_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

Hamil Sehat dan Bayi Lahir Sehat dengan Buah Pisang

Jual ASI Booster Tea - Minuman Alami Pelancar ASI

Saat bicara mengenai kehamilan dan buah biasanya mangga adalah buah yang paling dekat dengan topik. Mungkin karena ada banyak sekali wanita hamil yang ngidam buah musiman ini. Padahal masih ada jenis buah lain yang seharusnya juga dekat dengan wanita hamil dan calon bayinya. Salah satu dari buah lain itu adalah pisang. Ada beberapa mitos yang menyebutkan bahwa buah pisang adalah buah yang berbahaya apalagi untuk ibu hamil muda. Padahal faktanya ada berbagai manfaat yang diberikan oleh buah kuning ibu untuk ibu hamil maupun bayi yang akan dibahas kali ini.

Apa saja manfaat buah pisang selama kehamilan?

Tidak banyak yang tahu bahwa buah pisang adalah buah yang sangat berpengaruh untuk hamil yang sehat dan bayi sehat. Manfaat itu datang dari berbagai macam nutrisi yang terkandung pada setiap pisang yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Agar anda semakin bersemangat untuk mengonsumsi buah manis ini, simaklah info seputar pisang untuk hamil sehat dan bayi sehat yang berikut ini:

Hamil Sehat dan Bayi Lahir Sehat dengan Buah Pisang,jpg

  1. Menstabilkan kadar gula darah dan kolesterol

Saat kadar gula ataupun kolesterol tidak pada jumlah yang seharusnya tentu tubuh akan mendapatkan gangguan. Jika gangguan ini terjadi pada seseorang yang tidak hamil saja akan berbahaya dan membuat orang lemas, apalagi bagi ibu hamil. Kondisi kesehatannya bisa sangat menurun dan dibeberapa kasus ada yang sampai keguguran karena gangguan ini. Konsumsi pisang adalah cara yang paling tepat untuk mencegah hal serupa terjadi.

  1. Menambah nafsu makan

Anda tentu tahu bahwa saat seorang wanita tengah hamil, ia membutuhkan 2 kali lipat nutrisi dari yang biasanya. Sayangnya tuntutan ini sering tidak dapat terpenuhi dengan baik terutama di awal kehamilan. Wanita terlalu sibuk dengan rasa mual dan lemas sehingga nafsu makan justru turun. Jika anda hamil dan merasa mulai kehilangan nafsu makan cobalah mengonsumsi pisang secara teratur. Dalam beberapa saat nafsu makan akan membaik bahkan meningkat dari sebelumnya. Jika bosan dengan pisang yang langsung makan, cobalah membuatnya sebagai minuman segar yang dicampur dengan buah segar lainnya.

  1. Meningkatkan Antioksidan dalam tubuh

Bukan hanya buah jeruk atau buah asam saja yang memiliki antioksidan yang baik. Pisang sebagai buah yang manis ternyata memiliki manfaat rahasia untuk kesehatan ibu hamil. Pisang mampu memproduksi antioksidan yang tinggi untuk melindungi ibu hamil dari berbagai macam gangguan kesehatan. Antioksidan pada pisang adalah tameng kuat agar virus atau bakteri apapun tidak dapat menyerang kekebalan tubuh ibu dan calon bayinya.

  1. Menjaga jumlah Hb

Hb atau hemoglobin adalah bagian penting pembentuk tubuh manusia. Produksinya harus terus dilakukan saat ada sel yang rusak dan perlu diganti dengan sel darah yang baru. Pisang adalah buah yang cocok untuk menjaga agar proses produksi sel darah merah dalam tubuh ibu hamil dan janin dapat berlangsung normal. Fungsi ini dijalankan pisang melalui kandungan Zat Besi yang jumlahnya cukup tinggi jika dibandingkan dengan buah yang lainnya. Mungkin anda penasaran apa yang akan terjadi jika jumlah sel darah merah pada ibu hamil berlebih atau kurang. Dampak dari keadaan ini akan sangat terasa saat proses kelahiran. Ibu tidak akan bisa melahirkan secara normal jika jumlah Hb dalam tubuhnya tidak normal. Ada resiko tinggi yang harus ditanggung jika tetap melakukan persalinan secara normal.

