_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

Normal Kah Bayi Cegukan Setelah Minum ASI

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Banyak ibu yang baru melahirkan anak pertamanya yang menemukan hal-hal baru dan tentu terkadang membuatnya khawatir, salah satu hal yang paling biasa ditemui pada awal kelahiran bayi di umur yang masih sangat muda yaitu bayi yang mudah cegukan setelah diberi ASI. Banyak sekali pertanyaan apakah normal jika bayi cegukan setelah minum ASI? Sebetulnya, masalah cegukan pada bayi tidaklah hal aneh lagi, karena bayi cegukan memang tergolong normal apalagi jika bayi yang baru lahir. Akan tetapi yang perlu anda waspadai jika bayi mengalami cegukan dalam waktu satu jam sekali, ini mungkin ada sesuatu seperti alergi pada ASI atau hal lain yang perlu dikonsultasikan dengan dokter anak.

Selain itu, jika cegukan pada bayi dibarengi dengan muntah, mungkin ini bukan hal yang biasa, anda perlu untuk mengkonsultasikannya pada dokter agar tahu penyebabnya. Yang perlu anda ketahui saat ini adalah, menjaga kesehatan tubuh anda dan memperbaiki gizi makanan agar asi selalu lancar dan sehat. Karena bisa saja faktor asi yang membuat bayi menjadi cegukan berkali-kali atau bahkan muntah. Akan tetapi biasanya cegukan pada bayi hanya dibiarkan saja, beberapa menit kemudian hilang sendiri, jangan pernah mengunakan cara-cara konyol dengan menepuk bayi, atau bahkan menggeilitikinya agar cegukan tersebut hilang, karena melakukan hal tersebut sangatlah bahaya.

Lalu apa yang seharusnya ibu lakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi? Nah, sebetulnya simpel sekali untuk menghilangkan atau mencegah bayi dari cegukan yang berlebihan, yang perlu anda ketahui adalah memantau si bayi ketika sedang minum asi, karena bisa saja bayi yang sedikit aktif membuat pencernaanya terganggu dan membuatnya cegukan, anda perlu memastikan apakah sibayi menyusui dengan perlahan atau tidak. Anda perlu mengelus-elus si bayi ketika sedang minum ASI karena sentuhan dari ibu akan membuatnya nyaman dan tenang ketika sedang menyusui, dan tentu bayi tidak akan merasakan cegukan yang berlebihan setelah selesei minum asi.

Cara yang lain, jika anda sering menggunakan posisi menyusui dan ternyata si bayi sering cegukan, maka cobalah untuk mengubah posisi anda yang berbeda dari biasanya. Karena bisa saja cara menyusui yang salah menyebabkan bayi menjadi cegukan. Ketika anda merubah cara menyusui tentu anda harus membuatnya tenang dan nyaman. Anda peluk-peluk dan sentuh tangan bayi, hingga bayi terasa nyaman, bayi yang merasakan nyaman ketika sedang menyusui biasanya tidak rewel dan cenderung lebih mudah ngantuk atau tertidur, anda bisa menggunakan cara tersebut untuk menghindari bayi dari cegukan. Selain itu anda bisa juga memegang dahinya pelan-pelan agar bayi terasa nyaman.

Menjadi seorang ibu harus betul-betul mengetahui kondisi si kecil dari mulai kelahirannya hingga di umur selanjutnya, karena bayi di umur-umur yang masih baru tentu membutuhkan perhatian khusus untuk mengetahui tumbuh kembangnya. Apalagi jika masih membutuhkan ASI. Asi memang menjadi makanan utama si bayi mulai dari lahir hingga umur 1-2 tahun. Akan tetapi terkadang ibu mengalami kendala ketika harus memberikan asi kepada si bayi, kendala yang paling sering muncul adalah cegukan pada bayi setelah minum asi. Karena biasanya pencernaan yang tidak sempurna pada bayi bisa menyebabkan cegukan, oleh karena itu diharapkan ibu ketika sedang menyusui untuk tenang tidak banyak bergerak karena ini bisa menjadi faktor pembuat bayi cegukan.

