_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Cara Tepat Mengatasi Pilek Pada Bayi



Sistem daya tahan tubuh atau imunitas pada bayi yang masih belum sempurna sehingga membuat bayi lebih rentan alami berbgai macam penyakit, salah satunya yang paling umum menyerang si bayi adalah pilek. Kurang lebihnya ada sekitar 200 jenis virus yang bisa jadi penyebab utama pilek pada bayi. Untuk itu diperlukan cara tepat mengatasi pilek pada bayi agar ia tak terlalu lama menderita penyakit tersebut.

Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwa pilek yang dilanda bayi umumnya ditandai dengan keluarnya cairan berwarna jernih dari hidungnya yang nanti bisa berubah jadi kekuningan atau pun kehijauan setelah kurang lebih 1 minggu. Jika bayi Anda pilek, kemungkinan juga akan disertai dengan batuk – batuk atau pun sedikit demam. Dan yang demikian ini tentu akan semakin menjadikan bayi Anda rewel dan susah makan.

Mengatasi Pilek Pada Bayi

Cara Tepat Mengatasi Pilek Pada Bayi

Sebenarnya pilek dalah salah satu cara menyingkirkan kuman maupun bakteri di dalam tubuh si bayi. Akan tetapi, bila cairan yang muncul terlalu banyak, maka bisa sangat mengganggu pernafasannya. Untuk itu penting sekali mencari cara tepat untuk mengatasi pilek pada bayi yang bisa Anda lakukan di rumah seperti berikut ini :

  • Tempatkan bayi di ruangan tanpa AC. Ini bertujuan untuk mengurangi hidung yang tersumbat akibat pilek. Bayi Anda nantinya akan jadi lebih nyaman di ruangan tanpa AC, gunakan mesin pelembab udara atau pun Anda juga bisa memanfaatkan uap air panas. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial, seperti mentol.
  • Apabila sakit pilek yang diderita bayi Anda dirasa sudah sangat mengganggu, maka Anda bisa mengencerkan lendirnya dengan air garam. Teteskan air garam ke ujung lubang hidung si bayi, kemudian gunakan alat penyedot ingus untuk membersihkan hidungnya.
  • Tepuk secara lembut dan perlahan punggung bayi Anda. Ini berguna sekali untuk bantu ringankan pernafasan yang tersumbat. Setelah itu, baringkan bayi Anda dengan posisi tengkurap di lutut, atau membiarkannya duduk di pangkuan dengan condong ke arah depan.
  • Selain hal tersebut, untuk hindari terjadinya iritasi, maka Anda bisa mengoleskan petroleum jelly pada bagian luar lubang hidung.
  • Anda juga bisa membersihkan cairan hidung atau pun lendir yang mengeras dihidung bayi Anda dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat.
  • Anda juga bisa memberikan bayi teh hangat, tetapi pastikan bayi Anda sudah berusia di atas 6 bulan. Hal yang demikian ini bisa bantu redakan hidung yang tersumbat.
  • Jika memang pilek yang bayi derita sudah cukup parah dan tak kunjung sembuh, ada baiknya segera periksakan bayi Anda ke dokter atau bidan kepercayaan Anda agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Mengatasi Pilek Pada Bayi

Ingat, Jangan Sembarangan Memberikan Obat Pada Bayi!

Jika pilek yang diderita bayi Anda tak mengganggu pola makan atau aktifitasnya, maka Anda tak perlu melakukan tindakan khusus. Selain itu, penting sekali untuk menghindari penggunaan beberapa obat – obatan bebas pada anak dibawah usia 6 bulan, sebab kemungkinan efek samping yang membahayakan. Ada baiknya obat – obatan yang hendak Anda berikan selalu melalui pengawasan dokter atau bidan.

Bila bayi Anda deman, maka segera konsultasikan dengan dokter atau bidan tentang kemungkinan memberikan ibuprofen atau parasetamol. Jangan pernah memberikan obat aspiring pada bayi Anda, sebab ini bisa beresiko sebabkan efek samping yang berbahaya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara tepat mengatasi pilek pada bayi. Semoga bisa bermanfaat.



Leave a Reply