak ingin terjadi apa-apa pada si bayi. Karena itu informasi di bawah ini harus bunda tahu bagaimana jadwal resep MP-ASI yang tepat untuk masing – masing usia tersebut.

Resep MP-ASI

Jadwal Resep MP-ASI Untuk Bayi Usia 8 – 9 Bulan Dan 10 – 12 Bulan

Pada bayi usia 8 sampai dengan 9 bulan, mereka memiliki sistem pencernaan yang semakin kuat dibandingkan ketika usianya masih 6 atau 7 bulan. Anda bisa berikan bubur saring kepada bayi Anda. Pada usia ini Anda bisa berikan bubur dengan pemberian minimal sebanyak 8 sendok setiap kali kegiatan makan. Anda juga dapat kenalkan beberapa jenis bubur misalkan bubur kacang hijau, pudding dari susu dan buah atau biskuit dan masih banyak lagi yang lainnya. Kemudian secara bertahap bisa Anda tambahkan kandungan gizi dalam bubur dengan zat lemak seperti santan, margarin dan minyak kelapa. Lemak dapat menambah kalori makanan juga dapat memberikan cita rasa gurih serta mempertinggi penyerapan vitamin A dan zat gizi lain yang larut didalam lemak.

Agar si kecil tidak bosan, Anda bisa variasikan bahan makanan secara bergantian. Anda bisa tambahkan telur dari daging ayam atau ikan untuk pelengkap bubur yang Anda buat. Pada usia bayi 10 sampai dengan 12 bulan, ia mampu mencerna makanan semi padat berupa nasi tim. Bentuk dan kepadatan dari nasi tim bisa Anda berikan secara berangsur mendekati makanan keluarga. Anda bisa buat nasi tim dari beras dan dilengkapi protein hewani dan nabati. Misalkan Anda tambahkan ikan, telur, tahu, daging ayam tanpa kulit, sayur – sayuran dan yang lain – lain. Tambahkan bumbu alami agar rasanya tidak hambar misalkan mentega, bawang putih, bawang merah, garam dan gula.

Resep MP-ASI

Ketika Anda mengenalkan nasi tim dan lauk ini, ada baiknya Anda berikan secara terpisah. Hal ini untuk mencegah nasinya jadi tidak enak ketika dimakan. Hindari menghangatkan makanan untuk si kecil dengan berulang – ulang karena jika makanan untuk si kecil dihangatkan secara berulang – ulang maka gizinya akan berkurang. Nasi tim ini bisa Anda berikan sebagai makanan utama di pagi hari. Agar ia tidak bosan, makan siangnya bisa Anda berikan bubur kacang hijau atau bubur ubi dan sebagainya. Jangan lupa untuk mengenalkan buah – buahan seperti pisang, jeruk dan pepaya agar si kecil suka dengan buah – buahan yang bergizi ini. Jadi kenalkan si kecil dengan aneka ragam makanan karena perkenalan sejak dini akan berdampak sangat baik untuk kesehatan si kecil ke depannya.

Itulah jadwal resep MPASI untuk bayi usia 8 – 9 bulan dan 10 – 12 bulan yang sangat disarankan untuk Anda berikan pada bayi kesayangan anda. Semoga informasi yang sudah kami bagikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda semua.



Leave a Reply