_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

Panduan untuk Ibu Hamil Muda agar Tehindar dari Keguguran

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Keguguran adalah suatu kondisi yang tidak ingin dialami oleh siapapun, apalagi bagi mereka yang baru hamil untuk pertama kalinya. Rasa bersalah yang muncul biasanya dipicu karena kegagalan dalam menghindari hal-hal yang seharusya tidak dilakukan oleh seorang wanita yang tengan hamil muda. Agar anda tidak mengalami masalah serupa, pahamilah setiap hal untuk menjaga kandungan. Hal-hal tersebut akan dijabarkan untuk anda dalam pembahasan kali ini.

Panduan untuk Ibu Hamil Muda agar Tehindar dari Keguguran

  1. Mengatur pola makan sehat

Tips pertama ini mungkin akan diberikan oleh setiap orang yang tahu bahwa anda hamil. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengindahkan saran mengenai pola makan yang sehat. Akan ada baiknya agar anda tetap terus peduli dengan asupan nutrisi, anda membuat daftar menu atau jadwal makanan untuk satu minggu. Buatlah daftar makanan apa saja yang akan dimakan misalnya daftar makanan yang harus dikonsumsi hari Senin saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Pola makan yang terjadwal dengan baik inilah yang akan menghindarkan anda dari kekhilafan untuk makan sembarangan seperti saat masih sendiri. Asupan nutrisi juga bisa dipastikan baik jika anda mau memasak sendiri makanan tersebut di rumah. Konsumsi makanan restaurant atau yang dijual dimana saja dikhawatirkan tidak sehat dan berbahaya. Makanan rumahan lebih terjamin kebersihan dan kualitasnya. Selama hamil muda lebih baik jangan terlalu sering makan di luar rumah. Bisa jadi ada pengawet, pewarna, atau bahan berbahaya lainnya yang digunakan untuk membuat makanan yang anda konsumsi.

  1. Hindari kegiatan berat

Bagi anda yang biasanya bekerja siang dan malam dan sibuk dengan berbagai macam aktifitas yang menguras energi, segera ubah semua itu terutama saat anda hamil muda. Kandungan yang masih lemah tidak bisa bertahan dan diajak untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang berat atau tanpa henti. Kondisinya yang belum menempel terlalu kuat dan masih dalam bentuk gumpalan darah sangat rentan untuk lepas dari rahim dan terjadi keguguran.jika dokter sudah mengatakan anda positif hamil, lebih baik berkegiatan yang ringan-ringan saja. Jangan paksakan tubuh untuk terus aktif seperti saat tidak berbadan dua. Meskipun anda merasa sehat di awal, tidak ada gejala mual atau pusing, kondisi calon bayi anda tidak akan sehat dan kuat menahan tekanan yang terlalu berat.

  1. Hindari stress

Bukan hanya beban secara fisik, mental juga mempengaruhi kesehatan embrio di dalam rahim anda. Saat ibunya mengalami stress atau depresi, bayi yang melekat pada perut ibu akan dapat merasakan hal yang sama. Kondisi yang demikian juga akan mengakibatkan keguguran jika dibiarkan berlarut-larut. Selama kehamilan, jaganlah kondisi mental anda agar tetap selaLu santai dan rilkes dalam menghadapi setiap masalah apapun. Jangan terlalu memikir sesuatu secara berlebhan hingga mengganggu nafsu makan dan pola tidur.

  1. Konsultasi dokter

Meskipun saat ini ada berbagai macam cara yang bisa ditempuh untuk mengetahui apakah anda positif hamil atau tidak, bukan berarti anda tidak membutuhkan dokter. Mengetahui kondisi janin dalam kandungan serta kesehatan anda secara medis dan akurat juga wajib dilakukan. Pilihlah satu dokter yang anda percaya untuk menangani kehamilan anda. Lakukan pemerikasaan seCara runtin untuk mengetahui perkembangan janin. Apalagi saat anda masih hamil muda, dokter sangat dibutuhkan untuk memeriksa nutrisi apa saja yang kurang serta tempat pas untuk berkonsultasi jika mengalami berbagai macam keluhan yang tidak bisa dijawab oleh orang awam.

