_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/17/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan/resep-mp-asi-bubur-untuk-bayi-6-9-bulan-2/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=200609"}}_ap_ufee

3 Tips Sterilisasi Botol Susu Agar Kesehatan Bayi Tetap Terjaga



Penting nggak sih menjaga botol susu bayi agar steril sebelum digunakan? Jika Anda memang menginginkan bayi Anda sehat selalu, maka tips sterilisasi botol susu penting untuk diterapkan dan dilakukan agar bisa melindungi pencernaan bayi Anda dengan baik. Meskipun tak harus dilakukan setiap kali, akan tetapi pada keadaan tertentu, botol susu bayi Anda perlu disetrilisasikan.

Perlu Anda ketahui terlebih dulu, bahwa bayi baru lahir atau pun yang masih berusia di bawah 6 bulan ini cukup rentan sekali terhadap berbagai penyakit. Sehingga hal yang tak berbahaya bagi orang dewasa misalnya saja, bisa sangat membahayakan bagi nyawa bayi Anda.

Tips Sterilisasi Botol Susu

Nah, botol yang tidak disterilisasikan terlebih dulu ternyata bisa meningkatkan resiko infeksi virus, bakteri, dan parasit di saluran pencernaan bayi Anda. Dan yang demikian ini sudah pasti bisa sebabkan muntah dan diare. Sterilisasi botol susu bayi wajib dilakukan, khususnya jika air yang digunakan untuk mencuci botol susu tak terjamin kebersihannya, atau jika bayi Anda sedang sakit, serta jika botol susu tersebut baru Anda beli dari pusat perbelanjaan atau supermarket.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada Anda tentang 3 tips sterilisasi botol susu agar kesehatan bayi tetap terjaga dengan baik, sehingga bayi Anda pun bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang membahayakan.

3 Tips Sterilisasi Botol Susu Agar Kesehatan Bayi Tetap Terjaga

Menggunakan mesin steril listik

Tips yang pertama ini hanya butuh waktu setidaknya 8 – 12 menit. Apabila botol susu disimpan ke dalam wadah tertutup setelahnya, maka hasil sterilisasi tersebut bisa bertahan sampai 6 jam. Tempatkan saja botol – botol ini dengan posisi tengkurap supaya steril sepenuhnya. Perlu Anda tahu bahwa sebagian besar mesin sterilisasi bisa mensterilkan 6 botol sekaligus, juga ditambah tempat untuk komponen yang lain, seperti dot. Akan tetapi mesin tersebut tak diperuntuhkan untuk mensterilkan pompa ASI.

Menggunakan microwave

Lalu untuk tips satu ini umumnya hanya butuh waktu 90 detik saja, dan ini tentu jadi salah satu tips paling singkat untuk mensterilkan botol susu bayi Anda. Pastikan terlebih dulu tutup botol sudah terbuka ketika akan dimasukkan sehingga tak mengakibatkan terjadinya penumpukan tekanan di dalamnya. Selain hal tersebut, Anda juga bisa meletakkan steamer untuk microwave, dan ini akan butuh waktu sekitar 3 – 8 menit. Hasil sterilisasi dengan tips ke-2 ini bisa bertahan hingga 3 jam bila botol susu diletakkan dalam wadah tertutup.

Tips Sterilisasi Botol Susu

Dengan merebus botol susu

Tips yang terakhir adalah dengan merebus botol susu bayi Anda. Tips ini jadi salah satu cara yang paling umum dilakukan para orang tua untuk mensterilkan botol, sebab dianggap paling mudah dan tak butuh teknik khusus untuk melakukannya. Panaskan terlebih dulu air ke dalam panci sampai mendidih, lalu masukkan semua botol susu ke dalam panci. Diamkan selama 5 – 10 menit, angkat dan keringkan dengan handuk bersih.

Setelah botol susu bayi Anda sudah disterilkan, silahkan cuci bersih tangan Anda sebelum merangkai kembali bagian botol susu bayi Anda. sterilisasi botol susu ini disarankan agar tetap dilakukan sampai bayi Anda berusia minimal 1 tahun dan dalam kondisi – kondisi tertentu. Dengan begitu, maka kesehatan bayi anda akan selalu terjaga dan ia akan terhindar dari berbagai virus yang bisa saja menyerang.

Nah, demikian tadi informasi tentang 3 tips sterilisasi botol susu agar kesehatan bayi tetap terjaga. Semoga informasi yang sudah kami bagikan diatas bermanfaat.



Tulis Komentar