_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2016/12/","Post":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/","Page":"https://lifeblogid.com/search/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/perkembangan-janin-di-rahim-ibu/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199954"}}_ap_ufee

Proses Tumbuh Kembang Janin di Rahim Ibu Selama Trimester Pertama

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Hamil adalah momen yang sangat ditunggu oleh setiap pasangan suami dan istri. Rasanya akan sangat membahagiakan saat kabar ini bisa diterima oleh seorang calon ayah dan ibu. Biasanya ayah dan ibu juga ingin tahu setiap perkembangan terbaru dari janin yang ada di rahim ibu. Saat ini memang sudah ada berbagai teknologi canggih yang dapat menunjukkan perkembangan bayi bukan hanya setiap bulan saja, bahkan bisa setiap minggunya. Namun, ini akan menambah biaya yang banyak. Lebih baik anda menggunakan cara lain saja. Berikut ini akan dijelaskan tahap-demi tahap perkembangan janin di dalam rahim ibu terutama selama trimester pertama.

perkembangan-janin-di-rahim-ibu

  1. Minggu Pertama

Saat masih minggu pertama kehamilan anda sebenarnya belum bisa disebut hamil. Pada minggu pertama ini yang terjadi barulah proses bertemunya sel telur dan sperma di rahim ibu. Bentuknya belum bisa disebut sebagai janin karena masih baru akan terbentuk. Sperma yang jumlahnya jutaan akan mencari sel telur di saluran sel telur. Saat sel telur sudah dibuahi oleh sperma dan satu-satunya hasil pembuahan yang mampu masuk ke indung telur itulah yang kemudian akan terbentuk calon bayi yang selnya sudah lengkap. Disebut lengkap karena jumlah kromosom sudah memenuhi syarat untuk terbentuk menjadi embrio.

  1. Minggu Kedua

Di minggu kedua kehamilan anda juga belum bisa memastikan diri bahwa anda hamil. Pada minggu ini baru terjadi proses pembelahan oleh sel telur yang sudah bertemu dengan sperma di minggu pertama. Akan ada 32 sel hasil pembelahan selama 30 jam berturut-turut yang masuk menuju ke lubang falopi. Pembelahan akan terus terjadi hingga hasilnya dapat membuat blastocyst agar menempel dengan tepat dan kuat pada endometrium.

  1. Minggu ketiga

Belum ada perbedaan signifikan yang anda rasakan pada minggu ketiga proses tumbuhnya janin di rahim anda. Saat masuk ke minggu ketiga, ratusan sel telur yang merupakan hasil pembelahan dari sel telur dan sperma yang sudah bertemu di awal minggu akan menempel di dinding rahim. Jika dilihat dengan USG ini belum terbentuk embrio. Masih dalam bentuk seperti gumpalan darah yang ada pada rahim ibu. Ukurannya juga sangat kecil dan sangat sulit untuk dideteksi oleh ibu perihal keberadaannya.

  1. Minggu keempat

Minggu keempat sama saja dengan satu bulan usia kehamilan. Beberapa orang sudah dapat memahami keberadaan calon bayi di perutnya. Tak jarang yang masih belum juga menyadarinya. Padahal minggu keempat adalah saat yang tepat untuk melakukan tes kehamilan. Biasanya hasilnya akan positif. Ini tentu berbeda dengan minggu sebelumnya. Terkadang saat usia belum satu bulan, hasil tes kehamilan menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Saat memasuki minggu keempat hasil akan lebih akurat karena hormon kehamilan sudah mulai diproduksi.

  1. Minggu ke Lima

Saat minggu kelima,  kehamilan sudah benar-benar bisa dipastikan. Bukan hanya hormon saja yang sudah diproduksi tubuh. Sudah ada tiga lapisan yang terbentuk pada rahim ibu. Masing-masing lapisan adalah bakal organ tubuh bagi si buah hati. Seiring dengan bertambahanya usia, lapisan itu akan terbentuk menjadi sistem syaraf, otak, tulang, jantung, usus, hati, dan organ vital tubuh lainnya. Produksi hormon yang sudah semakin banyak, akan mempengaruhi sikap atau emosional wanita. Pada minggu kelima ini, morning sickness sudah mulai terjadi.

