_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Cara Ampuh untuk Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Perut kembung pada orang tua saja rasanya menyiksa. Apalagi jika terjadi pada bayi. Dia akan terus menerus merasa tidak nyaman sehingga rewel dan mudah marah. Perut kembung ini sebenarnya sangat rentan terjadi karena usia bayi yang masih belia dan kondisi tubuhnya yang belum sempurna. Bagian pencernaan masih sangat sensitif. Bahkan banyak bayi usia 4-6 bulan yang beberapa kali mengalami kembung. Meskipun perut kembung tidak dianggap sebagai gangguan serius karena tidak dikategorikan sebagia penyakit, perut kembung pada bayi harus segera dicarikan solusinya agar si kecil bisa istirahat dengan tenang dan tidak rewel lagi.  Ada berbagai macam cara yang bisa anda coba, antara lain:

  1. Mengatur dot yang sesuai dengan bayi

Masalah perut kembung dan buang gas secara trus menerus yang terjadi pada bayi sebenarnya hampir sama cara mengatasinya. Ini dikarenakan bayi yang mengalami kembung juga sedang dalam kondisi bermasalah dengan gelembung gas pada tubuhnya. Gelembung gas itu masuk ke perut bayi dalam jumlah yang berlebihan. Nah, tips pertama agar bisa segera mengurangi gelembung gas tersebut adalah dengan mengatur agar ukuran dot si kecil ukurannya pas dengan mulutnya. Jika ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil, itu akan memperparah keadaan kembung pada buah hati.  Selain itu, agar tak banyak gas yang ikut masuk saat bayi minum dengan dot, usahakan untuk memilih dot dengan lubang yang besar sehingga akan lebih cepat susu mengalir dan bayi lebih cepat selesai minumnya. Jangan sekali-kali membiarkan bayi memasukkan dot saja tanpa mau minum air susunya. Ini juga akan menambah gas yang mengakibatkan kembung. Satu hal lagi berkaitan dengan dot atau botol susu yang sering diabaikan oleh para ibu. Ibu harus memastikan bahwa posisi botol saat digunakan untuk minum oleh bayi harus di atas mulut bayi. Terkadang justru para ibu membiarkan saja posisi botol apa adanya tanpa mengatur terlebih dahulu.

  1. Memijat Bagian Punggung

Sebagai langkah tambahan untuk segera mengatasi kembung pada bayi, anda bisa memijat punggung bayi dengan halus. Beri sdikit tekanan saja. agar lebih licin, anda bisa menggunakan minyak telon yang sekaligus dapat menghangatkan tubuh si kecil. Ingat, saat memijat jangan seperti memijat orang tua. Lakukan cara ini selama beberapa menit saja untuk membantu agar gas dalam perut segera terdorong keluar. Jika takut salah urut, anda bisa menggunakan cara lain yaitu menepuk bagian punggung bayi. Ingat jangan terlalu kencang. Lakukan secara pelan saja selama satu hingga dua menit saja. Cara ini terbukti efektif untuk segera mengusir kembung dari buah hati.

  1. Memijat Perut Bayi

Jika anda sedikit kesulitan untuk memijat punggung bayi karena dia belum tengkurap atau justru terlalu aktif, anda bisa memilih untuk memberikan pijatan pada bagian perut saja. Caranya hampir sama seperti bagian punggung. Anda bisa menggunakan minyak pijat, minyak telon, atau minyak kayu putih. Saat melakukan pijatan ini usahakan untuk mengajak bayi berinteraksi juga. jika dia tertawa dia akan mengeluarkan gas apalagi saat dia sudah bisa sendawa. Ini tandanya gas sudah mulai dikeluarkan dari dalam perut.

  1. Mandi dengan Tepat

Tahukah anda bahwa mandi dengan air hangat untuk bayi sangat disarankan? Ini bukan hanya tentang menjaga bayi dari kedinginan. Mandi dengan air hangat adalah salah satu cara untuk mengatasi kembung pada bayi. Saat bayi kembung, janga sampai ia mandi lebih dari jam 17.00. Ini akan menambah buruk kondisi buah hati. Selama perut bayi masih dalam kondisi kembung usahakan agar ia memakai pakaian yang hangat dan tambahkan penghangat badan dengan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian perut, punggung, dan dada. Usahakan untuk tidak usah menggunakan AC terlebih dahulu. Jika cara ini dilakukan, kondisi kembung pada bayi akan segera normal kembali.

  1. Mengusahakan Posisi Benar saat Menyusui

Bukan hanya melalui dot saja, menyusu langsung pada ibunya juga memiliki kemungkinan untuk memicu perut kembung pada bayi. Tentu saja hal ini terjadi bukan setiap kali menyusu pasti anak akan kembung. Hanya pada saat posisi menyusu salah saja, bayi memiliki kemungkinan besar menghisap gelembung gas secara berlebihan bersama dengan dia menghisap ASI. Untuk segera mengatasi kesalahan saat menyusu dan tidak lagi menyebabkan kembung pada bayi, anda bisa mengganti posisi menyusui agar lebih aman. Caranya, posisi kepala bayi harus berada lebih tinggi dari bagian badannya. Usahakan bayi untuk memasukkan puting ke mulutnya hingga bagian bawah puting juga. Jangan hanya mengambil sebagian saja. Ini dapat memicu masuknya gas tidak penting ke perut bayi sehingga menjadi perut kembung.

  1. Memberi minum Air Hangat

Langkah yang k enam ini paling cocok digunakan untuk mengatasi kembung pada bayi yang sudah diizinkan untuk mendapatkan asupan lain selain ASI. Dengan kata lain ini untuk bayi usia enam bulan ke atas. Memberikan air hangat kepada si kecil terbukti ampuh agar ia bisa sendawa dan mengeluarkan gas yang tidak penting dari dalam perutnya.

  1. Kompres Perut Bayi

Jika biasanya anda mengompres bayi saat ia sedang demam, kali ini anda harus melakukannya karena bayi kembung. Caranya hampir sama seperti yang biasa anda lakukan. Gunakan air hangat dan handuk yang sudah dibasahi dengan air tersebut. Lalu tempelkan handuk pada bagian perut si kecil. Biarkan hingga beberapa saat. Cara ini akan menghangatkan bagian perut dan mengusir gas yang berlebihan pada si kecil. Lakukan cara ini pada saat si kecil sedang tidur sehingga dia tidak akan berusaha untuk memindahkan kain untuk mengompres itu. Saat dia sudah bangun anda bisa memintanya untuk tengkurap agar membantu gas lebih cepat keluar.

Sudah tahu cara mengatasi perut kembung. Namun, masih ada beberapa orang tua yang bingung karena belum paham benar, sebenarnya ciri seperti apa yang ditunjukkan bayi saat perutnya kembung? Tandanya sangat mudah dikenali. Meskipun bayi belum bisa bicara, dia akan menangis saat hal buruk terjadi padanya. Rewel itu juga biasanya diikuti dengan buang angin yang terus menerus. Selain itu anda juga bisa mengecek kondisi perutnya. Jika kondisi perutnya lebih keras dari biasanya saat dipegang terutama setelah makan, bisa dipastikan bayi memang sedang mengalami kembung.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk para orang tua yang sedang bingung karena buah hati tercinta sedang mengalami kembung. Tidak perlu risau karena kembung bukanlah hal yang parah atau berbahaya. Hanya perlu melakukan beberapa perbaikan saja pada cara merawat bayi agar kembung segera teratasi dan tidak akan kembali lagi. Caranya juga sangat mudah untuk dilakukan oleh ibu atau orangtua.



Tulis Komentar