_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2016/12/","Post":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/","Page":"https://lifeblogid.com/search/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/perkembangan-janin-di-rahim-ibu/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199944"}}_ap_ufee

9 Keluhan Ibu Hamil dan Tips Ampuh untuk Mengatasinya

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Kehadiran janin di dalam rahim seorang wanita akan membawa banyak perubahan pada dirinya. Ada yang mendadak jadi lebih pendiam padahal biasanya sangat aktif, ada yang jadi suka ngemil, ada yang malas untuk bekerja dan masih ada berbagai macam perubahan yang ditunjukkannya baik secara fisik maupun tindakan. Nah, dari berbagai perubahan itu, tak jarang wanita hamil mengalami masalah atau keluhan.

Keluhan ibu hamil yang wajar

Berikut ini adalah keluhan yang paling sering diutarakan oleh ibu hamil dimanapun dan juga tips untuk mengatasi setiap keluhan yang ada.

  1. Mual

Tidak ada seorang wanita hamil apalagi yang usia kehamilannya masih awal dan pertama kalinya mengandung tidak mengalami mual. Keluhan ini tidak pernah terpisahkan dari kehamilan setiap wanita. Biasanya mual terjadi di pagi hari atau saat wanita hamil mencium aroma yang menyengat. Ini terjadi karena adanya perubahan hormone pada awal kehamilan sehingga ada reaksi yang diberikan oleh tubuh. Untuk mengatasi keluhan yang pertama ini, sangat disarankan seorang wanita hamil mengonsumsi buah yang segar atau agak asam. Ini akan mengurangi rasa mual. Makan atau minum sesuatu yang berbau jahe atau mint juga bisa dijadikan solusi untuk mengurangi mual di masa kehamilan. Agar hasil yang diharapkan optimal, sarapan adalah waktu yang paling tepat untuk menyantap semua itu. Hindari makanan yang terlalu manis karena dikhawatirkan akan membuat perut semakin mual.

  1. Dada dan Kerongkongan Panas

Pada saat mulai berbadan dua banyak wanita yang mengeluhkan bahwa dada dan kerongkongannya sering teras panas seperti terbakar secara tiba-tiba. Ini juga terjadi karena perubahan hormon yang berpengaruh terhadap kadar asam lambung dalam tubuh. Jumlahnya akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan anda. Asam lambung yang tinggi ini terdorong ke dada dan kerongkongan sehingga terasa sangat panas. Untuk mengatasinya ibu hamil harus menghindari bebrapa makanan yang dapat meningkatkan asam lambung dengan cepat seperti makanan pedas, soda, dan asam. Makanan itu akan meningkatkan jumlah asam lambung yang sudah meningkat dalam tubuh anda. Selain itu, usahakan untuk tidak membiarkan perut dalam keadaan kosong. Tidak masalah untuk makan beberapa kali sebagai cemilan saja.

  1. Keputihan

Masalah lain yang terjadi saat masa kehamilan adalah keputihan. Ada keputihan yang sifatnya wajar ada pula yang dianggap membahayakan wanita dan janinnya. Keputihan yang wajar ditandai dengan warnanya yang putih dan tidak ada bau. Jika anda mengalami ini tidak perlu terlalu khawatir. Anda bisa menggunakan antiseptic untuk membersihkan area kewanitaan dan menjaga kebersihannya setiap saat agar keputihan segera berakhir. Tindakan berbeda harus dilakukan jika anda mengalami keputihan dengan warna kuning kehijauan dan berbau. Jika hal ini terjadi solusi terbaiknya adalah memeriksakannya ke dokter. Jika terlambat penanganannya bisa jadi bahaya untuk ibu dan janin dalam rahimny

  1. Mudah Lelah

Mungkin selama ini anda bertanya-tanya mengapa seorang ibu hamil jadi seseorang yang terlihat lemas karena mudah lelah. Biasanya bisa melakukan banyak hal tapi saat hamil ada yang tidak bisa dikerjakannya saat berbadan dua. Ini karena pada saat sedang hamil, seluruh organ vital dalam tubuhnya bekerja lebih keras dari biasanya. Organ yang biasanya bekerja untuk satu tubuh, saat hamil harus bekerja untuk dua sekaligus. Untuk mengatasinya cobalah mengonsumsi makanan yang dapat membantu kinerja organ-organ vital dalam tubuh. Jika asupan nutrisi baik, tentu tubuh akan terasa lebih sehat dan bisa aktif dalam bekerja.

