_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Jauhi Multivitamin Ibu Hamil, Dekati Pola Hidup Sehat



Ada yang bilang bahwa ibu hamil membutuhkan makanan ekstra yang akan memberikan nutrisi yang juga ekstra ke dalam tubuh si ibu yang kemudian diserap oleh janin. Pendapat yang demikian sebenarnya bukanlah mitos belaka. Dalam masa kehamilan ada dua makhluk dalam satu tubuh yang harus dipenuhi nutrisinya. Hal ini membawa masyarakat pada pemikiran bahwa multivitamin ibu hamil adalah satu-satunya jalan agar asupan nutrisi yang dibutuhkan janin dan ibu tercukupi. Anggapan yang demikian biasanya muncul diantara mereka yang selama masa kehamilan kehilangan nafsu makan. Nah, sebenarnya apakah multivitamin itu hanyalah satu-satunya solusi untuk menjamin asupan nutrisi ibu hamil dan calon bayi?untuk mengetahui jawabannya, berikut ini rangkumannya untuk anda.

Apa itu multivitamin?

Nah, sebelum mendapat jawaban antara hubungan multivitamin ibu hamil, akan lebih baik jika anda sudah paham betul yang dimaksud dengan multivitamin. Kata ini tak jarang dan tak asing didengar bagi telinga anda. Multivitamin biasanya berupa pil atau kapsul dengan berbagai macam merek di pasaran. Dari namanya, multivitamin merujuk pada sesuatu (pil) yang dapat dikonsumsi oleh manusia sebagai penambah asupan vitamin.  Biasanya masing-masing jenis vitamin dijual dengan pil yang berbeda. Misalnya saja, ada multivitamin A, B, C dan lain sebagainya. Pembeli bisa menyesuaikan, vitamin apa yang kira-kira dibutuhkan oleh tubuh. Namun, ada pula multivitamin yang memiliki kandungan yang lengkap seperti contohnya multivitamin untuk ibu hamil atau untuk orang yang sedang mengkuti fitness. Bebrapa orang terlanjur percaya bahwa multivitamin adalah sesuatu yang wajib dikonsumsi secara teratur demi terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jauhi Multivitamin Ibu Hamil, Dekati Pola Hidup Sehat

Perlukah mengonsumsi multivitamin ibu hamil?

Sudah paham bukan sebenarnya apa itu multivitamin. Setidaknya anda tidak akan salah dalam membayangkan bentuk dari multivitamin. Nah, sekarang anda tentu sudah tidak sabar untuk mendapat jawaban atas pertanyaan ‘perlukah ibu hamil mengonsumsi multivitamin?’ Jawabannya tidak perlu dengan alasan sebagai berikut ini:

  1. 4 sehat 5 sempurna sudah cukup

Bagi anda para ibu hamil yang sudah merasa mengonsumsi 4 sehat 5 sempurna setiap hari selama masa kehamilan, tidak perlu lagi menambah asupan vitamin dengan multivitamin yang di buat di pabrik. Makanan yang sudah terdiri dari sayur, lauk, nasi, buah, dan susu mampu menjamin kesehatan anda maupun janin dalam kandungan. Justru makanan-makanan tersebut memiliki vitamin yang lebih baik dari yang terkandung pada multivitamin yang dijual dalam bentuk pil. Satu buah saja bisa memberikan berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Tahukah anda bahwa survey di Negara-negara Barat menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi multivitamin tidak menunjukkan kondisi kesehatan yang lebih baik dari mereka yang tidak mengonsumsi multivitamin dan hanya mengandalkan asupan gizi dari makanan yang mereka makan setiap harinya.

