_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Tanda Fisik Kehamilan yang Sering Diabaikan Wanita



Kehamilan adalah suatu kabar yang sangat membahagiakan. Sayangnya, wanita terkadang cuek atau gagal paham terhadap kondisi yang dialaminya dan tanda fisik kehamilan pada tubuhnya. Dia tidak tanggap begitu dia tengah berbadan dua. Ini berarti kabar gembira tidak segera ia ketahui. Kondisi ini tidak akan terjadi jika pemahaman akan tanda-tanda kehamilan ada di pikiran masyarakat, terutama wanita. jika anda merasa masih belum begitu paham dan ingin mengetahuinya, cobalah untuk menyimak informasi berikut ini. Akan ada beberapa tanda yang bisa dijadikan patokan serta cara alami tanpa dokter untuk memastikan dugaan kehamilan anda.

Apa saja tanda fisik kehamilan yang sering diabaikan wanita?

Beberapa tanda fisik kehamilan bisa dilihat oleh orang lain dengan jelas, namun ada pula tanda yang hanya bisa diketahui oleh wanita yang sedang mengandung itu sendiri. Bagi yang belum paham benar mengenai kehamilan, justru tanda yang ada disalah artikan sebagai gangguan kesehatan. agar anda bisa membedakan apakah yang terjadi pada anda adalah gangguan kesehatan atau hamil, simaklah 6 tanda perubahan fisik pada wanita yang hamil muda:

  1. Perubahan bentuk pada beberapa bagian tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya tanda yang ditunjukkan saat wanita sedang hamil muda bisa dilihat oleh orang lain. Perubahan itu terjadi secara fisik luar yang terkadang lebih disadari oleh orang lain dibanding diri sendiri. Perubahan yang paling menonjol adalah ukuran payudara yang membesar dan terlihat padat. Selain itu, bagian pantat wanita ibu hamil juga akan lebih besar dari biasanya. Yang pasti juga akan membesar adalah bagian perut. Jangan membayangkan perut anda akan langsung besar seperti orang hamil 7 bulan. Perut akan lebih besar dalam ukuran yang sedikit saja. Jika dilihat perut membesar kerena hamil dengan perut buncit karena gemuk akan berbeda. Perut yang besar saat hamil bentuknya kaku, tidak akan membentuk lipatan saat duduk. Beberapa wanita bahkan mengalami perubahan ukuran pada bagian paha dan lengan.

  1. Sering buang air kecil

Kondisi tubuh yang menerima sesuatu yang baru membuatnya menunjukkan reaksi yang kurang enak jika dirasakan. Buang air kecil adalah salah satu reaksi yang dimaksudkan. Kondisi ini terjadi karena saluran kencing dn kandung kemih yang tertekan oleh embrio yang mulai menempel pada rahim ibu. Dorongan yang terus menerus diberikan oleh embrio ini membuat kandung kemih terus memproduksi air kencing.

  1. Sering Meludah

Bukan hanya perubahan pada frekuensi buang air kecil, anda yang mungkin jarang meludah menjadi lebih sering meludah. Anda terus terusan ingin melakukannya karena dorongan dari tubuh. Ini sebenarnya terjadi karena hormon esterogen yang mengalami perubahan pada ibu yang masih hamil muda. Kondisi ini akan terus terjadi dari minggu pertama kehamilan hingga akhir trisemester pertama.

  1. Sakit seperti PMS

Beberapa wanita yang tidak menyadari tumbuhnya calon bayi di dalam rahimnya dikarenakan oleh gejala yang dia alami memang mirip seperti saat PMS. Perut menjadi sakit, kadang mengalami kram, mual, dan badan lemas. Gejala ini sama seperti yang dialami saat seorang wanita akan menstruasi. Nah, kondisi yang demikianlah yang sering mengecoh wanita. terlebih lagi di minggu pertama kehamilan akan ada darah atau bercak darah yang keluar. Darah inilah yang dianggap sebagai darah menstruasi padahal itu adalah darah yang dikeluarkan karena pengaruh proses menempelnya calon janin di dinding rahim.

