Cara Sehat Merawat Bayi di Tahun Pertamanya

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Seorang anak memang sangat berhutang banyak kepada ibunya yang tidak akan pernah bisa dibayar dengan apapun. Perjuangan seorang ibu bukan hanya saat masa kehamilan dan bersalin saja. Setelah ia melahirkan si buah hati, masih ada perjuangan panjang lagi untuk memastikan kesehatan dan perkembangan buah hati tercinta berjalan normal. Tentu perjuangan itu bukan seperti para pahlawan dulu. Perjuangan itu dapat dilakukan dengan beberapa cara sehat merawat bayi di tahun pertamanya yang akan dibahas di artikel ini. Selamat membaca.




Bagaimana tips merawat bayi di masa tahun pertamanya?

Masa pertama bayi adalah masa yang lebih rawan dibandingkan dengan tahun-tahun berikutnya. Di usia ini bayi baru saja mengenal berbagai lingkungan. Bagian tubuhnya memang terlihat sudah lengkap akan tetapi pertahan tubuhnya belum sempurna. Masih sangat membutuhkan kehadiran ibunya untuk menjaga segala sesuatu. Nah, untuk para ibu berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk merawat bayi agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan, antara lain:

  1. Mencuci Tangan

Beberapa ibu suka tergesa-gesa saat mendengar anaknya menangis. Ia biasanya langsung saja menghampiri bayi dan menggendongnya. Padahal dia baru saja melakukan aktifitas yang membuatnya kotor. Mungkin secara kasat mata tidak ada kotoran pada baju atau tangan ibu. Padahal kuman pasti ada di tangan ibu setelah menyentuh barang-barang tertentu. Hanya saja tidak bisa dilihat secara kasat mata. Hal ini seharusnya tidak boleh dilakukan terutama saat usia bayi masih kurang dari satu tahun. Kuman sangat mudah masuk ke tubuhnya. Jadi, pastikan benar anda atau siapapun yang ingin berdekatan dan menyentuh si kecil harus dalam keadaan bersih. Jika tidak mau cuci tangan gunakan gel pembersih tangan atau hand sanitizer.

  1. Menjaga Kebersihan

Faktor utama kesehatan siapa saja termasuk bayi adalah kebersihan lingkungannya. Untuk orang dewasa sistem imun sudah terbenetuk. Berbagai macam kuman sudah bisa diatasi oleh tubuh. Hal ini tentu berbeda dengan bayi yang sistem imunnya masih belum mengenal banyak kuman. Pastikan lingkungannya bersih dan terhindar dari berbagai macam kuman. Hal ini sangat penting diperhatikan saat bayi sudah mulai menginjak usia dua bulan. Di usia itu bayi sudah mulai mau memegang apa saja dan memasukkannya ke mulut. Tak jarang juga dia menggigit tangannya sendiri. Jika tangannya sudah menyentuh barang-barang yang ada kumannya, tentu akan menimbulkan penyakit.  Oleh karena itu membersihkan setiap benda yang ada disekitar bayi adalah hal wajib.




  1. Menghindarkan dari Asap Rokok

Bukan hanya masalah kuman, selama masih bayi bahkan seterusnya asap rokok harus dihindarkan dari anak anda. Pastikan anda memiliki rumah yang bebas asap rokok untuk memastikkan kesehatan pernafasan dan organ vital lainnya pada si buah hati. Anda tentu tahu bahaya perokok pasif yang usianya sudah dewasa. Lalu, bagaimana jika perokok pasif itu masih bayi yang lemah? Tentu akan lebih berbaya dan mematikan.

