_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

10 Cemilan Sehat Ibu Hamil yang Mudah Didapatkan

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Biasanya rasa malas untuk sarapan atau makan berat muncul pada saat wanita hamil terutama saat usia kandungannya masih muda.  Nah, disinilah peran penting cemilan sehat ibu hamil. Selain makanan pokok seperti sarapan, makan siang, dan makan malam, ibu hamil harus mengenal beberapa cemilan yang layak dikonsumsi. Nutrisi yang harusnya didapatkan dari makan siang atau sarapan bisa diganti atau bahkan ditambah dengan berbagai jenis camilan. Tidak perlu takut jika orang mengatakan nyemil saat hamil dapat menyebabkan obesitas atau ganguan kesehatan lainnya. Selama cemilan yang anda konsumsi sehat dan kaya akan nutrisi tidak akan ada dampak negatif. 10 cemilan sehat khusus ibu hamil berikut ini wajib dicoba:

10 Cemilan Sehat Khusus Ibu Hamil yang Mudah Didapatkan

Cemilan sehat ibu hamil

  1. Yogurt

Sebagai salah satu produk olahan susu, yogurt tentu cemilan yang sangat sehat. Rasanya yang beragam dari buah-buahan hingga yang original akan menjadikan yogurt sebagai camilan sehat yang selalu enak untuk dikonsumsi. Terlebih lagi, yogurt bukanlah sesuatu yang mahal dan sulit didapatkan di Indonesia. Di berbagai supermarket maupun toko, anda bisa membelinya. Camilan dengan harga terjangkau ini ternyata kaya akan asam amino serta kalsium yang menjadi mineral utama yang dibutuhkan janin. Ada juga beberapa yogurt yang memiliki probiotik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

  1. Salad

Salad adalah camilan yang juga sangat menarik. Anda bisa merasakan nikmatnya buah yang dicampurkan dengan yogurt yang memiliki rasa asam. Untuk membuat saad buah tentu juga bukan hal yang sulit. Cukup potong beberapa buah kesukakan anda dan yang pasti memiiki nutrisi untuk kemudian disiram dengan yogurt. Anda bisa memilih apel, strawberry, anggur, pisang, dan lainnya untuk salad. Jenis buah yang anda gunakan bisa berganti-ganti setiap harinya agar tidak bosan. Jika anda mau, salad sayur juga bisa dijadikan alternatif yang baik. Asalkan anda mencuci bersih setiap sayuran dan memastikan sayuran itu adalah jenis organik sehingga terbebas dari pestisida.

  1. Sereal

Ingin camilan yang lebih mengenyangkan? Cobalah sereal yang terbuat dari gandum utuh. Berbagai mineral baik seperti serat, zat besi, karbohidrat dan masih banyak lagi akan menambahkan energi untuk ibu hamil. Bagi yang ingin diet selama hamil, sereal juga direkomendasikan karena camilan ini mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan camilan lainnya. Sereal juga dikategorikan sebagai camilan sehat karena rendahnya kadar glikemik pada bahan pembuatnya yaitu gandum. Belum lagi jika anda mau mengonsumsi sereal dengan susu. Tentu nutrisi yang berlipat akan didapatkan dalam satu kali makan camilan.

  1. Keju

Bukan hanya yogurt, ibu yang sedang hamil dan kurang berminat dengan susu yang langsung minum bisa menggantinya dengan keju. Jenis keju yang paling bagus untuk ibu hamil adalah mozzarella dan cedar. Akan sangat bagus, mengonsumsi keduanya baik dalam bentuk langsung atau saat sudah diolah dengan bahan lainnya. Kandungan paling baik dari keju adalah protein yang berperan dalam pembentukan sel darah, sistem syaraf, penyerapan zat besi, dan beberapa perang penting lainnya. Jika dalam makanan berat belum bisa mendapatkan protein dalam jumlah cukup, keju inilah yang dapat menyempurnakan asupan nutrisi dalam setiap harinya.