  1. Kaki Bengkak

Berat badan yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan akan membuat kaki menumpu lebih banyak beban. Kondisi yang demikianlah yang terkadang membuat kaki ibu hamil menjadi bengkak. Untuk mengatasinya anda bisa jalan-jalan kecil setiap hari agar aliran darah lebih lancar. Selain itu, melakukan pemijatan pada kaki saat sebelum tidur juga terbukti ampuh dapat mengurangi bengkak pada kaki. Dan, yang paling penting jangan menggunakan sepatu bertumit tinggi. Ini adalah salah satu hal yang dapat memperparah bengkak kaki pada ibu hamil.

Keluhan ibu hamil Lain Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

9 Keluhan Ibu Hamil dan Tips Ampuh untuk Mengatasinya

Selain beberapa keluhan ibu hamil yang sudah disebutkan di atas masih ada keluhan lainnya yang juga dialami oleh ibu hamil. Hanya saja keluhan ini memang tidak dirasakan oleh semua wanita hamil sehingga tak banyak yang tahu bahwa masih ada gangguan yang mengancam mereka selama kehamilan, antara lain:

  1. Preeklampsia

Pernahkan anda mendengarkan istilah preeklampsia? Ini adalah istilah dalam kebidanan untuk menunjukkan kondisi ibu hamil dimana ia mengalami tekanan darah tinggi. Preeklampsia juga memiliki kadar protein yang lebih dari yang seharusnya. Kondisi ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang usia kandungannya sudah lebih dari 5 bulan. Sebelum benar-benar didiagnosa dengan masalah preeklampsia, ibu hamil biasanya sudah memiliki beberapa gejala seperti pembengkakan pada beberapa bagian tubuh (kaki, tangan,, dan wajah). Selain itu, tekanan darah terus meningkat dari batas yang seharusnya. Jika anda sudah mengalami tekanan darah tinggi saat hamil segera konsultasi ke dokter dan atur pola makan. Biasanya preeklampsia terjadi karena pola makan yang salah sehingga berat badan berlebihan.

  1. Postpartum Eklamasi

Gangguan ini sama berbahayanya sepeti preklampsia. Hanya saja ini yang terjadi adalah keadaan plasenta yang tidak dapat sistem immune. Ada beberapa faktor yang diduga dapat memicu keluhan ini antara lain pola makan, gangguan pada Vitamin A dalam tubuh, faktor keturunan, dan beberapa dugaan lainnya. Belum ada yang membuktikannya secara pasti. Yang jelas, jika anda sering mengalami pusing, kram perut, kejang, dan diiringi dengan tekanan darah tinggi segera hubungi dokter.

  1. Placenta Previa

Keluhan ini biasanya dialami oleh ibu hamil di trisemester pertama kehamilan. Jika dilihat dari namanya, gangguan ini behubungan dengan placenta. Iya, memang benar. Jika seorang wanita hamil mengalami hal ini, kondisi placentanya menutup mulut rahim. Posisi janin juga dalam keadaan yang salah atau sering disebut dengan sungsang. Ibu hamil yang mengalami hal ini ditandai dengan gejala seperti pendarahan secara terus menerus tapi tidak diikuti oleh rasa sakit pada bagian perut atau  manapun.

  1. Stretch Mark

Keluhan ibu hamil yang juga banyak dialami adalah munculnya garis-garis tak beraturan pada permukaan kulit. Kondisi ini terkadang membuat ibu hamil risih karena mengganggu penampilan. Namun, stretch mark saat hamil memang tidak bisa dihindari karena adanya perubahan hormone yang berpengaruh pada jaringan kulit ibu hamil. Nah, untuk mengatasinya agar tidak berbekas atau semakin parah, jangan pernah menggaruk stretch mark itu. Biarkan saja.

Itulah tadi tips dan keluhan yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Beberapa keluhan sudah dianggap wajar dan diketahui banyak orang. Namun, ada pula beberapa keluhan yang dianggap berbahaya karena dapat mengancam keselamatan janin mapun ibu. Jadi, pahami betul setiap keluhan selama kehamilan. Jika dirasa perlu ke dokter, segera lakukan.



Tulis Komentar