  1. Mengurangi Waktu Bermain di Tempat Umum

Saat anak sudah mulai bisa merangkat atau duduk, banyak ibu yang sudah ingin mengajaknya jalan-jalan dan berinteraksi dengan orang di luar keluarganya. Ibu biasanya mengajak si kecil unutk bermain di tempat umum. Hal ini tentu baik asalkan tidak terlalu sering dilakukan. Banyak sekali anak berusia di bawah satu tahun yang mengalami gangguan kesehatan karena kuman yang berasal dari tempat bermain . Meskipun terlihat bersih, tempat umum dipakai oleh banyak orang yang berasal dari berbagai macam kalangan. Tidak semuanya bersih, ada yang membawa kuman penyakit secara tidak sengaja. Kuman itulah yang dikhawatirkan menempel pada si kecl jika terlalu sering bermain di tempat umum. Kuman tidak selalu terbawa karna si kecil memegang bnda tertentu. Ada yang dibawa oleh angin dan masuk melalaui sistem pernafasan. Sangat berbahaya bukan?

cara-sehat-merawat-bayi

  1. Memastikan Kebersihan Makanan

Bagi anak yang sudah makan saat usianya lebih dari 6 bulan, ibu harus memperhatikan kebersihan makanannya. Tidak boleh makanan yang mengandung bahan-bahan pengawet, pewarna, atau pemanis buatan. Ada baiknya di awal masa bayi mulai makan berikan saja buah dan sayur terlebih dahulu sebagai pengenalan agar lambungnya tidak kaget. Pastikan semua dicuci dengan bersih. Bukan hanya makanannya saja, tempat makan dan botol minum harus dicuci bersih agar tidak ada kuman yang masih menempel dan masuk ke tubuh bersama makanan atau minuman.

  1. Memberikan Makanan yang Bergizi

Salah satu hal yang juga sangat penting dalam menentukan kesehatan dan pertumbuhan si kecil adalah makanan. Bukan hanya makanan untuk bayi yang dia makan secara langsung, melainkan makanan ibunya juga. Apalagi saat bayi hanya minum ASI saja, pastikan anda memberikan makanan yang bergizi dan dapat memenuhi setiap mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh si kecil untuk tumbuh dan terus sehat. Misalnya saja kebutuhan akan zat besi, protein, vitamin C, cairan, dan masih banyak lagi. Makan makanan yang berserat dan juga yang dapat menambah produksi ASI. Jangan sampai bayi kekurangan ASI dan nutrisi. Jika berat badannya turun, anda perlu lakukan evaluasi terhadap makanan dan ASI.

  1. Istirahat yang Cukup

Setelah makanan, istirahat juga harus diperhatikan. Bayi yang memiliki masa tidur yang cukup bisa lebih sehat karena sistem kekebalannya terbangun lebih baik. Selain itu, saat bayi sedang tidur, saat itulah tubuhnya membentuk sel-sel baru dalam tubuhnya. Waktu yang efektif yang dibutuhkan bayi untuk istorahat setiap hariya adalah 16 hingga 18 jam. Jumlahya memang terdengar sangat banyak tapi itulah yang baik berdasarkan penelitian. Jika bisa memenuhi waku itu, sitem imunitas bayi akan terjamin. Jadi, pastikan agar bayi bisa istirahat dengan nyenyak selama itu.

  1. Memastikan ASI Ekslusif

Jangan pernah berharap pada susu formula. Meskipun anda bekrja, lebh baik tetap memberikan ASI ekslusif setidaknya selama dua tahun. Selain menjadi makanan dan minuman bagi ibu, ASI adalah yang terbaik untuk membangun sitem imun, mencegah sembelit dan berbagai jenis penyakit lainnya saat anda sakit flu atau demam, ASI sebenarnya sudah cukup untuk menjadi obat bagi buah hati. Apalagi saat awal kelahiran si kecil. Ada ASI terbaik yang diproduksi ibu. ASI itu mengandung kolostrum yang kandungan vitaminnya sangat sempurna untuk bayi.

  1. Melakukan Imunisasi

Di indonesia sendiri sudah ada berbagai macam imunisasi yang diwajibkan oleh pemerintah. Semua imunisasi itu harus dilakukan dengan tepat waktu dan tidak ada yang boleh dilewatkan oleh ibu. Imunisasi itu terbukti mampu mencegah berbagai macam penyakit berbaya dan mematikan. Jadi, jangan sekali-kali mengabaikan.

Nah, sudah jelas bukan tips agar bayi sehat saat usia nya masih satu tahun ke bawah. Makanan, kebersihan, dan vaksinansi adalah hal yang sangat menunjang kesehatan maupun pertumbuhan buah hati. Jangan sampai anda menyesal karena mengabaikan salah satu dari ketiga hal tersebut.

Tulis Komentar