  1. Menjaga tekanan darah selama kehamilan

Bukan hanya berperan dalam urusan pembuatan sel darah merah, pisang memiliki kalium yang akan menjaga agara tekanan darah pada ibu hamil terus stabil hingga proses persalinan. Jika tekanan darah ibu tinggi dikhawatirkan proses persalinan akan berjalan lebih berisiko. Oleh karena itu, jangan sampai anda mengalami tekanan darah tinggi. Jika sudah mulai merasa tekanan darah naik, segera konsumsi pisang. Mungkin dampaknya belum terasa dalam satu atau dua kali makan pisang. Konsumsilah buah kuning ini secara teratur dalam beberapa hari. Tekanan darah bisa dipastikan akan menurun asalahkan tidak ada masalah berat atau stress yang berlebih.

Bagaimana manfaat buah pisang untuk kesehatan bayi?

Pisang ternyata adalah buah yang bersahabat untuk ibu hamil maupun bayi baik saat dalam kandungan hingga sudah dilahirkan. Berikut ini adalah khasiat pisang untuk janin dan bayi yang selayaknya anda tahu:

  1. Mencegah bayi lahir prematur

Hingga saat ini kasus bayi prematur terus ada. Penyebabnya ada berbagai macam. Nah, penyebab yang paling banyak dicatat adalah asupan gizi ibu yang kurang baik. Saat usia kandungan sudah mulai tua, ibu mulai mengabaikan asupan Asam Folat yang harusnya terus dijaga konsumsinya hingga proses kelahiran. Kelalaian inilah yang harusnya dihindari dengan cara mengonsumsi buah pisang secara teratur. Konsumsi yang teratur akan menjamin kebutuhan janin akan Asam Folat terus terpenuhi dengan baik.

  1. Mencerdaskan bayi sejak dalam kandungan

Otak dan sitem syaraf seseorang dibentuk saat masih dalam kandungan ibu. Nah, proses pembentukkan itulah yang pada akhirnya ikut menentukan tingkat kecerdasan anak nantinya. Jika pembentukkannya dinutrisi dengan baik maka otak akan lebih cerdas. Pisang adalah sumber nutrisi terbaik yang disarankan untuk pembentukkan jaringan otak bayi. Kandungan asam folat pada buah ini diserap sangat baik oleh bayi dalam rahim ibunya.

  1. Membantu pertumbuhan tulang

Bayi yang lahir dengan panjang yang normal adalah salah satu indikasi bahwa ia menerima asupan Zat Besi dan Kalsium yang baik selama dalam kandungan ibunya. Jika anda juga ingin melihat anak anda lahir dengan panjang normal dan tulang yang sehat, konsumi saja pisang selama masa kehamilan. Pisang akan membantu pertumbuhan tulang agar optimal. Selain itu, pisang juga kaya akan nutrisi yang dapat mencegah gangguan pada tulang belakang atau bagian tulang lainnya.

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Salah satu organ vital dalam tubuh manusia adalah ginjal. Jika ginjal mengalami masalah, akan ada berbagai gangguan lainnya pada tubuh yang menyusul. Untuk menghindari kemungkinan ginjal bermasalah pada si buah hati sejak dalam kandungan, ibu harus teratur mengonsumsi pisang. Berbagai vitamin serta mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kelengkapan ginjal akan diberikan oleh buah ini.

  1. Membentuk sel darah

Bukan hanya ibu saja yang akan mendapat nutrisi dari pisang jika ia mengonsumsinya selama kehamilan. Janin juga dapat merasakan nutrisi yang sama. Dalam hal ini adalah nutrisi dari pisang untuk membentuk sel darah merah pada janin. Ia juga sama seperti ibu, tidak boleh kekurangan sel darah merah ataupun kelebihan.

Demikianlah ulasan seputas hamil sehat dan bayi sehat saat lahir dengan memanfaatkan buah pisang. Meskipun asupannya baik, ini bukan berarti anda hanya ingin makan pisang setia saat. Konsumsi buah ini secara teratur dengan diimbangi oleh berbagai makanan lainnya yang akan mendukung kinerja mineral yang terbawa oleh pisang ke dalam tubuh ibu maupun janin.



Tulis Komentar