  1. Kacang Mete

Dari berbagai jenis kacang-kacangan yang baik untuk ibu hamil, kacang mete adalah jenis yang paling enak dan menjamin asupan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Tidak akan ada gangguan baik pada janin maupun ibu setelah mengonsumsi kacang yang rasanya sangat nikmat ini. Rasanya yang gurih dan tidak beraroma menyengat tidak akan membuat ibu hamil merasa mual jika mengonsumsi atau mencium aromanya.  Kandungan omega 3 yang biasanya terdapat pada ikan, juga terdapat jenis kacang ini. Terlebih lagi ada DHA yang juga berguna untuk membuat calon buah hati sehat dan cerdas sejak dalam kandungan karena DHA adalah sumber pembentukan sistem syaraf yang baik.

  1. Puding

Bosan dengan makanan berserat yang itu –itu saja? Cobalah pudding dengan berbagai rasa sebagai camilan sehat selama masa kehamilan. Pudding dikategorikan sebagai makanan kaya serat serta rendah lemak. Pudding juga memiliki mineral yang dapat menghilangkan rasa mual dan pusing pada ibu hamil. Pudding yang biasanya dibuat dengan campuran air juga mampu menjauhkan ibu dari dehidrasi. Anda cukup mengonsumsi 8 gelas air putih sehari dan ditambah pudding, cairan dalam tubuh bisa dipastikan terpenuhi dengan baik.

  1. Kurma

Camilan yang biasanya identik dengan bulan puasa dan lebaran ini ternyata memiliki khasiat tersembunyi bagi ibu hamil. Rasanya yang manis dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah mejadi berbagai jenis camilan yang nikmat. Tahukah anda kenapa kurma disarankan untuk dimakan saat buka puasa? Ini karena kurma memiliki mineral yang mampu mengembalikan energi yang sudah habis dengan cepat. Hal ini tentu bukan hanya cocok bagi orang yang berpuasa tetapi juga ibu hamil. Penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil mengeluarkan energi yang lebih besar dari pada saat normal. Jadi, mengembalikan energi dengan kurma adalah pilihan yang cocok.

  1. Bubur Kacang Hijau

Percaya atau tidak bubur kacang hijau adalah salah satu camilan yang dapat menyuburkan rambut calon bayi sejak dalam kandungan. Bukan hanya rambut lebat, rambut yang sehat dan hitam adalah hasil lain dari usaha ibu hamil untuk mengonsumsi bubur kacang hijau secara teratur. Jadi, cobalah membuktikan manfaat itu dengan menjadikan makanan manis ini sebagai camilan saat siang atau malam hari. Anda bisa menambahkan es sebagai penambah rasa segar saat menyantap bubur kacang hijau. Karbohidrat pada bubur kacang hijau juga cukup tinggi untuk bisa dijadikan camilan pengganti sarapan untuk ibu hamil.

  1. Kismis

Kismis adalah salah satu jenis buah kering yang banyak dijumpai sebagai bagian dari kue atau camilan lainnya. Rasanya yang lezat membuat banyak orang menggemari kismis. Anda sebagai ibu hamil juga harus mulai menjadi penggemar buah kering ini karena ada banyak manfaat yang diberikan kismis untuk janin di dalam rahim anda. Pertama, serat pada kismis sangatlah bagus dalam melancarkan sistem pencernaan. Kandungan kalium pada kismis juga akan menjaga kesehatan gigi, tulang, dan gusi agar terhindar dari berbagai gangguan. Janin yang butuh asupan untuk tulangnya tumbuh dengan baik juga bisa dibantu oleh kandungan zat besi pada kismis.

Wah, ternyata camilan sehat ala ibu hamil mudah ditemukan dan enak ya. Camilan yang sudah dijelaskan di atas juga kaya akan mineral yang sangat membantu agar kesehatan ibu dan calon buah hati terjaga. Itu hanyalah mitos jika ada yang bilang camilan tersebut dapat mengakibatkan obesitas baik saat atau sesudah kehamilan. Justru camilan itulah yang dapat memenuhi kekurangan nutrisi saat ibu hamil malas atau tidak nafsu dengan makanan berat seperti nasi, sayur, dan lauk.



One Response

  1. Suami Ibu Aas

Tulis Komentar