  1. Camilan sehat sudah cukup

Jika anda masih ragu akan jumlah nutrisi yang anda dapatkan dari makan wajib anda, tambahlah dengan mengonsumsi camilan sehat. Tidak butuh multivitamin yang aneh-aneh, justru camilan saja cukup membuat anda kenyang terus dan nutrisi juga akan terjamin. Saat anda terus merasa kenyang, anda berarti memiliki energi yang lebih juga. energi itu berasal dari makanan sehat yang sudah jelas kualitasnya. Bukan dari multivitamin yang terkadang sudah diberi bahan kimia campuran. Bahan-bahan sejenis itulah yang dikhawatirkan mampu memberikan efek buruk pada janin jika dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Olahraga sebagai pendukung kesehatan

Nah, anda salah besar jika berfikir bahwa multivitamin ibu hamil adalah satu-satu cara untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungannya. Meskipun anda mengonsumsi multivitamin dengan harga sangat mahalpun, kesehatan tidak akan terjamin tanpa olahraga yang cukup. Daripada membuang uang untuk membeli multivitamin, lebih baik gunakan waktu untuk olahraga yang sudah pasti baik untuk janin dan akan membantu proses persalinan nantinya. Dokter kandungan juga sudah menyatakan bahwa kunci kesehatan ibu hamil bukan terletak pada multivitamin yang dikonsumsi oleh wanita hamil melainkan pada pola hidup sehat. Ini berarti selagi makanan terjaga dan olahraga teratur, tidak perlu risau akan kurangnya vitamin atau apapun yang membahayakan kehamilan.

Bagaimana jika wanita hamil kehilangan nafsu makan?

Bagi anda yang merasa kehilangan nafsu makan dan tidak bisa memaksakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat (4 sehat 5 sempurna) tentu akan tetap ngotot untuk memilih multivitamin saja. Sebenarnya itu tetap bukanlah pilihan yang tepat. Jika akar masalahnya pada nafsu makan, tentu yang harus diselasaikan masalah nafsu makan bukan tentang vitamin. Anda bisa mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan nafsu makan. Salah satunya dengan lebih banyak mengonsumsi makanan yang memiliki aroma sedap yang anda sukai, misalnya saja aroma mint, jeruk, jahe, coklat, atau yang lainnya. Selain itu, anda juga bisa mengambil langkah dengan makan bersama teman-teman atau orang yang anda sayangi. Makan dengan suasana yang ramai akan membuat anda kembali memiliki nafsu makan. Bagi anda yang malas untuk sarapan, tenang saja. Bawalah makanan untuk brunch. Waktu di antara sarapan dan makan siang ini juga sangat cocok untuk memasukkan nutrisi ke dalam tubuh. Jadi, tidak usah mencari multivitamin yang cocok. Lebih baik anda mencari makanan  atau cara yang tepat agar nafsu makan selalu baik.

Adakah efek samping multivitamin ibu hamil?

Masih belum yakin untuk menghindari multivitamin selama masa kehamilan? Mungkin anda akan berubah fikiran jika mengetahui efek sampingnya. Multivitamin seperti yang sudah disebutkan tadi merupakan sumber vitamin yang terbuat dari bahan kimia. Bahan itulah yang dalam jangka waktu yang lama jika dikonsumsi secara terus menerus dapat mengakibatkan gangguan ginjal hinga over dosis. Bukan hanya itu saja, anda yang hilang nafsu makan saat hamil juga akan semakin tidak mau makan setelah beberapa kali mengonsumsi multivitamin. Apalagi bagi anda yang usia kandungannya masih muda, efek ringan seperti pusing, sembelit, nyeri tulang, dan beberapa lainnya juga akan menghampiri anda. Bahkan dampak terburuk yang mungkin terjadi pada ibu hamil adalah kontraksi yang belum waktunya sehingga mengakibatkan keguguran. Sangat ngeri bukan. Tujuan awal untuk menambah asupan vitamin tidak tercapai tapi justru malah membawa diri ke tempat yang berbahaya.

Sekian informasi berkaitan dengan multivitamin untuk ibu hamil. Jika anda sudah merasa mengonsumsi makanan bergizi baik dan menjalankan pola hidup sehat, tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang kesehatan dan nutrisi ibu dan janin. Multivitamin ibu hamil justru malah akan memberikan efek samping jika dikonsumsi dengan kurang tepat atau saat tubuh menolak. Lebih baik memaksa diri untuk makan empat sehat lima sempurna setiap hari daripada memaksa mengonsumsi multivitamin yang harganya mahal tapi tidak terbukti ampuh. Segala sesuatu yang alami tentu lebih baik dan bermanfaat untuk ibu dan janin.



Leave a Reply