  1. Istirahat yang cukup

Selama hamil muda memang sebainya lebih banyak beristirahat dan bersantai. Usahakan untuk memiliki waktu istirahat bagi anda yang tetap bekerja. Jangan paksakan tubuh anda untuk terus melakukan kegiatan tanpa henti. Istirahatalah walau hanya sebentar saja agar otot dan tubuh lebih relaks. Jika memang ada waktu, tidur siang juga akan sangat baik untuk mencegah keguguran di usia kandungan yang masih muda. Pastikan anda tidak begadang dan waktu tidur malam anda cukup. Biasanya insomnia pada ibu hamil muda terjadi karena stress yang berlebihan. Oleh karena itu, sekali lagi kelola stress dengan baik agar jangan berakibat buruk pada kesehatan fisik anda.

  1. Kelola emosi

Yang dimaksud dengan kelola emosi adalah menjaga kestabilan emosi agar tidak meluap-luap terhadap sesuatu. Ibu hamil muda cenderung memiliki emosi yang tidak bisa dikontrol. Usahakan untuk tetap bersikap sewajarnya saat suatu hal terjadi. Jangan terlalu mudah tersinggung dan selalu berfikir positif adalah kunci dalam menjaga emosi. Ingatlah selalu emosi yang anda rasakan juga bisa dirasakan oleh janin dalam kandungan anda. Jangan pernah berfikir bahwa emosi yang berlebih adalah bawaan bayi. Cobalah ubah pemikiran ini dengan percaya bahwa saat emosi terjaga, emosi bayi juga akan terjaga sehingga ia akan nyaman di dalam rahim anda.

  1. Piknik

Meskipun anda sedang berbadan dua bukan bearti anda tidak diizinkan untuk piknik. Kegiatan ini justru perlu dijadwalkan selama masa kehamilan. Piknik adalah salah satu cara untuk menghilangkan stress atau rasa lelah agar anda dan janin merasa lebih segar. Piknik tidak harus selalu ke luar negeri atau ke tempat yang jauh. Kunjungi saja tempat-tempat terdekat yang nyaman dan anda sukai bersama suami. Secara mental anda akan merasa lebih baik dan bahagia. Jadi, stress atau emosi yang terpendam dapat hilang dengan sendirinya saat ada muali merasa bahagia.

  1. Kurangi Hubungan Seksual

Saat usia kandungan masih muda, lebih baik tidak terlalu sering melakukan hubungan seksual. Ini dikhawatirkan dapat mengakibatkan keguguran atau gangguan kehamilan. Seringnya hubungan seksual dapat menyebabkan konstraksi pada embrio. Terlebih lagi kondisi calon bayi yang masih belum kuat dan baru menyesuaikan diri dengan rahim ibu, tidak akan mendapat dampak positif dari hubungan seksual yang terlalu sering dilakukan.

  1. Hindari konsumsi bahan kimia

Yang dimaksud bahan kimia adalah berbagai macam produk yang terbuat dari bahan kimia seperti pestisida, lotion, pewangi, obat, dan lain-lain. Selama masa kehamilan, terutama di awal tri semester pertama, jangan teralu banyak bersentuhan dengan produk-produk yang mengandung zat kimia. Dikhawatirkan embrio tidak siap dan justru mengalami gangguan. Apalagi jangan sampai anda mengonsumsi obat sembarangan tanpa rekomendasi dari dokter. Obat yang tidak cocok akan mengakibatkan kecacatan saat bayi lahir atau bahkan meninggal dalam kandungan ibu. Jadi, kalau anda sakit periksa ke dokter sebelum membeli obat.

Informasi seputar panduan untuk ibu hamil muda agar dapat terhindar dari keguguran telah dijelaskan di atas. Banyak hal kecil yang ternyata memiliki pengaruh besar terhadap keshatan janin dan ibu. Jadi, selama masa kehamilan kehati-hatian harus lebih ditingkatkan. Tidak boleh sembarangan dalam berkegiatan atau makan. Salah sedikit saja bisa jadi anda kehilangan calon buah hati. Intinya selalu terapkan pola hidup sehat baik secara fisik maupun psikis.

Baca juga jenis jenis makanan yang untuk kehamilan tiga bulan pertama agar mengurangi resiko keguguran.



Tulis Komentar