_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Secara Efektif

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Untuk bunda yang pertama kalinya baru melahirkan sang buah hati, mungkin masih sangat canggung ketika harus memandikannya. Memandikan bayi di waktu pertama setelah kelahiran dan di minggu-minggu pertama mungkin memang sangat tidak nyaman karena banyak kecemasan yang dialami oleh bunda apalagi ketika sisa tali pusat si buah hati masih menempel alias belum puput. Akan tetapi, ini menjadi tugas yang paling menyenangkan bagi bunda untuk memandikan si buah hati, mulai dari sini bunda akan merasakan pengalaman yang sangat mengesankan pada waktu pertama kali memandikan bayi. Beberapa dokter menyarankan untuk tidak diperbolehkan memandikan bayi yang masih diusia awal dengan cara merendamnya di air hangat dan mengguyur seluruh badan si bayi.

Lalu, bagaiamana cara yang tepat untuk memandikan si buah hati? Dokter juga menyarankan untuk memandikan bayi di awal-awal kelahirannya dengan cara diseka menggunakan waslap. Mungkin akan lebih jelas jika bunda mendapatkan tutorial memandikan mandi yang tepat dan efektif untuk si buah hati, berikut yang bisa bunda lakukan:

Memandikan Bayi Baru Lahir Secara Efektif

  1. Yang pertama kali bunda persiapkan adalah beberapa alat mandi untuk bayi antara lain: baskom ukuran kecil setara tubuh bayi, air hangat yang tidak terlalu panas, sabun dan shampoo bayi, waslap, handuk bayi.
  2. Nah setelah semua dipersiapkan, kini saatnya bunda untuk membuka baju si buah hati secara perlahan, kemudian tutupi tubuh dengan handuk dan dibaringkan pada atas alas anti air.
  3. Selanjutnya, bunda perlu melihat bagian tubuh yang tidak tersentuh air untuk ditutupi dengan handuk agar bayi tidak merasa kedinginan.
  4. Setelah itu, bersihkan bagian kelopak mata si bayi secara perlahan dengan waslap. Sebelumnya waslap harus sudah direndam terlebih dahulu dengan air panas dan diperasnya.
  5. Setelah bagian mata, bunda bisa alihkan ke telinga si bayi dengan cara mengusapnya pelan-pelan telinga bagian luar, kemudian fokus ke bagian leher yang berlipat untuk diusapkan dengan waslap pelan, dan bagian tangan serta kaki si bayi dengan mengusap secara perlahan-lahan dengan waslap yang sudah dibasahi dengan air hangat.
  6. Bunda bisa memberikan shampoo pada si bayi, beri sedikit shampoo pada waslap yang sudah digunakan untuk mengusap tubuh bayi tadi, kemudian diremas hingga keluar busanya, lalu perlahan bunda usapkan pada kepala si bayi dengan hati-hati, mengusap kepala bayi dengan shampoo sebaiknya tidak terlalu lama, cukup sebentar saja kemudian bersihkan waslap dan bilas pelan-pelan dengan waslap yang sudah direndam air dan tidak berbusa.
  7. Untuk membersihkan area sensitif bayi seperti bagian kelaminnya, cukup bersihkan perlahan dari arah depan ke belakang, bersihkan bagian luarnya saja tidak perlu terlalu banyak memberikan busa, karena bisa berbahaya untuk si bayi.
  8. Nah, setelah bunda memandikan seluruh tubuh bayi, usapkan dengan handuk kering sebelum bayi diberi pakaian. Siapkan popok dan baju bayi, lalu pakaikan popok si bayi secara sempurna, gunakan popok tersebut dibawah tali pusat bayi agar tidak menganggu kenyamanan si buah hati.