  1. Minggu ke Enam

Di minggu keenam calon buah tumbuh di rahim anda dengan kondisi jantung yang sudah terbentuk. Kepala juga mulai terbentuk. Saat anda melakukan USG di minggu keenam anda akan bisa melihat lebih jelas bentuk calon buah hati anda. Calon kaki dan tangan sedikit terbentuk meskipun masih sangat kecil. Untuk bagian organ dalam tubuh bukan hanya jantung saja yang sudah dimiliki janin, sistem pencernaan dan pernafasan juga sudah mulai terbentuk meskipun belum secara sempurna. Morning sickness akan menjadi semakin parah saat memasuki minggu keenam. Bukan hanya itu saja, nafsu makan juga akan turun sehingga seorang ibu hamil muda akan mengalami penurunan berat badan jika asupan makannya tidak segera diperbaiki. Semua itu adalah dampak dari semakin membesarnya ukuran si kecil dan juga kondisi hormon ibu hamil.

  1. Minggu ke Tujuh

Di minggu ketujuh anda mungkin sudah bisa mendengar detak jantung janin dalam kandungan anda karena jantungnya sudah dibelah mejadi dua. Ada bilik kanan dan bilik kiri. Selain itu paru-paru yang juga bentuknya dibagi jadi dua bagian juga sudah terbentuk meskipun ukuran janin masih sangat kecil seperti layaknya kacang kedelai. Jika jatuh saja mungkin anda tidak bisa mnemukannya lagi.

  1. Minggu kedelapan

Setelah dua organ vital yaitu jantung dan paru-paru terbentuk, janin akan mulai menunjukkan bagian panca indranya. Minggu ke delapan, semua panca indra akan mulai terbentuk. Bahkan jika anda mencoba melihatnya dengan USG, akan ada hidung, mata, bibir, telinga dan lidah yang membentuk lakukan. Akan tetapi jangan berharap anda sudah mulai bisa membayangkan akan mirip siapa wajah si kecil. Tentu hal ini belum bisa dideteksi dengan baik. Panca indranya masih dirancang agar tumbuh dengan baik dan tidak ada yang cacat. Organ yang semakin lengkap tentu membuat perut terlihat mulai sedikit membesar.

  1. Minggu kesembilan

Memasuki usia kesembilan minggu atau kurang lebih dua bulan, janin sudah mulai memberikan tanda-tanda keberadaannya. Bukan hanya perut ibu yang buncit dan payudara yang membesar. Usia kesembilan minggu akan membuat ibu merasakan gerakan-gerakan halus di dalam perutnya. Memang belum sering dan tidak begitu terasa akan tetapi momen ini rasanya sangat menyenangkan bagi ibu apalagi yang masih menanti anak pertamanya. Detak jantung juga semakin terdengar  karena jantung sudah sempurna. Ada 4 sekat yang akan bekerja sperti pada orang dewasa.

  1. Minggu ke Sepuluh

Jika di minggu-minggu sebelumya belum ada perubahan fisik secara drastis, anda akan mulai merasakannya sejak minggu ke sepuluh. Saat itu bayi akan memiliki panjang dan berat yang meningkat lebih banyak dari sebelumnya. Kondisinya akan sedikit aneh jika dilihat di USG karena kepalanya terlihat lebih besar dari bagian tubuh lainnya. Jadi, jangan kaget saat anda melihatnya.

  1. Minggu kesebelas

Gerakan janin akan semakin terasa karena tulangnya makin keras. Beratnya juga sudah mecapai kurang lebih setengah ons.

  1. Minggu keduabelas

Ini adalah akhir dari trisemseter pertama kehamilan. Pada usia ini janin sudah terlihat hampir sempurna. Sangat disarankan orangtua melakukan USG di usia tiga bulan kehamilan demi mencegah terjadinya gangguan pada janin.

Itulah tadi perkembangan janin di awal trisemester. Pembentukkan berbagai macam organ sudah dimulai. Minggu berikutnya, tinggal proses penyempurnaan saja.Rasanya memang akan sangat membahagiakan jika bisa tahu setiap perubahan pada calon buah hati.



Tulis Komentar