bayi cegukan

Bayi cegukan memang tidaklah hal yang fatal, karena menurut dokter cegukan pada bayi adalah hal yang normal, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika sedang memberikan asi pada si buah hati. Jangan sampai memberikannya terlalu banyak, karena bisa menyebabkan muntah dan cegukan berlebihan pada bayi. Jika memang bayi cegukan hampir perjam sekali, ini berarti bukan hal yang biasa, segeralah untuk membawanya ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dari masalah tersebut, karena bisa saja si bayi mengalami masalah dari sumber protein asi dari ibu yang tidak cocok untuk dikonsumsi sehingga mengalami alergi atau masalah lain.

Jika memang seperti itu, maka ini adalah tugas utama ibu untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatanya agar memproduksi asi secara sempurna. Ibu setelah melahirkan bayi biasanya dianjurkan untuk melakukan diet, agar produksi asi menjadi lebih baik, oleh sebab itu ibu yang memiliki berat badan yang terlalu berat disarankan untuk melakukan diet ketika sedang menyusui bayi, karena bisa saja menjadi faktor ketidaknyaman bayi dalam mengkonsumsi asi. Cegukan memang tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja, sehingga, ibu harus siaga 24 jam untuk menjaga si buah hati agar tetap tertib dalam mengonsumsi asi dan tidak keseringan mengalami cegukan yang berlebihan.

Selain itu, jangan sampai anda memberinya obat apotek atau apapun yang sangat tidak dianjurkan untuk bayi, tanpa prosedur dokter. Oleh sebab itu mungkin ada yang merasa risih jika melihat bayi yang sering mengalami cegukan sehingga ingin cepat-cepat menghilangkannya dengan cara yang instan tanpa konsultasi dengan dokter. Cara ini tentu tidak disarankan karena justru malah berbahaya, anda sebaiknya jangan gegabah dalam melindungi si buah hati, karena sedikit kelalaian yang ibu lakukan bisa menyebabkan kondisi yang fatal. Segeralah untuk bertindak yang rasional dan tidak berburu-buru, untuk mendapatkan penanganan yang baik terhadap si kecil. Jika anda ingin si kecil tetap ceria dan sehat.

Cegukan pada bayi baik di umur yang masih sangat muda hingga di usia 2-6 bulanan memang merupakan hal yang normal saja, biasanya memang ada bayi yang mengalami cegukan dan kemudian muntah, jangan panik dulu ketika mendapati s kecil mengalami hal tersebut, karena bukan berarti dia mengalami penyakit. Jika cegukan dialami setiap hari dan normal, tentu anda tidak perlu panik karena ini hal yang biasa, anda hanya perlu untuk memposisikan cara yang tepat menyusui agar tidak mengalami cegukan, dan cobalah untuk tenang ketika sedang menyusui bayi. Selain itu, jika bayi yang mengalami alergi pada asi, biasanya cegukan berlebihan ditambah rewel dan muntah-muntah, jika hal ini terjadi pada si kecil anda, tentu harus anda segera konsultasikan dengan dokter karena bisa saja mengalami masalah pada pencernaan si bayi.

Ibu yang cerdas pasti mengetahui kondisi si bayi baik dari segi fisik maupun psikis. Jika anda ingin mendapatkan bayi yang sehat dan tidak mudah rewel, maka anda perlu membuatnya tenang dengan memberikan asi yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan. Selalulah untuk memberikan sentuhan hangat pada si bayi agar batinnya tenang dan tidak mudah rewel. Jangan melakukan hal gegabah jika bayi mengalami cegukan, karena ini adalah hal yang biasa, cukup anda tepuk pelan-pelan, dan jangan anda beri asi lagi setelah mengalami cegukan. Biarkan beberapa menit kemudian akan hilang dengan sendirinya.



Tulis Komentar