Kini buah hati anda sudah wangi dan bersih, mudah bukan? Memandikan bayi tidaklah sulit, bagi bunda yang sudah berpengalaman memiliki buah hati, sehingga tidak canggung untuk memandikannya di awal kelahiran si bayi dengan sisa tali pusat yang belum copot. Akan tetapi, ini akan menjadi sebuah tugas berat bagi bunda yang baru pertama kali memiliki bayi, karena bayi yang baru lahir terlihat sensitif dan takut untuk menyentuhnya. Bunda yang baru pertama kali memiliki bayi, sebenarnya tidak perlu khawatir, karena semua bayi yang baru lahir memang terlihatnya lunak akan tetapi sudah siap untuk dimandikan karena kulit bayi diawal kelahirannya tidak seperti yang bunda bayangkan. Oleh sebab itu, cobalah untuk memandikan bayi anda sendiri tanpa harus dimandikan oleh babysister atau orang tua anda, karena sebagai ibu kandung dari si bayi tersebut, tentu memiliki sensasi yang berbeda ketika pertama kali memandikan si buah hati. Tidak perlu cemas khawatir.

Jika bunda masih canggung untuk memandikan bayi, cukup persiapkan mental dengan baik untuk memberanikan diri menyentuh dan memandikan bayi di awal kelahirannya. Tidak perlu cemas, karena pasti nanti bunda akan merasa ketagihan jika sudah mulai bisa memandikan bayi. Pada dasarnya memandikan bayi di usia yang masih sangat muda memang tidak dilarang oleh dokter, justru disarankan dengan cara-cara yang aman tidak seperti memandikan balita atau anak-anak yang sudah berusia lanjut. Bayi yang masih muda tentu diperlakukan secara lembut dan perlahan agar kulit bayi tidak terluka karena kasar dalam mengusapnya. Yang paling penting adalah ketelatenan bunda dalam memandikan bayi.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Secara Efektif

Telaten adalah kunci utama dalam memandikan si buah hati agar selalu bersih, wangi dan aman. Biasanya pada awal kelahiran si bayi, para ibu sudah diberikan tutorial dari bidan atau dokter anak, dimana mereka diajarkan untuk memandikan bayi yang tepat dan efektif, karena memandikan bayi memang terlihat simpel, tapi harus telaten agar tidak terdapat masalah. Tidak perlu harus bersih digosok-gosok seperti halnya memandikan balita umur 2-4 tahun, karena bayi yang baru lahir istilahnya hanya disiben dengan menggunakan waslap. Tidak usah menggunakan sabun yang berlebihan dan memberikan shampoo terlalu banyak, karena cukup sedikit saja sudah sangat efektif untuk bayi.

Memandikan bayi baik bayi yang berkelamin laki-laki atau perempuan memang tidak berbeda, semua sama saja cara memandikannya. Sehingga anda tidak perlu repot dan cemas ketika pertama kali ingin memandikan buah hati anda. Yang terpenting adalah memperlakukan bayi secara lembut, jangan terlalu keras dan terburu-buru, karena ditakutkan nanti ada busa yang mengenai mata si bayi, walaupun sabun atau shampoo bayi tidak pedas jika terkena mata, tapi tentu akan membuat bayi tidak nyaman. Bunda harus percaya diri dan yakin jika akan memandikan bayi, karena satu-satunya orang yang paling dekat dengan bayi adalah ibu kandungnya sendiri, sehingga akan menjadi hal yang mengesankan jika bunda yang menanganinya sendiri dengan cara yang benar.

Memiliki bayi adalah anugrah bagi semua wanita didunia ini yang melahirkan. Akan tetapi tidak semua orang tua di dunia ini yang percaya diri untuk berani memandikan bayi di kali pertamanya bayi terlahir didunia, Biasanya mereka meminta bantuan orang lain seperti baby sister atau orang tua dari ibu tersebut. Nah, jika bunda ingin mendapatkan pengalaman yang mengesankan, cobalah untuk memberanikan diri memandikan bayi dengan tangan bunda sendiri, tidak ada yang perlu dicemaskan karena memandikan bayi tidaklah berbahaya diawal kelahirnnya, selain itu jangan lupa untuk mengikuti tutorial diatas untuk memandikan yang yang efektif agar bayi terasa fresh, bersih, wangi dan aman.



Tulis Komentar