  1. Perubahan pada kulit

Perubahan hormon pada wanita hamil bahkan mempengaruhi kondisi kulit. Saat memasuki minggu pertama kehamilan,akan ada flek hitam yang muncul pada sebagain kulit wanita. flek ini bukanlah gangguan atau penyakit kulit yang perlu dikonsultasikan ke dokter. Perubahan ini wajar terjadi pada semua wanita saat hamil muda. Seiring dengan menuanya usia kandungan, flek itu akan menghilang dan kulit kembali seperti sedia kala.

  1. Sakit di beberapa bagian tubuh

Memang ada beberapa bagian tubuh yang mengalami perubahan bentuk bisa dilihat oleh orang lain. Ada pula perubahan yang yang bisa diketahui oleh wanita hamil itu sendiri. Perubahan yang dimaksud adalah munculnya rasa sakit di bagian tubuh tertentu. Yang pertama, rasa sakit atau nyeri yang tiba-tiba menyerang bagian punggung. Bukan hanya nyeri, kehamilan yang masih muda juga membuat punggung terasa pegal. Bagian lain yang juga menjadi sakit adalah kepala. Ibu hamil muda yang mendadak malas makan akan mengakibatkan kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke tubuh. Inilah yang pada akhirnya membuat ibu hamil muda mengalami anemia sehingga pusing dan sakit kepala. Payudara yang berubah bentuknya, juga mengalami rasa nyeri yang luar biasa.  Saat pagi hari, bagian tangan akan terasa kaku di awal kehamilan.

Bagaimana cara memastikan kehamilan tanpa dokter?

Tanda Fisik Kehamilan yang Sering Diabaikan Wanita

Setelah mengalami tanda-tanda yang sudah disebutkan di atas, mungkin anda belum yakin. Lebih baik mencoba beberapa tes kehamilan yang tidak perlu mengunjungi dokter. Barulah saat tes menunjukkan hasil positif, anda yakin untuk melihatnya secara medis. Berikut ini cara yang bisa anda pilih:

  1. Tes panas tubuh

Tes untuk mengetahui kehamilan yang pertama adalah tes panas tubuh. Nama ini diberikan karena caranya memang dengan menggunakan air hangat. Jika anda memilih cara ini hasil yang diberikan memang lebih lama bisa diketahuinya. Rendamlah tubuh pada air biasa yang sudah diberi dua cangkir mustard. Setelah itu bilaslah dengan air hangat. Jika satu minggu kemudian, anda tidak mengalami haid padahal waktunya sudah tiba, ini tandanya anda hamil.

  1. Tes Urine

Tes inilah yang paling banyak digunakan oleh wanita dari jaman dulu hingga sekarang untuk mengetahui kehamilan. Tes ini juga dipastikan sebagai tes kehamilan yang paling akurat diantara yang lainnya. Caranya juga mudah. Masukkan urine ke wadah dan biarkan 3 hingga 4 jam. Setelah itu lihatlah apa ada busa di atas urin tersebut. jika iya, itu adalah tanda kehamilan.

  1. Uji Pasta Gigi

Tes lainnya yang juga tidak kalah terkenal adalah menggunakan uji pasta gigi. Caranya juga menggunakan urine. Bedanya hanya urine pertama yang bisa memberikan hasil optimal. Campurkan urine itu dengan pasta gigi. Diamkan beberapa menit. Jika pasta gigi itu mengalami perubahan yaitu berwarna biru atau ada busanya, ada kemungkinan besar anda memang sedang berbadan dua.

Informasi tentang tanda fisik kehamilan dan cara mengetahui kebenarannya tanpa dokter sudah dijelaskan. Semoga anda sudah paham betul sehingga tidak akan gagal paham jika suatu ketika anda hamil. Satu hal yang perlu diingat, meskipun ada cara singkat tanpa pemeriksaan medis untuk mengetahui hasil tes kehamilan, ada baiknya jika tetap periksa ke dokter. Hasil pemeriksaan medis inilah yang paling akurat dan agar anda bisa tahu kondisi kesehatan janin dan diri anda sendiri.



Leave a Reply